jump to navigation

CITA-CITA Desember 23, 2009

Posted by elindasari in Artikel.
trackback

Mungkin sebahagian orang berpikir, kalau cita-cita ini hanya milik anak-anak, sudah bukan lagi milik kita sekarang (maksudnya yang sudah jadi orang tua, atau stw…setengah tua, dll)

Sebenarnya itu nggak sepenuhnya benar, meski usia kita mungkin sudah tidak muda lagi, kita masih harus tetap mempunyai cita-cita. Tapi mungkin cita-citanya sedikit berbeda dan mungkin lebih fokus, krn setidaknya kita mulai merasakan asam garamnya dalam kehidupan ini.

Cita-cita

Cita-cita

Pengertian Cita-Cita sendiri menurut saya sbb (terjemahan bebas, sebebas-bebasnya menurut saya….hahaha…) :

Arti cita-cita adalah:
Suatu impian atau harapan seseorang akan masa depannya. Bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup, namun bagi sebahagian yang lain cita-cita itu hanyalah khayalan belaka.

Bagi orang yang menganggapnya sebagai tujuan hidupnya maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju dengan langkah yang jelas, usaha yang gigih dan mantap dalam kehidupan ini sehingga menjadikannya sebuah “Akselerator Pengembangan Diri”.

“Manusia yang berhenti bercita-cita merupakan Tragedy terbesar dalam hidup manusia, karena tanpa cita-cita orang akan mati”.

Manusia tanpa cita-cita bagaikan seseorang yang sedang tersesat, yang berjalan tanpa tujuan yang jelas sehingga ia bahkan dapat lebih jauh tersesat lagi karena tak tahu arah yang dituju.

Cita-cita dapat saya diibaratkan sebuah Rancangan Bangunan Kehidupan Seseorang.
Bangunan yang tersusun dari: Batu bata keterampilan, Semen ilmu dan Pasir potensi diri.

Bagaimanakah jadinya nanti, jika seseorang yang memiliki beribu-ribu batu bata, berpuluh-puluh karung semen dan berkubik-kubik pasir serta berbagai macam bahan-bahan bangunan yang pendukung lainnya untuk membuat rumah. Tapi dirinya tidak mempunyai rancangan maupun bayangan seperti apakah bentuk rumah itu nantinya.

Dapat saya pastikan, orang itu akan mendapatkan rumah dengan bentuk yang aneh / tidak menarik, gampang roboh atau bahkan kita tidak akan pernah bisa membuat sebuah rumahpun.

Bagi saya Cita-cita bukan hanya terkait dengan sebuah Profesi, namun lebih dari itu Cita-cita adalah “Sebuah Tujuan Hidup”

Kebayakan orang yang mengganggap Cita-cita itu ibarat mimpi atau impian itu sama dengan khayalan atau angan-angan.
Tetapi menurut saya itu tak sama !.
Cita-cita atau impian itu lebih ke arah sesuatu yang dapat digapai, sedangkan khayalan atau lamunan itu lebih ke arah keinginan yang tidak dapat direalisasikan.
Cita-cita yang baik tentu saja adalah cita-cita yang dapat dicapai melalui: “Kerja keras / Usaha yang gigih, Kreativitas yang tinggi, Inovasi tiada henti, Motivasi yang penuh energi, Dukungan orang lain, dan sebagainya”.
Beda 180 derajat dengan Khayalan yang merupakan hasil melamun yang cenderung tidak logis bahkan bersifat mubazir karena banyak waktu yang terbuang untuk yang tidak berguna.

Lalu bagaimana kita mendapatkan motivasi diri kita dalam mengejar cita-cita itu ?.
Tentu saja banyak cara yang dapat kita pelajari agar diri kita termotivasi untuk mengapai cita-cita tersebut. Misalnya saja dengan mempelajari kisah sukses orang lain, membaca buku-buku atau bisa juga dengan menonton film motivasi hidup seperti : Laskar Pelangi, Garuda di Dadaku, Sang pemimpi, dll.
karena bagi saya Cita-Cita adalah:

Kunci Masa Depan Hidup Kita Sebagai Bahan Bakar Menuju Sukses !!!

Tahun 2009 tak terasa sebentar lagi akan berakhir.
Nah, kira-kira resolusi atau mungkin boleh dibilang juga cita-cita di thn 2010, dst mau apa nich.

Yuk mulai di plan sekarang juga, dan begitu tgl 1 Januari 2010 langsung di action, gimana pembaca ?.

“Selamat Tahun Baru 2010”

Semoga postingan ini bermanfa’at dan memberi inspirasi 🙂

Iklan

Komentar»

1. nh18 - Desember 23, 2009

Cita-cita besar …
itu selalu diawali dengan himpunan cita-cita sederhana yang kecil …
terus menerus … dicapai dengan tekun …

Dan itu … tidak mengenal kata tua atau pun setengah tua …

Cita-cita (seberapapun sederhananya itu) harus ada disetiap angan manusia …
Supaya kita tau … kita sedang berjalan kearah mana …

Salam saya

@Sip, sharingnya ok banget Om, selamat mengapai cita-cita yach Om…Yuk mari kita wujudkan cita-cita kita dgn penuh semangat 🙂

best regard,
Bintang

2. Sugeng - Desember 23, 2009

Salam kenal jeng, :coll:
memang citi-cita gak kenal usia dan waktu eski dalam peneyubat menjadi kalaimat yang lain. Dalam dunia kerja juga ada cita-cita yang terwujud dalam visi dan misi ataodalam bahasa lapangannya Target untuk tahun 2010 😆 .

3. demoffy - Desember 26, 2009

Cita2..
sebuah bayangan jika tak segera diwujudkan..
jika hanya berhenti disitu saja.. 🙂

4. dir88gun - Desember 27, 2009

Assalamu alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wahai Saudaraku di seluruh penjuru dunia maya,

Akhirnya tahun baru telah tiba…
Tahun penentuan, apakah kita akan tetap jatuh terpuruk semakin jauh ke dalam kubangan kehinaan,
Ataukah kita akan bangkit berhijrah menuju ke arah datangnya cahaya kemenangan di depan.

Baca selengkapnya di

http://dir88gun0w.blogspot.com/2009/12/happy-new-year.html

—————————————————–
INDONESIA GO KHILAFAH 2010
“Begin the Revolution with Basmallah”

5. Nug - Desember 28, 2009

Cita2.. kadang terkesan menggantung. Apa karena kata orang2 tua dulu untuk menggantungkan cita2 setinggi langit..???

Mungkin derivatif realnya adalah target tahunan, lima tahunan, 10 tahunan, dst kali ya. Bagus juga jika dapat memformulasikan target2 real itu dan menjadikannya pemicu gerak langkah kita real kita..

Selamat Tahun baru 2010 Bintang.. 🙂

6. dyah suminar - Desember 30, 2009

Cita cita…adalah arah tujuan yang sedapat mungkin kita capai
jadi …tua muda harus punya cita2…bahkan dalam hal yang sederhana sekalipun.
Bunda saja masih banyak cita cita yang ingin dicapai….biar selalu bersemangat hidup mbak

@Betul bunda Dyah, cita-cita itu harus dimiliki & tak kenal usia krn dgn adanya cita-cita kita tahu ke arah mana kita harus melangkah dan merealisasikan utk mengapainya.
Terima kasih atas kunjunngan & sharingnya bunda 🙂

Best regard,
Bintang

7. alfarolamablawa - Desember 31, 2009

selamat tahun baru 2010
willingness to do more!!

8. Karma Suta - Desember 31, 2009

* Salam kenal…

* Syukurilah apa yang sudah kita dapatkan…..walau itu bukan merupakan hasil dari cita2 awal kita…(soalnya mungkin ada dan banyak yang bercita2 “A” tetapi yang didapat adalah “Z”).

* Apapun yang di`cita2kan….siapkan “hal yang paling pahit kalau kita gagal”…..agar kita tetap menjadi insan yang selalu bersyukur atas nikmat yang Tuhan dianugerahkan.

* Saat ini sudah terdengar suara letusan kembang api sahut menyahut…SELAMAT TAHUN BARU 2010……Semoga sukses apa yang dicita2kan, juga tetap sukses walau itu bukan dari cita2 kita.

9. dyah suminar - Januari 1, 2010

hi..mbak…ke Jogja ya ??/
kok nggak kabari Bunda ??

10. dgadget - Januari 3, 2010

cita2 besar pst resikonya besar tapi itu adalah jalan yg ditempuh u/mencapai cita2… 🙂 slamat tahun baru

11. dc - Januari 3, 2010

lilin kehidupan adalah harapan yg terus dipegang… 🙂 slamat tahun baru

12. ok - Januari 3, 2010

aku masih berfikir bahwa manusia menjadi hidup dgn adanya cita2 🙂 slamat tahun baru mbak salam kenal

13. caride - Januari 3, 2010

semangat!!! tahun baru tlah datang!!

14. kawanlama95 - Januari 4, 2010

tetap saja Allah yang menetukan walau kita berusaha

15. hidayanti - Januari 4, 2010

bagi saya pribadi mba linda (sekali lagi saya ulangi :saya pribadi) cita cita yang di barengi khayalan juga ok selama masih bisa masuk akal(emang ada yah khayalan yang masuk akal?) karena ketidak masukakalan itulah yang membuat aku pribadi menjadilebih gigih untuk mencapainya… meskipun batu besar yang sangat besar sekali lagi sangat besar.. berada di depan saya! saya tidak akan mundur dari kreatifitas untuk menghayal dan bermimpi… karena batu penghalang itu bisa saya lewati dengan banyak cara..
bisa juga saya panjat biar sampai ,ataujika tidak mustahil aku akan memutari nya agar bisa sampai di sisi lain batu itu.. atau jika benar2 tidak ada celah.. maka sedikit demi sedikit akan aku coba untuk menghancur kannya… karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin.. iya tho??

bagus sekali post nya.. saya suka… eh sekali lagi biar afdhol.. saya sukaaaaaa 🙂

@Sip, terima ksih banyak atas sharingnya hidayanti. Sangat memberi pencerahan.
Gimana sekarang disana lagi sibuk apa ?

Best regard,
Bintang

16. kawanlama95 - Januari 5, 2010

cita-cita saya saat ini adalah mengakhiri kesendirian

17. tutinonka - Januari 5, 2010

Pada usia menjelang setengah abad ini, apa ya cita-cita saya? Tentu saja masih ada, meskipun jelas berbeda dengan cita-cita waktu masih remaja atau masih muda dulu. Kalau dulu cita-citanya : selesai sekolah, menikah, bekerja di tempat yang baik. Kalau sekarang …. mungkin ingin bisa bermanfaat bagi orang banyak, sekaligus juga mengembangkan diri sendiri. Semoga …

@Sip, dech cita-cita yang Mulia mbak Tuti. Saya do’ain semoga cita-cita mbak Tuti terwujud.

best regard,
Bintang

18. edratna - Januari 6, 2010

Selamat tahun baru…semoga tahun 2010 lebih baik bagi kita semua. Amien.

Cita-cita? Walau usia telah melewati setengah abad, saya masih punya cta-cita, tentu cita-citanya beda dibanding saat masih muda…saat usia matang, cita-citanya lebih pada berbagi pada orang lain, ketenangan, dan memberikan apa yang bisa di share pada orang lain.

@Cita-cita yang mulia bunda Ratna, memang seiring dgn bertambahnya usia kita, cita-cita kita biasanya lebih dominan yang berhubungan dgn kebahagiaan hati seperti bisa saling berbagi dll. Terima kasih atas kunjungan dan sharingnya yach bunda Ratna 🙂

Best regard,
Bintang

19. Cerita Cerita Ku - Januari 13, 2010

Cita cita saya menjadi orang yang di ridhoi Allah SWT di dunia dan di akhirat… Amin…

@Sip, semoga do’anya dikabulkan oleh Allah 🙂 🙂 🙂
Thanks for your coming Ka 🙂
Best regard,
Bintang

20. hilda widyastuti - Februari 17, 2010

mbak, gambar ilustrasinya cantik2, hasil karya sendirikah?

21. Halidi Indranata - Desember 1, 2010

wahhh,,, seru banget ya bercita2….

menurut saya cita-cita itu adalah ‘hidup seseorang’ karena tanpa cita-cita, seseorang tidak akan merasakan indahnya hdup.

22. akin - Mei 5, 2011

Cita-cita besar …
itu selalu diawali dengan himpunan cita-cita sederhana yang kecil …
terus menerus … dicapai dengan tekun …

Dan itu … tidak mengenal kata tua atau pun setengah tua …

Cita-cita (seberapapun sederhananya itu) harus ada disetiap angan manusia …
Supaya kita tau … kita sedang berjalan kearah mana …

Salam saya

@Sip, sharingnya ok banget Om, selamat mengapai cita-cita yach Om…Yuk mari kita wujudkan cita-cita kita dgn penuh semangat 🙂

best regard,
Bintang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: