jump to navigation

AKANKAH ADA HARI ESOK ??? November 3, 2008

Posted by elindasari in Renungan.
Tags: , , , ,
trackback


 

Jika kamu berpikir bahwa besok akan datang, 

maka ”BESOK” akan pergi begitu cepatnya, 

hingga kamu baru sadar bahwa 

waktu telah meninggalkanmu”.

 

Itulah penggalan kalimat yang saya baca pada pagi ini, 

yang membuat saya jadi buru-buru 

ingin segera mempostingkan cerita ini sesegera mungkin.

Nah, para pemabaca ingin menyimaknya, ayo jangan tunda sampai besok.

 

Di kota Metropolitan yang serba sibuk ini, hiduplah seorang anak,

kita beri saja namanya ”Richard”.  Ricahrad kecil hidup dalam keluarga 

yang luar biasa bahagia.  

Dia hidup dengan orang tua dan sanak keluarga.  

Dari segi finansial hidupnyapun serba berkecukupan.  

Amboi, poonya makyus deh, hehehe...

 

Tetapi sayang, Richard selalu mengangap itu sesuatu yang wajar saja. 

Dia terus bermain, mengganggu adik dan kakaknya, 

membuat masalah bagi orang lain adalah kesukaannya. 

Ketika dia menyadari kesalahannya dan mau minta maaf, 

dia selalu berkata, "Tidak apa-apa, besok kan bisa." 

 

Ketika agak besar, sekolah sangat menyenangkan baginya. 

Richard belajar, mendapat teman, dan sangat bahagia. 

Tetapi, dia anggap hal itu wajar-wajar saja.

Semua begitu saja dijalaninya sehingga dia anggap semua sudah sewajarnya. 

 

Suatu hari, Ricahrad berkelahi dengan teman baiknya. 

Walaupun dia tahu itu salah, 

tapi tidak pernah mengambil inisiatif untuk minta ma’af dan 

berbaikan dengan teman baiknya. 

Alasannya, "Tidak apa-apa, besok kan bisa."

 

Ketika Richard agak besar, teman baiknya tadi bukanlah temannya lagi. 

Walaupun dia masih sering melihat temannya itu, 

tapi mereka tidak pernah saling tegur. 

Tapi itu bukanlah masalah, karena dia masih punya 

banyak teman baik yang lain. 

Dia dan teman-temannya melakukan segala sesuatu bersama-sama, main, 

kerjakan PR, dan jalan-jalan. 

Ya, mereka semua teman-temannya yang paling baik.

 

Setelah lulus, lalu Richard bekerja membuatnya sibuk. 

Richard bertemu seorang cewek yang sangat cantik dan baik. 

Cewek ini kemudian menjadi pacarnya. 

Namun Richard begitu sibuk dengan kerjanya, 

karena dia ingin dipromosikan ke posisi paling tinggi 

dalam waktu yang sesingkat mungkin.

 

Tentu, Richard sebenarnya rindu untuk bertemu teman-temannya. 

Tapi Ricahrad tidak pernah lagi menghubungi mereka, bahkan lewat telepon. 

Richard selalu berkata, "Ah, aku capek, besok saja aku hubungin mereka."

 

Ini tidak terlalu mengganggunya,  karena dia punya teman-teman sekerja 

yang selalu mau diajak keluar. Jadi, waktu pun berlalu, Richard lupa sama sekali 

untuk menelepon teman-temannya.

 

Setelah Ricahard menikah dan punya anak, dia bekerja lebih keras dalam 

membahagiakan keluarganya. Bahkan Richard tidak pernah lagi membeli bunga 

untuk istrinya, atau pun mengingat hari ulang tahun istrinya 

dan juga hari pernikahan mereka. 

Itu tidak masalah baginya, karena istrinya selalu mengerti dia, 

dan tidak pernah menyalahkannya.

 

Tentu, kadang-kadang ichardpun merasa bersalah dan sangat ingin punya 

kesempatan untuk mengatakan pada istrinya "Aku cinta kamu", tapi dia 

tidak pernah melakukannya. 

 

Alasannya lagi-lagi, "Tidak apa-apa, saya pasti besok akan mengatakannya".  

Richard tidak pernah sempat datang ke pesta ulang tahun anak-anaknya, 

tapi dia tidak tahu ini akan berpengaruh pada anak-anaknya. Anak-anak mulai 

menjauhinya, dan tidak pernah benar-benar menghabiskan 

waktu mereka dengan ayahnya.

 

Suatu hari, kemalangan datang ketika istrinya tewas dalam kecelakaan, 

istrinya ditabrak lari. 

Ketika kejadian itu terjadi, dia sedang ada rapat. 

Richard tidak sadar bahwa itu 

kecelakaan yang fatal. 

 

Richard baru datang sa’at istrinya akan dijemput maut. 

Sebelum Richard sempat berkata,

 "Aku cinta kamu", istrinya telah meninggal dunia. 

Laki-laki itu remuk hatinya 

dan mencoba menghibur diri melalui anak-anaknya 

setelah kematian istrinya. 

 

Tapi, dia baru sadar bahwa anak anaknya tidak pernah mau 

berkomunikasi dengannya. 

Segera, anak-anaknya dewasa dan membangun keluarganya masing-masing. 

Tidak ada yang peduli dengan orang tua ini, yang di masa lalunya tidak 

pernah meluangkan waktunya untuk mereka. 

 

Saat mulai renta, Richard pindah ke rumah jompo yang terbaik, 

yang menyediakan pelayanan sangat baik. 

Dia menggunakan uang yang semula disimpannya untuk 

perayaan ulang tahun pernikahan ke 50, 60, dan 70. 

 

Semula uang itu akan dipakainya untuk pergi berlibur ke 

Hawaii, New Zealand,dan negara-negara lain bersama istrinya.  

Tapi kini dipakainya untuk membayar biaya tinggal di rumah Jompo tersebut. 

 

Sejak sa’at itu, hanya ada orang-orang tua dan suster yang merawatnya. 

Dia kini merasa sangat kesepian, perasaan yang tidak pernah 

dia rasakan sebelumnya.

 

Saat dia mau meninggal, dia memanggil seorang suster dan berkata kepadanya, 

"Ah, andai saja aku menyadari ini dari dulu...".   

Kemudian perlahan Richard tua menghembuskan napas terakhir, 

dia meninggal dunia dengan airmata di pipinya.
 
  Apa yang saya ingin coba katakan pada para pembaca sekalian dari sekilas cerita tsb ? Yach, waktu itu tidak pernah berhenti. Waktu akan terus maju dan maju, sebelum benar-benar anda menyadari, anda ternyata telah maju terlalu jauh.   Jadi saran saya: Jika anda pernah bertengkar, segera berbaikanlah !. Jika anda merasa ingin mendengar suara teman anda, jangan ragu-ragu untuk meneleponnya segera mungkin !.   Terakhir, tapi ini yang paling penting, Jika anda merasa anda ingin berkata padaseseorang bahwa,   Anda sayang dan cinta dia, jangan tunggu sampai terlambat. Jika anda terus pikir bahwa anda pada lain hari baru akan memberitahu dia, hari itu tidak pernah akan datang.   Jika anda selalu pikir bahwa besok akan datang, maka "besok" akan pergi begitu cepatnya hingga anda baru sadar bahwa waktu telah meninggalkan anda.   Semoga bermanfa’at dan memberi inspirasi.

Komentar»

1. cahayadihati - November 3, 2008

Hmm….Indahnya🙂
Bener banget mbak, waktuku adalah saat ini, hari ini🙂
Jangan pernah tunda, menunggu sampai nanti, besok atau lusa.
Waktuku adalah hari ini😀
Inspiring banget mbak…God bless you and your family

Best regards,
Cahaya

@Terima kasih kembali cahayadihati, senang dapat kunjungannya. Sering2 main kemari yach 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

2. mikekono - November 3, 2008

orang males dan ngga kreatif
memang suka menunda2 pekerjaan
akhirnya menumpuk
so, benar kl bs dikerjakan hr ini
jangan tunggu hingga esok
*bekerja terus seolah akan hidup selamanya
dan beramal tiada henti mana tau esok
akan dipanggilNYA

@Hehehe statement yang dibawa * buat saya jadi tambah semangat bang, terima ksh atas kunjungannya dan sering2 singgah kemari bang🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

3. David Pangaribuan - November 3, 2008

Hallo Mbakku yang perfect dan baik, Good posting Mbak, Artcile yang sangat menyentuh … dan sebagai bahan renungan,

Menurut saya sih setiap waktu yang kita lalui itu indah, dan waktu itu selalu maju dan tidak pernah dapat kita minta kembali. Yang paling penting juga bagi saya .. kita tidak pernah tau apakah kita masih ada di waktu esok hari. Hidup kita ibarat jam/waktu yang kapan berhentinya kita tidak mengetahuinya.

Hargai setiap waktu yang kita sedang jalani, lakukan segala sesuatu yang berguna selagi masih ada waktu …, jangan pernah menunda nya.

Salam

@Setuju banget David, mari kita isi tiap detik kita dgn hal yang bermanfa’at 🙂🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

4. ariefbenua - November 3, 2008

Hello mbak, salam kenal!
postingnya menarik lo….

@Hai salam kenal juga Arief. Terima kasih atas kunjungannya yach 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
bintang
https://elindasari.wordpress.com

5. Farijs van Java - November 4, 2008

ingat 3m. mulai dari diri sendiri. mulai dari hal yang terkecil. mulai dari saat ini juga. hwehe…

(^_^)v

@Hehehe bisa aza nich Farijs van Java nambahin, hehehe…
Gimana hasil petualangan di Jakartanya ?
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

6. michaelsiregar - November 5, 2008

wah…mumpung sebelum terlambat saya ucapkan sekarang aja yah….Aku sayang Padamu…….he..he..he….
Salam dari jauh.

@Hahaha, aku juga sayang padamu, hehehe 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

7. humorbendol - November 7, 2008

Dan 1 lagi..
Jika saya ingin nimbrung di blog ini, sekaranglah waktunya, jadi jangan tunda lagi…🙂

@Hehehe, terima ksh atas kunjungannya humorbendol. Sering2 maen kemari yach 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

8. kweklina - November 11, 2008

aku pernah baca cerita ini diemail…tapi benar2 kisah yang menyentuh…

kita selalu mempertanyakan hari-hari yang lalu
Kita selalu merencanakan hari-hari akan datang
Justru lupa melakukan sesuatu dihari ini
Apapun hari ini lebih penting dari kemarin dan besok

Thanks telah mengingatkan ku…

@Iya betul kweklina hari ini lebih penting dari kemarin & besok, terima kasih atas kunjungannya yach 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

9. Yoyok - November 12, 2008

Sangat menyentuh……😦
Saya salin postingan ini…
Thx bget for share….

@Silahkan disalin mas Yoyok. Senang bisa memberi inspirasi 🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

10. atmtukang - November 13, 2008

Harus sekarang ya kasih koment-nya?
gak bisa ditunda besok ya🙂

@Hehehe iya, sekarang yach 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

11. tutinonka - November 16, 2008

Saya pernah membaca cerita semacam ini, tapi tetap saja saya tersentuh ketika membaca postingan Mbak Elinda. Terutama masa balita anak-anak Mbak, itu tidak akan pernah bisa kita tebus jika kita melalaikannya. Masa balita anak adalah masa emas bagi pertumbuhannya, yang harus kita perhatikan dengan sepenuhnya.
Tentang ayah dan suami yang terlalu sibuk, sehingga akhirnya dilupakan dan kehilangan anak-anak dan istrinya, memang menyedihkan sekali ya …

@Iya, betul bu, sekarang tinggal gimana caranya kita bisa jadi ortu yang bijak dari segi qualitas ya bu, hehehe…Terima kasih atas kunjungannya mbak Tuti 🙂 🙂 🙂
Best regard
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

12. Yuniarti Sagita - November 25, 2009

perfect to beautywomen,,,,,that`s u,,,,,u,,,,,,u,,,,,

13. jasa catering - Januari 1, 2012

sangatttt indah.. sangat dalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: