jump to navigation

Buka Kaca Mobil Anda Sebelum Berkendaraan !!! Agustus 27, 2009

Posted by elindasari in Kesehatan.
Tags: , , , ,
trackback
mobil

mobil

Beberapa waktu yang lalu saya sempet membaca suatu artikel yang dikirim seorang sahabat via email tentang pentingnya membuka kaca mobil sebelum kita kendarai.
Tak bisa dipungkiri, jaman sekarang semua maunya serba cepat. Nah, karena maunya serba cepat itulah terkadang kita seringkali melupakan hal-hal yang mungkin biasanya kita anggap sepele tersebut.

Mau tahu apa “Faedahnya”, jika hal sepele ini kita lakukan dan dijadikan kebiasaan kita sebelum melaju di jalanan, yuk kita baca ulasannya.

Jika Anda seorang yg mengendarai mobil silakan buka jendela setelah Anda masuk mobil dan jangan terburu-buru menyalakan AC. Hal ini dilakukan agar udara yg ada di dalam mobil bisa segera keluar dan tergantikan dengan udara yg lebih segar. Ternyata udara yg ada di dalam mobil (saat diparkir) mengandung Benzene/Bensol. Darimanakah Benzene ini berasal?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh UC, dashboard mobil, sofa, air freshener akan memancarkan Benzene, hal ini bisa disebabkan oleh suhu ruangan yg meninggi. (Hati2 bila mencium bau plastik terbakar di dalam mobil anda, segera cek asal bau tersebut).. Kalau tidak salah saya pernah membaca thread tentang bahaya action figure yg kebakar di dalam mobil.. Artikel ini berhubungan dengan thread tersebut (maaf sampai sekarang saya belum bisa menemukan thread tersebut).

Tingkat Benzene yang dapat diterima dalam ruangan adalah 50 mg per sq ft. Sebuah mobil yg parkir di ruangan dengan jendela tertutup akan berisi 400-800 mg dari Benzene. Jika parkir di luar rumah di bawah sinar matahari pada suhu di atas 60 derajat F, tingkat Benzene berjalan sampai 2000-4000 mg, 40 kali dengan tingkat yang dapat diterima .. Orang-orang di dalam mobil pasti akan menyedot kelebihan jumlah toksin.

Bahaya Benzene
Efek singkat menghirup high level benzene dapat mengakibatkan kematian, sedangkan menghirup low level benzene dapat menyebabkan kantuk, pusing, mempercepat denyut jantung, sakit kepala, tremors, kebingungan, dan ketidaksadaran.

Long term efeknya bisa menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang dan dapat menyebabkan penurunan sel darah merah, yang mengarah ke anemia. Ia juga dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menurunkan system kekebalan, meningkatkan kesempatan infeksi, menyebabkan leukemia dan lainnya yang terkait dengan kanker darah dan pra-kanker dari darah.

Benzene adalah toksin yang menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak dan dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. Saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita.

Benzene adalah racun yg berbahaya karena tubuh kita kesulitan untuk
mengeluarkan jenis racun ini.

Karena itu sangat disarankan agar Anda membuka jendela dan pintu untuk memberikan waktu pada udara yg ada di dalam agar keluar sebelum Anda masuk.

Nah, sekarang anda nggak malas lagi melakukannya bukan ?. Selamat berkendaraan, Tetap hati-hati melaju dijalan !!!

Semoga Bermanfaat !!!

Komentar»

1. Ikkyu_san - Agustus 27, 2009

heheheh iya seharusnya begitu, tapi dua jendela dari 4 jendela mobilku malah macet ngga bisa dibuka tuh. Kayaknya udah waktu untuk ganti mobil.

BTW, di Jepang sering kejadian ibu meninggalkan anak bayi atau anjing peliharaannya dalam mobil., Meskipun tidak tertutup rapat, ternyata beda suhu dalam mobil dengan di luar mobil itu tinggi loh. 5 jam ditinggal tidur dalam mobil, pas kembali…matilah si anak. Pasti bilang ihhh ortu apaan tuh bego amat. Tapi itulah kenyataannya di Jepang. Apalagi kalau sudah addict dengan permainan pachinko (dingdong)

Bagaimana dengan puasanya mbak Bintang. Lancar aja kan. Selamat menunaikan ibadah puasa ya.

EM

@Alhamdullilah lancar mbak. Terima kasih sudah singgah disini mbak Imelda.
Best regard,
Bintang

2. septarius - Agustus 27, 2009

Ih ngeri juga efeknya..
Terimakasih infonya mbak..

@Terim kasih kembali Septarius 🙂
Best regard,
Bintang

3. sewa mobil - Agustus 27, 2009

wah tips yang sangat bagus neh, cocok buat saya. makasi mbak.

@Terima ksih kembali sewa mobil, hehehe 🙂
Best regard,
Bintang

4. alamendah - Agustus 27, 2009

waduh….
ternyata sampe segithu ya bahayanya.

terima kasih atas infonya (meskipun belum punya mobil sendiri)

@terima ksh atas kunjungannya alamendah 🙂
Best regard,
Bintang

5. nh18 - Agustus 28, 2009

Betul Bu …
Saya juga pernah membaca artikel seperti ini …

Terima kasih sudah diingatkan kembali ya Bu …

Salam saya

@Terima kasih kembali Om Trainer 🙂
Best regard,
Bintang

6. Listiana Lestari - Agustus 29, 2009

Oh…baru tau aku, ternyata aku suka pusing kalo pake mobil bagus tuh karena itu tho ? wah ndeso yo…aku ki…:) Trims banget lo infonya.

@Hahaha, itu bukan ndeso mbak, hanya mungkin daya tahan seseorang itu berbeda dgn org lain. Ada yang gampang pusing ada yang nggak. Terima ksh sudah berkunjung kemari mbak Lis 🙂

Best regard,
Bintang

7. heartcleaner - Agustus 30, 2009

Untuuuung ga begitu suka ama AC.. Alhamdulillah…. Mohon copy yah biar info nya bisa di sebar luaskan. Thanks

@Yah silahkan, semoga bermafa’at & terima ksih sudah berkunjung kemari Anita 🙂

Best regard,
Bintang

8. tutinonka - Agustus 30, 2009

Saya juga sering membuka kaca mobil sejenak pada saat mulai menjalankan mobil, tapi semula hanya untuk mengeluarkan panas udara di dalam (apalagi kalau habis parkir di tempat panas). Nah, dengan adanya informasi tentang bahaya benzene ini, saya akan semakin mengingat untuk selalu membuka kaca mobil. Terimakasih infonya Mbak Elinda.

Salam hangat,
Tuti

@Iyach, terima kasih kembali mbak 🙂 🙂 🙂

Best regard,
Bintang

9. dyah suminar - September 2, 2009

waaah..betul mbak,bunda suka lupa,karena kalau masuk mobil sudah kepikiran acara berikutnya.
Terimakasih sudah diingatkan…

@Terima ksh kemabli bunda, selamat beraktifitas 🙂
Best regard,
Bintang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: