jump to navigation

FAKTA -FAKTA TENTANG LASKAR PELANGI Oktober 22, 2008

Posted by elindasari in Artikel.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Ketika sedang berselancar di internet saya menemukan tulisan mengenai fakta laskar pelangi, tepatnya info ini saya kutip dari http://ivanzz.dagdigdug.com

Nah bagi yang ngefans dan penasaran dengan Laskar Pelangi dapat membaca info berikut ini (tapi keactualannya, saya sendiri tidak bisa berkomentar banyak, hehehe….)

Berikut fakta-faktanya :

·        Nama panggilan dari Andrea Hirata pada saat kecil adalah “andis” ,”Ikal” adalah nama panggilan Andrea di novel

·        Royalti Film Laskar Pelangi yang didapat Andrea adalah sekitar Rp 350 juta

·        Andrea Hirata dalam suatu kesempatan menyatakan,dirinya bukan sastrawan, benar-benar tidak berpengalaman, tidak berpendidikan sastra, tidak bergaul dengan orang-orang sastra, tidak bercita-cita menjadi sastrawan. Lebih parah lagi, tidak banyak membaca sastra.

·        Film Laskar Pelangi sepanjang 2 jam 5 menit pembuatannya memakan ongkos +/- Rp 8 milliar.

·        Nama Laskar Pelangi adalah sebuah nama pemberian sang guru, Bu Muslimah

·        Sekarang Bu Muslimah yang asli mengajar di Sekolah Dasar Negeri 6 Gantong Belitong, dan sedang menunggu pensiun.

·        Selama 10 hari pemutaran film itu sudah meraih penjualan 1,1 juta penonton.

·        3.800 calon pemain dieliminasi menjadi 1.350 anak hingga akhirnya menjadi 12 pemain yang semuanya asli dari Belitong, 11 Anak normal dan 1 anak penderita Down syndrome

·        Film Laskar Pelangi dibuat hanya dengan 36 hari Syuting

·        Andrea ingin setiap tgl 2 Mei Film Laskar Pelangi Diputar secara Gratis, dan dia pernah berkata “Filmnya lebih bagus dari novelnya..”

·        Penulis skenario FILM Laskar pelangi yaitu Salman Aristo juga penulis skenario Film Ayat-Ayat Cinta.

·        Riri Riza sebelumnya akan menggunakan Yogi Nugraha pemeran kucai untuk dijadikan pemeran mahar, hingga datang Verrys Yamarno yang datang dengan gaya baju Mahar. Jalan sambil cium ketiak, lalu teriak: bau cuka! bau cuka ! Lalu dia menyanyi.

·        Verrys Yamarno. Pemeran Mahar yang jago kesenian ini ingin menjadi ustad. Cita-citanya adalah masuk ke Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur, atau Universitas Al Azhar di Mesir. “Saya ingin membuat orang jahat menjadi baik,” ujar Verrys

·        Ferdian,Pemeran Lintang mempunyai cita-cita melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada

·        Zulpani Fasa, 12 tahun, pemeran Ikal alias Andrea Hirata di masa kecil mempunyai cita-cita Menjadi tentara. Bisa membela negara,” katanya.

·        Mahar asli jadi PNS, guru kesenian di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan, diam-diam dia sempat mengantarkan anaknya ikut casting tapi tidak lolos. Mira Lesmana tidak tahu kalau Mahar ada di antara orang tua yang mengantar anaknya ikut casting, baru setelah Mahar pulang ada yang bilang ke Mira.

·        Aslinya Flo ini adik kelas Andrea, yang sekelas itu kakak laki-laki Flo (kakaknya juga pindah dari SD PN), tapi sang kakak ini tidak diceritakan ama Andrea. Flo ini asli anak pejabat PN yg tidak mau sekolah di sekolah PN

·        Syahdan salah satu anggota laskar pelangi yang sekarang menjadi konsultan IT adalah yg diam-diam membawa naskah LP ke penerbit tanpa Andrea tahu

·        Aman alis Akiong pernah menyebutkan bahwa menurutnya Laskar Pelangi: Chandra Prana, Syahdan Wahyudi, Alpino, Iwan, Ahmad Fajri, Andrea Hirata, dan satu nama perempuan, Hartati. Yang disebut Mahar dan Samson, kata Aman, bisa jadi Ahmad Fajri—sekarang guru di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan—dan Alpino. Sedangkan Lintang? ”Saya hanya tahu ini. Kalau Lintang, tanya Andis,” ujarnya sambil tersenyum.

·        Harun Karena cacat mental sekarang dirumah saja, menemani ibunya. Harun sering datang ke lokasi syuting, lalu dia cerita: “tadi lihat syuting film, ada Andis “.

·        Sempat Syahdan dan Kucai asli ditanya wartawan siapa yg paling pintar dikelas, berdua serempak jawab: ANDIS! (kenapa bukan lintang???tanya kenapa? )

·        Bahkan bu Mus ketika ditanya siapa Lintang? dia menjawab “saya tidak ingat,siapa lintang?”(mungkinkah jika Bu mus tidak ingat, anak sejenius lintang?)

·        Saat di Kick Andi andrea menyebutkan bahwa foto tersebut tidak detail yaitu Syahdan (jongkok, kanan), Sahara (satu2-nya cewek)
pada waktu itu para penonton langsung histeris, “LINTANG, YG MANA???” Dan Andrea dengan cool bilang, “Rahasia…”

·        Riri Reza berhasil menjinakkan ”keganjilan” pada beberapa bagian novel Andrea. Mahar yang mengagetkan Bu Mus dengan tiba-tiba menyanyikan Tennessee Waltz karya Anne Murray dan ”si jenius” Lintang yang berdebat hebat tentang cincin Newton dalam lomba cerdas cermat ”dibumikan” Riri menjadi adegan yang lebih wajar bagi seorang anak. Riri mengganti Tennessee Waltz dengan Bunga Seroja, yang justru memperkental roh Melayu ke dalam film. Dan untuk adegan lomba cerdas cermat itu, secara tak terduga Riri mengubahnya menjadi drama yang menggetarkan

·        Tokoh Pak Mahmud yang ditampilkan oleh Tora Sudiro, menghapus seluruh tato di tangannya dengan ”dempul” make-up, sebenarnya di Novel Pak Mahmud adalah tokoh antagonis tapi di Film menjadi tokoh yang membela SD Muhammadiyah saat Cerdas Cermat

·        Buaya dari Film Laskar Pelangi meminjam buaya dari Museum Pemkab Belitung  (dibayar berapa ya buayanya ?)

Nah, lumayan infonya buat mengilangkan rasa penasaran yang teramat sangat bagi yang suka banget sama karya Andrea Hirata kan ?.

Thanks for Ivanzz atas artikelnya yach….

Semoga artikel tsb dapat memberi manfa’at dan inspirasi.

Komentar»

1. mantan kyai - Oktober 22, 2008

LINTANG FIKTIF YAH ????

@hehehe, ma’af Ardyan kalau statement ini saya sendiri tidak berani ngomong, dan saya juga masih penasaran🙂 🙂 🙂
Terima kasih atas kunjunganya yach🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

2. bapakethufail - Oktober 22, 2008

makasih banget informasinya…..>>>> menambah kelengkapan dan penasaran setentang laskar pelangi.
makasi… makasih….

@Hehehe… makasih juga pak, hehehe….🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

3. gedeblog - Oktober 22, 2008

yeeee, situs aslinya kok ga dikasih sih
gedeblog.net

@Hem, memang situs aslinya apa yach ? 🙂 🙂 🙂 saya dapatnya dari situs yang saya cantumkan di tulisan tsb🙂 🙂 🙂 Bisa bantu ? 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

4. Hasan Seru - Oktober 22, 2008

A Ling dimana????

@Ada yang bisa bantu informasi ini ? 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

5. Inspekd - Oktober 22, 2008

Wah menarik artikelnya, jika diijinkan boleh tdk untk qta postingkan d blog kami, siapa tau ada hal yg bisa membuat kawan komunitas lebih bersemangat untk belajar dan belajar. Thanks

@Yach silahkan…hanya saja mohon dicantumkan sumbernya yach…kebetulan saya juga mengambil dari sumber tsb, hehehe…semoga bermanfa’at 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

6. yulism - Oktober 22, 2008

Selalu menjadi keasyikan tersendiri menyimak fakta dibalik layar lebar yang dibuat berdasarkan true story. thanks mbak

@Terima kasih kembali mbak Yulism, iya mbak betul, rasa penasaran semakin menjadi apalagi novel keempatnya “Maryamah Karpov” juga belum keluar sampai sekarang, semakin penasaran dech, lagipula ceritanya asyik menebar inspirasi dan motivasi bagi pembacanya, hehehe
Gimana apa mbak Yulism juga sudah baca novel-novelnya & nonton filmnya ?
Best regard,
bintang
https://elindasari.wordpress.com

7. si bolang - Oktober 23, 2008

truz lintang yang mana dong

@hehehe…saya juga penasaran🙂 🙂 🙂 kalau ketemu sama Andrea Hirata alias Andis kayaknya perlu ditanyain yach🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

8. Odie - Oktober 23, 2008

jadi pengen nontno lagi nih😀

@Hahaha…masih penasaran yach🙂 🙂 🙂 Yuk nonton lagi yuk…
Terima ksh atas kunjungannya odie 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

9. Farijs van Java - Oktober 23, 2008

hoho. jadi gitu, tho? lintang keknya tokoh rekaan semata. hwehe…

(^_^)v

jadi pengen nonton LP lagi. nontan bareng, yuk…

@Hehehe…nggak berani ngomong dech nyata apa fiktif, kayaknya harus nanya dengan Andrea Hirata langsung nich, biar nggak penasaran hehehe…Ada yang bisa ketemu sama Andrea Hirata ???

Emang sudah nonton filmnya berapa kali nich Farijs? (Kalau saya cukup 1 x di bioskop, nanti kalau DVD originalnya keluar insya Allah saya beli buat nambahin koleksi, hehehe…)

Ok, deh kapan2 kita ngobrol2 lagi yach Farijs van Java🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

10. Threestyle - Oktober 23, 2008

aku bangge kan Belitong,muji sekarang belitong la bangkit…pertahankan ye,,,

11. gendhismanis - Oktober 24, 2008

Hmm, jadi gitu ya? Saya memang gak baca sampe tamat novelnya, tapi puas banget pas kemarin nonton filmnya! Pengen nonton lagi niy..😀

@Iya gendhis…terima kasih atas kunjungannya yach 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

12. Didien® - Oktober 28, 2008

saiiaa blm baca & belum nonton…:mrgreen: , krn ada alasan sendiri ..🙂

@Hem…sayang dech, padaha cerita bagus lho 🙂 🙂 🙂
best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

13. Farijs van Java - Oktober 28, 2008

ahad kemarin farijs nonton lagi di blok m. hwehe. si flo makin cakep aja. hwehe…

(^_^)v

sang pemimpi the movie musti lebih bagus dan lebih dahsyat! ayo maju, pemuda indonesia!

@Yes, semangatnya patut ditiru nich 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

Rizkiyanti - September 30, 2009

Asal jangan fiktif juga nih keberadaan Arai sang Simpai Keramat…

@Terima kasih atas kunjungannya disini. Iyach, semoga saja yach 🙂
Best regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

14. Astiningtyas - Oktober 28, 2008

Jadi penasaran pengen ketemu Andrea Hirata!!!pengen ngobrol langsung, penasaran apa yang ada dibenak Andrea saat menulis novel ini. Semangatnya menggugah kemalasanku….he….he…..!!Caranya gimana sich untuk ngobrol sama Andrea???

@Hem, mungkin harus tahu kapan jadwal Andrea bedah buku atau acara lainnya. Atau coba kunjungi blognya Andrea, hehehe…
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

15. FAKTA -FAKTA TENTANG LASKAR PELANGI « Serba Informasi - Oktober 30, 2008
16. Jerry Gogapasha - November 1, 2008

bagus ulasannya!

@Terima kasih atas kunjungannya Jerry 🙂 🙂 🙂
best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

17. zhidan_al - November 1, 2008

bagus filmnya…
tapi gw penasaran ama tokoh yang namanya lintang…

@Nah, kalau yang satu ini sama dengan saya. saya juga penasaran sama Lintang ?🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

18. naditya - November 1, 2008

wah…bagus filmnya…
aq jg pnsaran dgn yang nmnya lintang….tu

@Sama Naditya, saya juga penasaran. Terima kasih atas kunjungannya yach 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

Rizkiyanti - September 30, 2009

Udah ngefans banget nih ama Lintang…masa fiktif….?

@Terima kasih atas kunjungannya disini. Iyach sama, saya juga seneng sama Lintang. Tapi tetap harus kita ambil hikmah positif dan semangat nya yach, meski itu akhirnya fiktif sekalipun, setuju nggak ?
Best regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

19. nie - November 5, 2008

lintang…..siapakah dirimu…..😀

@Hehehe, saya juga penasaran lho 🙂🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
http:/elindasari.wordpress.com

20. Arya - November 15, 2008

bener-bener dah komplit ya..
tapi Lintang tetap jadi sebuah misteri…

@Iya, apa mungkin Lintang hanya tokoh fiktif yach ?. Saya juga belum tahu yang sebenarnya 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

21. b0chun - Februari 13, 2009

Mbak, artikelnya saya minta buat ditaro di blog saya boleh yach…
Nice article…

@Sip boleh saja 🙂 🙂 🙂 Terima kasih sudah singgah 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang

22. b0chun - Februari 13, 2009

Thankx…
Nanti dimasukin link blognya yach…
^_^V

@Ok, silahkan. Terima kasih bochun 🙂 🙂 🙂
best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

23. mbekzz news - April 2, 2009

haluw mas hirata
makasih bngt y.film ni hasil documntarynya sampean
ku baru liat film ni. semangat smangat smangat.itulah yg ku rasakan setelah melihat film ni
terus berjuang….. buat karya2 yg bisa membangun tebok2 hati yg luluh oleh kepesimisan.. slalu optimus!!
hehehe trims

@Sip dech kalau gitu, semangat terus yach 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

24. bunawi yusuf sartawan - April 13, 2009

Melihat film dan membaca sinopsisnya LP sudah dan komentar saya:
hebat, hebat, hebat dan hebat, karena cerita saya pribadi mirip dengan
tokoh Lintang dalam LP namun bedanya saya dapat kesempatan untuk bersekolah walau tanpa seorang ayah dan selalu dapat beasiswa supersemar bahkan pernah mendapat beasiswa kuliah diperguruan tinggi di kota Bandung, dan sekarang menjadi guru teknik di smkn 1 glagah banyuwangi jawa timur. salam saya untuk Bung Andrea Hirata sukses, sukses dan sukses untuk anda.

@Wah senang sekali mendengar cerita /sharing dari mas bunawi. Semoga semangat laskar pelangi juga merambah lapisan masyarakat yang senasib yach mas 🙂 🙂 🙂
best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

25. imah - April 22, 2009

alhamdulillah,, setelah membaca dan melihat filmnya semangat untuk berjuang semakin bangkit,,,

laskar pelangi bagus bgdh untuk semua kalangan..
salam ya wat semua kru laskar pelangi,,,terutama para pemain kecilnya yg bener2 “great”….dari imah, rani,dan icha…di kaltim

@Sip, terima kasih atas sharing & kunjungannya imah 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang

26. irna - April 26, 2009

laskar pelangi membuat saya cukup terharu karena memperlihatkan banyak-baNYAk jwaban yg zlama ni sy kurang tau,sy sering bertanya-tax dlm dri sy sendiri

@Terima kasih atas sahring & kunjungannya irna🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang

27. giffar - Juni 19, 2009

SAYA TUNGGU FILM ‘Sang Pemimpi’-nya!!!!

Sukses terus buat Laskar Pelangi

@Yes, saya juga, karena saya juga sangat suka novel2 karya andrea hirata 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

28. Rahmat syah - November 29, 2009

keren laskar pelangi yg sesungguhnya

29. m.Syariah - Januari 9, 2010

laskar pelangi sangat mengguga kami untuk menjadi seorang pelajar yang tak pernah mengenal putus asa dan menyerah.insya allah perjuangan tanpa pamrih akan mEnghasilkAn sesuatu yang gemilang

30. ANDY SYATRIA - Januari 9, 2011

I LIKE IT LASKAR PELANGI SELAIN ADA LUCU NYA TERNYATA JUGA MENCAKUP TENTANG SUSAH NYA HIDUP DAN JUGA ADA TENTANG PELAJARAN2 YANG SANGAT BERHARGA AKU INGIN LASKAR PELANGI TATAP ADA BAHKAN KALAU BISA DIBUAT LASKAR PELANGI 2

31. sengkoeloen - April 3, 2012

kayanya lintang itu si bang Andrea itu sendiri deh😀

32. afini nofita sari dachi - Agustus 4, 2012

si lintang tu emang genius ea………
aq jdi t’obsesi d bwatnya……..🙂
kak andrea juga,punya s’mangat yg meluap luap sampa sampe rela jadi kuli ngambat hanya tuk sekolah……..
aq salut…….

33. Bayu anak Bangka - Maret 27, 2013

Si Lintang itu adalah bg Candra Prana seperti yg dikatakan aman alias akiong diatas, seorang perawat, kepala igd lt3 rgb rshs bandung, beliau skrg sdg profesi ners angkatan xxiv fik unpad di rshs bandung bareng saya. Ktanya dulu beliau dg andrea hirata mmg kompetitif dikelasnya.
Cerita mereka ga bisa bljr dikelas itu sbnernya gara2 bg candra si lintang yg menggosok kolang kaling atau beluluk kalo bahsa bangka nya di kursi2 kelas waktu itu,hehe masih sgt byk cerita yg menarik dan penuh pembelajaran dari beliau, ttp beliau mmg ga pernah mengexpose diri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: