jump to navigation

RAHASIA KENIKMATAN KOPI LUWAK Agustus 31, 2009

Posted by elindasari in Artikel.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback
Tempat nongkrong yang menyediakan Kopi Luwak yang terkenal

Tempat nongkrong yang menyediakan Kopi Luwak yang terkenal

Bagi pecinta kopi, tentu mendengar kata “Kopi Luwak”, bukanlah hal yang asing. Yap…kopi ini sangat terkenal akan kenikmatannya. Ada yang udah nyoba ?. Dan saking nikmatnya tentu saja kopi ini dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Sebagai gambaran di Jakarta, di salah satu tempat nongkrong yang cukup terkenal, kopi luwak ini dijual seharga Rp 200.000 per cangkir. Hem, nggak kebayang dech kalau yang sangat doyan minum kopi, bisa dibayangkan kalau sampai bisa menghabiskan 10 gelas seakli nongkrong, berarti dia harus mengeluarkan uang sebayak Rp. 2 juta, itu baru utk biaya minum kopi, edan !

Tapi, setelah baca artikel dibawah ini, apakah masih ada yang berani mencoba ??? Yuk, kita singkap rahasia apa dibalik kenikmati kopi luwak ini lewat artikel ini.

Kopi luwak merupakan biji kopi matang pohon yang dimakan oleh binatang luwak (Viverridae) dan dikeluarkan bersamaan dengan kotoran binatang tersebut.
Jadi, di dalam pencernaan luwak, biji kopi tetap utuh tidak tercerna karena keras, tetapi mengalami proses pencampuran dan fermentasi dengan makanan luwak lainnya.

Sebagai pemakan tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan bunga-bungaan, luwak merupakan binatang yang pandai memilih makanan yang baik untuknya. Maka, proses fermentasi di dalam pencernaan luwak itulah yang membuat rasa kopi ini berbeda. Aromanya lebih harum serta ada rasa pahit dan getir asam yang lebih khas dan spesial.

Daripada sulit membayangkan, ok kita simak saja prosesnya melalui gambar-gambar ini ya.

Pertama, para petani mulai memetik buah kopi yang sudah matang di pohon, yang berwarna merah. O ya gambar-gambar ini diambil di perkebunan kopi Bondowoso, Jawa Timur.

Biji kopi sudah matang dipetik

Biji kopi sudah matang dipetik

Kedua, setelah buah kopi terkumpul, dipilah lagi yang bagus-bagus saja, soalnya hanya buah kopi matang (warna merah) yang akan disantap musang sebagai makanannya.

Biji Kopi dipilih lagi, yang sudah matang saja akan yang dipilih

Biji Kopi dipilih lagi, yang sudah matang saja akan yang dipilih

Luwak hanya menyantap biji kopi yang matang

Luwak hanya menyantap biji kopi yang matang

Ketiga, luwak atau bagaimana Anda menyebutnya? Civet ? Musang ? A small squirrel-like arboreal mammal, dipersilakan memakan buah kopi terbaik yang sudah dipilih oleh para petani tadi. O, ya tubuh luwak hanya akan mencerna daging buahnya saja, sementara bijinya nanti akan tetap utuh saat dikeluarkan kembali dalam bentuk feces, hiks.

Luwak sedang menikmati biji kopi yang terbaik

Luwak sedang menikmati biji kopi yang terbaik

Dan keempat …. inilah bentuk feces luwak yang terkenal itu, seperti sudah disebut di atas, bijinya tetap utuh kan? Secara fisik, biji kopi luwak dan kopi lain bisa dibedakan dari warna dan aromanya. Biji kopi luwak berwarna kekuningan dan wangi, sedangkan biji kopi biasa berwarna hijau dan kurang harum.

Kotoran luwak ini, Biji kopi masih utuh

Kotoran luwak ini, Biji kopi masih utuh

Kotoran luwak

Kotoran luwak

Kelima, selanjutnya biji kopi yang tercampur dalam feces, dipisahkan, dikumpulkan, dibersihkan, kemudian dijemur, dan …. jadilah biji kopi luwak yang terkenal mahal itu.
Bisa dipastikan, ini adalah biji kopi terbaik, sebab hanya buah kopi matang yang dipilih musang sebagai makanannya.
Kopi Blue Mountain – Jamaika atau kopi Arabica Supremo – Kolombia ? Halah, lewats !

Biji Kopi Luwak yang terkenal itu, yang sudah dibersihkan

Biji Kopi Luwak yang terkenal itu, yang sudah dibersihkan

Kopi luwak sangat mantap rasanya bila diminum tanpa gula, karena rasa getir dan aroma kopi pun sangat terasa, begitu nikmatnya sampai jika kita minum minuman lain setelahnya, entah itu air putih, teh, coklat, atau minuman lainnya, bahkan sudah dipakai ciuman satu jam pun, rasa nikmat kopi luwak masih terasa manis di mulut. Lho?

Nah, nggak percaya silahkan dicoba kalau begitu. Tapi ngomong-ngomong masih ada yang berani nyoba nggak yach ? Hahaha….

Ok, sekian semoga bermanfa’at & memberi inspirasi.

Iklan

Komentar»

1. Bima Bima - Agustus 31, 2009

wah sepertinya mantep tep

@Hahaha, berani mencoba Bima ?
Best regard,
Bintang

2. nh18 - September 2, 2009

hahahah …
untuuuung aku ndak minum kopi …
slamet … slamet …

salam saya

@Wakakak…abis serem yach Om, hahaha…Untung kalo gitu Om 🙂
Best regard,
Bintang

3. dyah suminar - September 2, 2009

Walaaah….bunda suka kopi…tapi enggak mau lah kalau kopi Luwak asli.
Bikin kopi yang 3 in 1 saja..yang kata penikmat kopi…Itu bukan kopi.he..he..

@hahaha, abis ternyata kopi luwak itu sempat mampir di perut luwak, hem serem juga ngebayanginya yach bunda, hihihi 🙂 🙂 🙂
best regard,
Bintang

4. pasang iklan baris tanpa daftar - September 2, 2009

belum pernah nyoba kopi luwak. ada gak ya yang harganya secangkir 2000 rupiah ??? 😀

5. Dodi Subagja - September 9, 2009

1.seandainya saya mau mebelajar lebih banyak tentang proses pembuatan kopi luwak ini saya harus belajar kemana….????
2.apa boleh saya belajar…???
3.kira kira apa pohon kopi nya berbeda atau cuma pemilian buah kopinya aja yang beda…???
saya mengharapkan kebaikan bapak/ibu untuk membalas pesan kami.
dengan ini kami ucapkan terima kasih…

@Hem, ada yang bisa bantu Dodi para pembaca dan sahabat blogger ?
Best regard,
Bintang

6. sunflo - September 12, 2009

artikelnya top banget… thanks for sharing. luwaknya juga imut… baru tau aq, luwak dipelihara buat dimanfaatkan…he…he…simbiosis mutualisme…luwaknya gemuk, manusianya dapat duit… mantap deh artikelnya!!

@Terima kasih atas kunjungannya disini Sunflo. Thanks juga sudah sahring disini 🙂
Best regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

7. zipoer7 - September 13, 2009

Salam Takzim
Kopi tersaji untuk dipuji, rasa-aroma tercipta atas dasar selera, dengan kopi karya teruji tap jangan seperti mbah surip.
Salam Takzim Batavusqu

@Terima kasih atas kunjungannya disini Mas Zipoer. Mbah surip, yes I love you full, kopi memang mantap, hahaha 🙂
Best regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

8. Kopi Luwak (Civet Coffee). Kopi termahal didunia dari Indonesia :D « HANNA's rED-WINe cup - Oktober 9, 2009

[…] http://aromakopiluwak.wordpress.com/ https://elindasari.wordpress.com/2009/08/31/rahasia-kenikmatan-kopi-luwak/ Possibly related posts: (automatically generated)Florida Coffee Shop to Sell Cat Poop […]

@Terima kasih atas kunjungannya disini.
Best regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

9. ikkyu_san - Oktober 22, 2009

aaaaaaaaaahhhh jadi kepengin minum kopi luwak…
aku mau seduh dulu deh, kebetulan beli sebungkus di jakarta.
lupa harganya berapa, tapi kayaknya ngga mahal-mahal amat.
Apa cuma nama aja ya? Kopi Luwak tuh judulnya hihihi

mari mbak Bintang… minum dulu…

EM

Igusti ngurah putra - April 9, 2010

Nanti …kalu kebali ada bu di rumah bali singepadu saya buka agro kopi luwak .mampir……ya bu

10. arifiyana - November 17, 2009

askum,,,

Eh.. halal ga’ tuh…

trus higienis g??
bkanx sdqt byk past ad zt2 yg trcmpur d dlmx??

11. the riza de kasela - November 18, 2009

Najis gak tuh?
______________________________________________
Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

12. stainless tanks - Desember 10, 2009

wew … jadi pingin miara luwak aja dah

terima kasih telah berbagi ya mas, jadi makin tau banyak niy..

13. Igusti ngurah putra - April 9, 2010

Luwak memang di kagumi oleh wisatawaan asing

Dari NGURAH DI BALI

Luwak memang kopi terbaik dunia. para wisatawan asing sangat menyukai kopi luwak.karena rasanya yang enak , ada rasa asamnya..dan saya membuka agro kopi luwak di rumah bali singepadu.gianyar bali dekat degan UBUD..temenyang datang kebali boleh mampir sambil melihat bangunan rumah bali yang sebenarya..dan saya juga melayani TOUR mengunjungi tempat tempat yang sangat menarik di bali'(03618605141)

14. novi - Juni 9, 2010

mbak izin mengcopy artikelnya ya… soalnya saya terkesan ma tulisan ini, saya pengelola SUNFLO yang komen di atas tuh, tentunya saya akan memenuhi aturan dalam etika copas dengan mencantumkan sumbernya dari sini .. terimaksih sebelumnya … ^^

15. Seprianus - Juli 17, 2010

Saya Jual Kopi Luwak Arabika Yang Sudah Roasted (Coffee Roasted Beans)
Harga : Rp 125.000,-/100 gram (Bisa Nego)
Sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh indonesia.
Bila Dalam 7 Hari Pesanan Belum Diterima Uang Kembali 100%

16. Seprianus - Juli 17, 2010

Saya Jual Kopi Luwak Arabika Yang Sudah Roasted (Coffee Roasted Beans)
Harga : Rp 125.000,-/100 gram (Bisa Nego)
Sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh indonesia.
Bila Dalam 7 Hari Pesanan Belum Diterima Uang Kembali 100%
Untuk Pemesanan SMS Atau Call 081316180003

17. Hb.Jhon Ndruru. - November 2, 2010

Saya petani kopi dari P.Nias apa ada agen yg mau beli kopi luwak.Harga bisa nego.Apa nama obat perangsang nafsu makan luwak.Bagaimana membedakan biji kopi luwak dgn biji kopi biasa.Bagaimana cara beternak luwak,apa sama dgn beternak kelinci.sms ke hp.081375142911.

18. rudy - Desember 11, 2010

saya rudy jual kopi luwak asli bengkulu
Harga :Rp.150.000,-/100 gram (nego)
sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh nusantara.
bila dalam satu minggu barang belum diterima,kami akan mengembalikan uang seutuhnya.
hubungin kami di :081380193366 atau 40922948

19. rudy - Desember 11, 2010

rudy – Desember 11, 2010
saya rudy jual kopi luwak asli bengkulu
Harga :Rp.150.000,-/100 gram (nego)
sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh nusantara.
bila dalam satu minggu barang belum diterima,kami akan mengembalikan uang seutuhnya.
hubungin kami di :081380193366 atau 40922948

Balas

20. Kopi Luwak - Januari 8, 2011

Wow 200rb/cangkir? mahal sekali? 😀 tapi memang pantas, kopi luwak rasanya sangat nikmat.

21. Bayu Hendra - Januari 11, 2011

ya sih’emang bener nikmat rasa dan juga aromanya.
ya tentunya bagi penikmat coffee,

( bayu bali )

22. fachriz - Februari 15, 2011

saya menawarkan kopi luwak dari dataran tinggi gayo, aceh. dijamin murah dari yang lain.

spek :
jenis : arabika (tim-tim, bor-bor atau super 88) –2 jenis yang diakui kualitasnya
grade : 1
asal : kabupaten bener meriah dan kabupaten aceh tengah, dataran tinggi gayo,
aceh
kadar air: 14-16 persen
kapasitas: 1 ton (ready), 100-150 kg (kontiniu per bulan)
ketinggian: 1000-1500 mdpl
tekstur tanah: merah
harga : 1. Faces/kotoran: Rp.350.000 / kg (nego)
2. Green Bean : Rp.450.000 / kg (nego)
3. Roasting/sangrai : Rp.550.000 / kg (nego)
4. Bubuk/powder : Rp.650.000 / kg (nego)

Serius, bisa menghubungi saya di 081370708025


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: