jump to navigation

Untuk Apa Saya menulis ? Maret 30, 2011

Posted by elindasari in Belajar.
Tags: , , , , , ,
23 comments
untuk apa saya menulis

untuk apa saya menulis

Beberapa waktu lalu suamiku bertanya, untuk apa saya menulis ?.
“Katanya capek, bosan, bla…bla..bla …. ?”, kicauan suamiku terdengar sambil membolak-balik Koran yang sedari tadi tampak dibacanya.

Sa’at itu saya tidak mau memnjawab…saya hanya membalas dengan seulas senyum kecil dan kembali membenamkan diriku dengan kesibukan mengetikan untaian rangkaian kata di notebookku yang selalu stand by di laci lemari yang hanya berjarak beberapa depah dari tempatku berbaring.

Saya tetap focus memainkan jari-jariku seiring mengetikan huruf-huruf di keyboard tanpa peduli dgn suara tv dan beberap kali teriakan kecil pangeran kecilku yang mulai usil menggangguku untuk ditemani bermain.

Ah…mungkin beberapa orang pembaca akan berpikir bahwa saya mulai nggak normal…mungkin juga suamiku berpikir aku isteri yang mulai menyebalkan, bahkan mungkin pangeran kecilku berpikir mama mulai nggak sayang, karena nggak mau menemaninya untuk bermain mobil-mobilan di mini track yang terhampar di depan tv.

Olalala…baby….please…please…understand me…please forgive me… Please…I need it…I need some reason about it….

Mungkin anda juga mau tahu jawabannya pembaca ?

Saya melakukannnya karena inilah cara saya untuk merefresh berbagai kepenatan dari rutinitas saya.
Beberapa teman saya juga pernah menanyakan hal yang senada kenapa saya suka menulis ?.

Jawabannya sebenarnya cukup simple….

“Dengan menulis saya merasa saya melepaskan emosi jiwa saya mengenai apa yang terlintas di pikiran saya. Dengan menulis saya bebas menuangkan sejumlah ide-ide saya. Dengan menulis juga saya jadi tergerak lagi untuk banyak belajar tentang berbagai hal. Karena dengan menulis saya menjadi jiwa dan pribadi yang merdeka….merdeka…..untuk mewarnai hidup saya agar semakin penuh warna !”

Nah, kalau boleh saya tahu untuk apa anda menulis ?.
Silahkan sharing disini …

Semoga membawa manfa’at dan inspirasi.

Iklan

Siang Aimee & Potret Penjaja Bunga Februari 24, 2010

Posted by elindasari in Renungan.
Tags: , , , ,
11 comments
Aimee & Gadis Kecil Penjaja Bunga

Aimee & Gadis Kecil Penjaja Bunga

Aimee adalah seorang eksekutif muda di perusahaan yang sedang berkembang pesat. Bagi seorang Aimee waktu begitu berharga. Sampai-sampai untuk waktu istirahat saja, dirinya masih disibukkan dengan beberapa hal.

Pada hari itu sengaja sambil beristirahat siang, sambil menunggu jadwal ketemu seorang clientnya, dia duduk di sebuah kafe terbuka. Tentu saja seorang Aimee tidak akan duduk diam begitu saja. Sambil berinstirahat, jari-jarinya sibuk mengetik di laptopnya sambil sesekali memencet-mencet tombol blackberrynya. Hem, Aimee memang nggak bisa berhenti total, meski menurutnya sekarang dia sedang istirahat siang.

Sa’at itulah, tiba-tiba seorang gadis kecil yang membawa beberapa tangkai bunga menghampirinya.

”Tante beli bunga dong tante !”, ujar gadis kecil itu dengan lembut ambil menyodorkan beberapa tangkai bunga.

”Tidak Dik, saya tidak butuh,” ujar Aimee yang dengan tetap sibuk dengan laptopnya.

”Satu saja Tante, kan bunganya bisa dibawa pulang, masih segar lho tante, cantik lagi kayak tante,” rayu si gadis kecil itu lagi.

Mendengar rayuan gadis kecil itu, muka Aimee jadi memerah, tapi bukan karena pujian yang membuat hatinya senang. Aimee merasa ketenangan & konsentarasinya terganggu oleh gadis kecil penjaja bunga itu.

Dengan setengah kesal dan nada yang mulai meninggi Aimee berkata, ”Adik kecil tidak melihat Tante sedang sibuk ?”

“Kapan-kapan ya kalo Tante butuh, Tante akan beli bunga dari kamu !”.

Mendengar ucapan Aimee yang mulai ketus, gadis kecil itu pun kemudian beralih ke orang-orang yang lalu lalang di sekitar kafe itu.

Tak beberapa lama berlalu, setelah Aimee menyelesaikan istirahat siangnya, ia segera beranjak dari kafe itu.

Sa’at dirinya berjalan keluar, Aimee berjumpa lagi dengan si gadis kecil penjual bunga yang kembali mendekatinya.

”Sudah selesai kerja Tante, sekarang beli bunga ini dong Tante, murah kok satu tangkai hanya dua ribu saja”.

Bercampur antara jengkel dan kasihan Aimee segera mengeluarkan sejumlah uang dari sakunya.

”Ini uang 2000 rupiah buat kamu. Tante lagi tidak mau bunganya, anggap saja ini tip untuk kamu,” ujar Aimee sambil menyodorkan uangnya kepada si gadis kecil.

Dan dalam sekejap uang tersebut sudah berpindah tangan. Uang dua ribu itu diambil gadis kecil itu. Tetapi bukan untuk disimpannya. Gadis kecil penjaja bunga itu berlari kecil kearah seorang pengemis tua yang sedang berdiri kepanasan di dekat halte tak jauh dari kafe. Gadis kecil itu memberikan uang yang diberikan Aimee barusan kepada pengemis tua itu.

Tentu saja melihat reaksi gadis kecil penjaja bunga itu membuat Aimee, jadi sedikit berang. Aimee mulai keheranan dan sedikit tersinggung dan mulai memanggil gadis kecil itu lagi kepadanya.

“Hei, dik…kemari !”
”Kenapa uang tadi tidak kamu ambil buat kamu sendiri, malah kamu berikan kepada pengemis itu ?”

Tapi diluar dugaan Aimee, gadis kecil penjaja bunga itu menjawab dengan mimiknya yang tetap lugu dan polos.

”Maaf Tante, saya sudah berjanji dengan mak saya, bahwa saya harus menjual bunga-bunga ini dan bukan mendapatkan uang dari meminta-minta.

Mak saya berpesan walaupun tidak punya uang saya tidak bolah menjadi pengemis.”

Kali ini Aimee jadi tertegun.
Betapa ia mendapatkan pelajaran yang sangat berharga pada siang hari ini dari seorang gadis kecil penjaja bunga yang jelas-jelas sudah diremehkannya dari tadi.

Aimee tersentak dan dalam hati dia bergumam, bahwa “Bekerja adalah sebuah kehormatan”.
Meski terkadang hasil tidak seberapa tetapi keringat yang menetes dari hasil kerja keras adalah sebuah kebanggaan.

Akhirnya tanpa pikir dua kali Aimee mengeluarkan dompetnya dan membeli 10 tangkai bunga dari gadis kecil itu. Tapi kali ini bukan karena kasihan. Aimee ingin menghargai semangat kerja dan keyakinan gadis kecil yang memberinya pelajaran berharga untuk dirinya hari itu.

Dan tentu saja, kali ini Aimee tersenyum lebar, menyadari kekeliruannya akan sikapnya beberapa waktu tadi.

Kini langkah kaki Aimee berjingkrak dengan semangat, yes “kerja bagiku adalah kehormatan”…bukan lagi sebagai beban….kali ini Aimee melangkah sambil bernyanyi kecil dengan sepuluh tangkai bunga di tangan kanannya.

Yap, begitulah, terkadang tidak jarang kita menghargai pekerjaan sebatas pada uang atau upah yang diterima.

Kerja akan bernilai lebih jika itu menjadi kebanggaan bagi kita.
Sekecil apapun peran dalam sebuah pekerjaan, jika kita kerjakan dengan sungguh-sungguh akan memberi nilai kepada manusia itu sendiri.

Dengan begitu, setiap tetes keringat yang mengucur akan menjadi sebuah kehormatan yang pantas kita perjuangan.

Semoga sekelumit cerita diatas bisa bermanfa’at dan memberi inspirasi.

APPRESIASI UNTUK PARA BLOGGER “Award Blog” November 28, 2008

Posted by elindasari in Artikel.
Tags: , ,
17 comments

award-blog

Gambar diambil dari http://kweklina.wordpress.com

Suatu pagi, ketika saya membuka komentar diblog saya, saya sempat tersanjung karena menerima appresiasi berupa”Award Blog” dari Mas Heru http://kajiankomunikasi.wordpress.com menurut Mas Heru blog saya adalah blog yang banyak memberikan keharuan tentang kisah hidup manusia yang berhati mulia

 

Terus terang jadi ada perasaan senang tapi bercampur juga perasaan sedikit malu menerima appresiasi ini, tapi dengan segenap kekurangan dan kerendahan hati, saya mengucapkan banyak terima kasih atas appreasi ini kepada Mas Heru, juga buat Mbak Kweklina & Inspirasi pakde http://inspirasipakde.wordpress.com yang telah mempelopori hal ini, dan saya akan melanjutkan mata rantai yang baik ini.

Nah, sekarang giliran saya yang akan memilih “7+ “orang blogger yang menurut sudut pandang saya (ma’af yach kalau ada yang kurang berkenan), adalah mereka yang layak diacungi “JEMPOL” karena menurut saya, mereka telah sudi untuk berbagi wawasan, mau saling mengisi dalam berbagai hal, bahkan mengulurkan tangan persahabatan sehingga meskipun secara dunia nyata mungkin kita jarang bertemu bahkan belum pernah bertemu tapi lewat dunia per-blogger-an ini kita semua merasa sebagai teman, sahabat, kakak-adik, bahkan sudah sudah dianggap sebagai ibu, bapak bahkan guru bagi kita dari berbagai sisi & aspek.  Semoga tali sirahrurrami kita ini akan semakin erat. 

 

Sukses buat 7 blogger yang terpilih menerima Appresiasi “Award Blog” versi “Bintang” edisi Akhir 2008 :

 

1.  Benbego di http://benbego.wordpress.com

Blognya banyak membantu memberikan tutorial tentang berbagai macam mengenai per-blog-kan bagi pemula sampai yang sudah mahir.  Makasih yach Ben…     

 

2. Advokat Listiana di http://listianash.wordpress.com

Blognya banyak mengupas tentang hak-hak dan pembelaan kaum perempuan & tak jarang memberikan berbagai solusi bagi yang membutuhkan.  Terima kasih atas kupasan-kupasannya yang menarik yach mbak Lis….

 

3. Annahape di http://annahape.com

Blognya banyak mengupas tentang dunia interior dan saya sering terinspirasi dari artikel-artikelnya, sehingga saya dapat membantu beberapa teman & kerabat tentang dunia yang satu ini, yang kebetulan agak mirip dengan dunia nyata saya.  Thank’s a lot Anna…

 

4. Edratna di http://edratna.wordpress.com & Dyah Suminar di http://dyahsuminar.com

Blog seorang ibu yang biasanya saya sapa dengan Tante Ratna dan Ibu Dyah.  Blog mereka berdua menurut kacamata saya  kaya akan pengalaman hidup dan senantiasa berbagi dengan kita semua.  Terima kasih atas sharing pengalaman hidupnya tante Ratna & Ibu Dyah.  You like my mom….

 

5. Yulism di http://yulism.wordpress.com

Blog seorang sahabat meskipun jauh di Colorado tapi serasa selalu ada di hati, karena selalu menyapa dengan cerita-ceritanya yang nature, gaya bicaranya yang enak, selalu menyapa dengan cerita-ceritanya yang tak pernah membuatku bosan & membuat kita jadi layaknya bagai sahabat yang sudah lama mengenal (padahal kita berdua belum pernah ketemu, hehehe…). Semoga sahabatku ini selalu diberi kebahagian bersama orang yang dicintainya “Marvin”.  Amien.  Hello mbak Yulism, I miss you….

 

6. Tutinonka di http://tutinonka.wordpress.com

Yang punya blog sering saya sapa dengan mbak Tuti, selalu bercerita tentang berbagai hal, keluarga, teman, tema-tema yang hangat, kaya pengalaman.  Cerita-ceritanya benar-benar hidup, saya sangat suka.  Mbak Tuti saya tunggu selalu artikel & foto-fotonya yang selalu inspiratif…

 

7. Mikekono di http://mikekono.wordpress.com

Nah, kalau yang satu ini sering saya sapa Bang Mike, meskipun nama aslinya bukan Mike.  Saya sangat suka dengan artikel-artikelnya yang sarat dengan kosakata yang unik, yang sering membuat saya penasaran, yang semakin memperkaya perbendarahaan kata asing, hehehe… Kulasan-kulasannya yang unik dan antic membuat saya ingin terus mengunjungi blognya.  Horrass bang…Hari ini abang saya kasih appresiasi, sukses terus yach bang Mike…

 

Dan tentu saja Appresiasi Istimewa buat Mas Heru di http://kajiankomunikasi.wordpress.com

Karena diblog nya mas Heru, saya banyak sekali dapat menimbah berbagai macam ilmu mulai dari yang kelas ringan sampai yang specific.  Gaya bahasanya yang unik dan gampang dicerna membuat saya ingin melahap semua artikelnya.  Selamat ya Mas Heru, saya nantikan selalu karya-karyanya…

Semoga award ini bisa membawa manfa’at & inspirasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi sesame.  Amien

Untuk itu para penerima award, segera melakukan ini :
@ Letakkan logo award pada blog Anda
@ Tambahkan link ke
InspirasipakdE
@ Pilih blog penerima award selanjutnya, karena ini adalah award untuk terus bersemangat dan berkarya maka saya sarankan paling sedikit 7 blog.
@ Tambahkan link ke blog terpilih
@ Jangan lupa untuk meninggalkan pesan pada blog terpilih

Sedangkan untuk teman-teman blogger lainnya yang belum terpilih untuk kesempatan kali ini , saya mohon ma’af dan jangan berkecil hati ataupun kecewa. Karena bagiku kalian semua adalah “Matahariku”, kalian semua adalah “Pemberi Inspirasi” bagi kehidupan ini, hanya saja dengan keterbatasan waktu saya, mungkin saya belum sempat membaca dan mencerna semua artikel yang kalian terbitkan.  Sukses dan terus berkarya untuk kalian semua.  Salam “Terindah & Teristimewa” untuk kalian semua para Blogger. 

Semoga bermanfa’at & memberi inspirasi.

BOSAN, GIMANA AGAR BOSAN CEPAT HILANG ??? Juli 25, 2008

Posted by elindasari in Tips.
Tags: , , , , , ,
38 comments

Adakalanya kita merasakan bosan yang tak terkira.  Mungkin karena faktor kesibukkan kita yang sifatnya monoton,  dalam melakukan kegiatan kita sehari-hari.  Kita mungkin melakukan hal-hal yang sama dan itu-itu saja setiap harinya. Hem bosan…bosan banget !

Mungkin juga badan dan otak kita kelelahan karena selalu kita porsir, ibarat kuda yang dipecuti setiap harinya.  Hem… kalau bicara mengenai bosan  mungkin kita tidak akan pernah habis membahasnya. Dan mungkin kita akan makin bosan karena ngomongi ini yach .

Sekarang bagaimana caranya agar rasa bosan itu tidak berlarut-larut dalam diri kita.  Karena tidak mustahil apabila kita kerap kali dihinggapai rasa bosan maka kita tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal, prestasi kita menurun, semangat dan ide-ide terbang tidak karuan…. ya nggak  ???.

Ok, disini saya coba bercerita tentang apa itu rasa bosa dan bagaimana kiat / tip /trik mengusirnya, begini : (lebih…)

Cinta Yang Tak Lekang Dimakan Waktu Juli 4, 2008

Posted by elindasari in Renungan.
Tags: , , , , , , ,
7 comments

“Cinta,., o…o…o…cinta….” Itulah penggalan syair yang hit di era 70-an yang pernah di dendangkan olah tante Titiek Puspa. Sungguh menakjubkan makna yang tersirat didalamnya.

Kalau mengulas topic yang satu ini bisa membuat kita jadi mabuk kepayang. Tapi ada juga gara-gara cinta bisa membuat orang jadi lupa segalanya. Kasihan deh. Ups…. Kali ini saya coba bercerita tentang cinta yang tulus, tentang kesetiaan yang tulus, yang tak lekang di makan waktu. Cinta yang sesungguhnya.

Menjelang hari Pernikahannya, Tania masih saja sulit mengungkapkan alasan kenapa dia mau menikah dengan lelaki pujaanya. Baru setelah menengok ke belakang, hari-hari yang dilalui, gadis cantik itu sadar, keheranan yang terjadi bukan semata miliknya, melainkan menjadi milik banyak orang. Papa, Mama, kakak-kakaknya, tetangga, dan teman-teman Tania. Mereka ternyata sama herannya akan pilihan Tania ini.
(lebih…)

RESEP LANGGENG PERNIKAHAN IBU & AYAHKU Juni 12, 2008

Posted by elindasari in Renungan.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,
3 comments

Ini adalah cerita tentang resep perkawinan yang langgeng dari ibu & ayahku. Karena pada hari ini mereka merayakan hari jadi pernikahan mereka yang ke 42, jadi tadi pagi saya sempatkan untuk memberi ucapan selamat dan tak ketinggalan do’a terbaik buat mereka tentunya..

Hem, terus terang aku sebagai anak ketiga di keluargaku sangat bangga, sekaligus kagum atas kelanggengan pernikahan mereka. Diusia mereka yang tidak lagi muda, mereka masih tetap mesra, akur, dan saling perhatian & pengertian. Sungguh aku sangat mengidolakan mereka.

(lebih…)

Bagaimana prinsip 90/10 itu ? Juni 9, 2008

Posted by elindasari in Artikel.
Tags: , , , , , , ,
4 comments

tertawa

Ketika lagi agak suntuk, saya sempat membaca artikel ini. Dalam artikel ini disebutkan bahwa 10% dari hidup kita terjadi karena apa yang langsung kita alami, sedangkan 90% dari hidup kita ditentukan dari cara kita bereaksi.

Hem gimana caranya, apa maksudnya yach ? Saya jadi penasaran. Nah, kalau anda juga penasaran baca artikel pendek berikut ini. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kita jadi sadar bahwa dalam hidup ini sebenarnya banyak hal yang bisa membuatnya jadi lebih indah. Yuk kita kupas….  

Prinsip 90/10

Apa maksudnya ?
Anda tidak dapat mengendalikan 10% dari kondisi yang terjadi pada diri anda.

Contohnya :
Anda tidak dapat menghindar dari kemacetan. Pesawat terlambat datang dan
hal ini akan  membuang seluruh schedule anda. Kemacetan telah menghambat
seluruh rencana anda. Anda tidak dapat mengontrol kondisi 10% ini.
Tetapi beda dengan 90% lainnya. Anda dapat mengontrol yang 90% ini.
Bagaimana caranya ? Dari cara reaksi anda !!
Anda tidak dapat mengontrol lampu merah, tetapi anda dapat mengontrol
reaksi anda.
Marilah kita lihat contoh dibawah ini :

(lebih…)

Memberi di Tengah Kesulitan Juni 5, 2008

Posted by elindasari in Renungan.
Tags: , , , , , , , ,
5 comments

“Ah, lagi-lagi kebijakkan pemerintah membuat rakyat semakin terhimpit. Semakin buat rakyat makin miskin, makin susah untuk hidup layak !”, gumamku pagi ini ketika aku membaca headline koran yang biasa diletakkan pembantuku di meja makan, untuk menenami aku sarapan.

Mulai berita demo, sampai berita rintihan rakyat kecil yang semakin tertindih beban berat akibat kenaikan BBM baru-baru ini. Wow bikin pusing kepala !

“Ah, daripada pusing, lebih baik aku ke pasar tradisional dekat rumahku !”. Ya..hitung-hitung aku bisa dapat belanjaan lebih murah & lumayan untuk berhemat di tengah krisis yang mulai mendera dimana-mana.

(lebih…)