jump to navigation

Jangan lakukan pada saat Anda “HAMIL” November 20, 2007

Posted by elindasari in Kesehatan.
trackback

Anda dinyatakan Hamil? Wah…Selamat! Anda sebentar lagi menyandang gelar Ibu….(pasti seneng dong…!!!)

Yap…Kehamilan adalah karunia yang wajib dijaga. Selain rasa syukur yang harus kita panjatkan kepada Tuhan YME, ada rambu-rambu yang sebaiknya tak dilanggar saat Anda berbadan dua.

Terdapat sejumlah hal yang patut dicermati, boleh atau tidak boleh saat mengandung buah hati tercinta. Apa saja? Disini saya coba berbagi dengan anda, yaitu sbb:

1. Manikur-pedikur. Mengapa ???

Tampil cantik dengan kuku terawat rapi memang perlu. Namun Anda perlu hati-hati saat melakukan perawatan ini di salon, terutama jika usia kehamilan kurang dari 3 bulan. Berbagai produk kuku mengandung bahan kimia seperti toluene pada kuteks atau aseton pada penghapus cat kuku. Meski belum dikaji apakah zat ini berbahaya bagi janin, sebaiknya Anda hindari saja.
So…saran saya cukup manikur padikur dirumah saja, tapi kalau memang anda tidak bisa melakukannya sendiri…minimal anda bawa peralatan sendiri…dan sementara hamil, sebaiknya tidak memakai bahan2 kimia.

2. Facial. Mengapa ???

Kulit terasa berminyak dan lengket saat hamil? Mungkin facial adalah salah satu solusinya. Namun ingat, lakukan saja facial standar, tidak usah disertai pengelupasan karena kulit perempuan hamil cenderung lebih sensitif. Warna kulit yang sedikit berubah dan pembuluh darah yang lebih nyata mungkin akan mengecewakan Anda meski facial sudah dilakukan hati-hati. Nikmati saja kehamilan Anda.
Toh anda tidak facialpun tetap cantik…justru dgn inner beauty yang ok, anda tambah cantik bukan ???.

3. Cat rambut. Mengapa ???

Sejauh ini belum ada informasi komprehensif apakah cat rambut benar-benar aman bagi ibu hamil. Jika ingin melakukannya, sebaiknya tak dilakukan pada trimester pertama kehamilan. Jika Anda takut risikonya, sebaiknya tunda hingga proses persalinan, atau diskusikan dengan dokter kandungan Anda.
Saran lain saya : sekali-kali anda boleh tampil beda dong dengan warna rambut yang alami…hehehe…

4. High heels. Mengapa ???

Selama kehamilan, berat badan Anda bertambah yang berakibat pada perubahan pusat gravitasi tubuh, yang berimbas pada perubahan cara jalan dan kesetimbangan. Hindari menggunakan alas kaki hak tinggi untuk menghindari kemungkinan terjatuh. So…pakai sepatu / sandal dgn hak yang rata saja lah…

5. Buah durian. Mengapa ???

Hindari mengonsumsi durian, apalagi jika usia kandungan di bawah 3 bulan. Buah durian dapat merangsang timbulnya kontraksi, malah jika dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama dapat memicu keguguran. Kata orang tua (baca yang sudah pengalaman hamil sebelum kita) durian itu sifatanya panas…. so….kalau memang lagi pengen makan durian selama hamil sedikit aja…nyicip doang…kan buah yang lain masih banyak…hehehe..

6. Obat anti-nyamuk. Mengapa ????

Apapun bentuknya, bakar/semprot/oles, penggunaan obat nyamuk tak disarankan pada ibu hamil karena pada obat anti-nyamuk mengandung bahan kimia aktif yang termasuk golongan pestisida yang amat berbahaya. Untuk menghindari nyamuk gunakan saja kipas angin atau oleskan minyak kayu putih di kulit.

7. Donor darah. Mengapa ???

Selama kehamilan, Anda tak disarankan menjadi donor darah. Kenapa? Selama hamil, Anda cenderung terkena anemia sehingga membutuhkan lebih banyak darah untuk dirinya sendiri. Donor darah boleh dilakukan usia menjalani masa nifas.

8.Gula sintetis. Mengapa ???

Penggunaan gula sintetis seperti sakarin tak dianjurkan pada ibu hamil karena dapat menembus plasenta dan memasuki sirkulasi janin. Penimbunan gula sintetis dapat memicu risiko kanker kandung kemih pada janin. Serem kan ???

9. Bawa barang berat. Mengapa ???

Hindari membawa beban melebihi 30 kg, apalagi saat usia kehamilan memasuki 30 minggu. Membawa tubuh sendiri saja sudah berat, apalagi ditambah beban lain. Kalau mau bawa barang yang berat, minta tolong suami deh…masak tega lihat isterinya bawa2 barang…hehehe…

10. Naik pesawat. Mengapa ???

Meski aman naik pesawat saat kehamilan memasuki trimester ketiga, namun konsultasikan dengan dokter. Kehamilan berisiko seperti mengandung janin kembar, mengidap diabetes atau tekanan darah tinggi, plasenta abnormal sebaiknya tak bepergian dengan pesawat. Apalagi untuk penerbangan pada cuaca yang kurang bersahabat, terbang sendirian, dll…mendingan sementara waktu ditunda yach…

Ok, sekian dulu tipsnya…Nanti kita sharing lagi ..Selamat menikmati kehamilan anda…

Komentar»

1. azharimd - Juli 17, 2008

Sepertinya mbak Elinda tidak menyebutkan alasan apa yg menyebabkan tidak boleh naik pesawat. maaf ya. . mbak, ini sebagai koreksi saja.

Salam kenal,, terus berkarya lewat blogny ya mbak. . .🙂

-Azhari-
http://azharimd.wordpress.com

@ Hehehe…alasannya karena ketika mengandung / hamil terutama telah memasuki tri semester ketiga keadaan perut ibu sudah semakin besar. Lebih riskan lagi apabila si ibu mempunyai sejumlah catatan tentang kesehatannya dari dokter.
Ok mungkin sekian kulasannya, kalau mau lebih detail nanti kita bincang2 lagi. Sukses buat kamu yach🙂🙂 🙂

Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

2. eka - Januari 13, 2010

Mba,,kalo sedang program hamil pa boleh makan durian?

thanks

3. christian ari - Mei 20, 2011

ada banyak yg musti dikoreksi karena menyesatkan atau kurang informatif. Misal, utk naik pesawat ada peraturan penerbangan yg melarang ibu hamil diatas 7 bulan terbang, namun airline akan tetap memperbolehkan ibu hamil utk terbang apabila ada surat keterangan dari dokter mengenai kelayakan si ibu utk terbang. Jadi, meski anda hamil 8 bulan atau lebih beberapa minggu, tapi kalau dokter memperbolehkan ya silakan saja.

Dua, soal durian itu juga tdk lengkap. Anda mengambil asumsi umum bahwa makan durian itu dilarang, lihat artikel lain yg ditulis oleh tenaga2 medis, anda akan terkejut melihat jawabannya. Pada dasarnya ibu hamil boleh mengkonsumsi APA SAJA (asal tdk merokok dan minum alkohol), bahkan yg mengandung kafein atau soda pun dlm takaran normal masih diperbolehkan. Dokter saya juga mengatakan demikian, di internet macam babycenter.com atau baby2see.com juga demikian. Jadi semua tergantung porsinya. Semakin beragam asupan yg anda konsumsi sehari-hari di masa kehamilan, semakin bagus krn ragam kandungan gizi, vitamin dan mineralnya bagus utk janin.

4. Grosir Online Bandung - Februari 19, 2012

Terima kasih bos atas informasinya sangat bermanfaat bagi kami. Semoga Allah,SWT membalas kebaikan bos.
Terima kasih,
http://www.grosironlinebandung.com/
Grosir, Grosir Bandung, Grosir Murah, Bursa Sandang Murah, Grosir Online Bandung, Pusat Grosir & Retail Distro & Fashion Bandung, Fashion Anak, Fashion Muslim, General Fashion, Asesoris Fashion & Outdoor The Adventure Equipment Performance


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: