jump to navigation

PERJALANAN NAPAK TILAS SEJARAH INDONESIA (Part 4) JEMBATAN KOTA INTAN Agustus 25, 2008

Posted by elindasari in Belajar.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

JEMBATAN KOTA INTAN

 

Wow, itulah kata pertama yang meluncur dari mulut anak saya yang berumur 9 thn, ketika melihat jembatan ini.  Saya sendiri cukup takjub melihat keunikannya.  Jembatan ini letaknya di dekat Hotel Batavia (dulunya Hotel Omni Batavia). 

 

Jembatan ini dibangun pada tahun 1628 dan dulunya diberi nama “Engelse Brug” atau “Jembatan Inggris”.

 

 

Pada tahun 1955 jembatan ini diperbaiki, dan kemudian diberi nama baru oleh VOC Belanda menjadi “Het Middelpunt Brug” atau “Jembatan Pusat”.  Namun oleh masyarakat setempat pada waktu itu lebih dikenal dengan sebutan “Jembatan Pasar Ayam”. (hahaha mungkin dulunya dijadikan tempat jualan ayam yach ???).

 

Nah, pada tahun 1938 jembatan ini diperbaiki lagi dan lagi-lagi namanya diganti menjadi “Jembatan Juliana” (hal ini mengingatkan kita nama Ratu Belanda pada sa’at itu).

 

Tapi, sejak Indonesia merdeka, jembatan ini diberi nama menjadi “Jembatan Kota Intan” sesuai dengan nama lokasi setempat, dimana di kawasan ini terdapat Kastil Batavia yang bernama “Diamond”.

 

Jembatan Kota Intan ini sering juga disebut sebagai “Jembatan Jungkit”.  Sebab pada tempo dulu jembatan itu dapat diangkat bila ada kapal yang hendak melintas. 

 

Dimasa dulu (jaman Batavia), kapal yang mengangkut rempah-rempah dari pedalaman ke Pasar Ikan atau sebaliknya ke gudang dan pasar sering melewati  kali di bawah Jembatan Kota Intan.  Maklum menurut info para guide sejarah yang membimbing kami ,dulunya kawasan hanyalah hamparan laut, tidak seperti sekarang yang sudah berupa daratan dan sudah sesak oleh manusia,dll (hehehe).

 

Jembatan tua peninggalan Belanda itu menghubungkan sisi Timur dan Barat kota Intan di jalan Kali Besar Barat, Jakarta Utara.

 

Namun, sekarang jembatan ini yang konstruksinya hampir semuanya terbuat dari kayu sudah tidak difungsikan lagi.  Sekarang jembatan Kota Intan menjadi salah satu Jembatan bersejarah lainnya yang menghias kota Jakarta. 

 

Semoga tetap terjaga keasliannya dan bisa kita wariskan kepada anak cucu kita kelak sebagai kekayaan cagar budaya bangsa Indonesia.

 

Sambil bersiul kecil saya dan rombongan meneruskan perjalan napak tilas sejarah selanjutnya.  Kami segera menuju tempat bersejarah lainnya yang tak kalah unik.

Para pembaca masih penasaran cerita-cerita saya, ikuti terus yach…

 

Semoga cerita diatas memberikan inspirasi & manfa’at.

Komentar»

1. bapakethufail - Agustus 25, 2008

hmmmm dapet komentar yang pertama…>>>>pertamaxxxxx
belajar sejarah lagi ah…. biar tambah cinta dengan negeri INDONESIA.

2. yulism - Agustus 26, 2008

Maaf mbak Elinda, waktu namanya diganti pada tahun 1983, kenapa pake nama Ratu Juliana ya padalah dia kan dari negara penjajah dan Negaara kita kan sudah merdeka di tahun ini? kok saya jadi bingung ya? thanks

@ Hehehe, ma’af mbak Yulism saya ketik, semestinya yang benar tahun 1938, bukan tahun 1983, terima kasih atas koreksinya, sekarang artikelnya sudah saya betulkan. Terima kasih atas kunjungannya ya mbak Yulism, pesan saya kalau main ke Jakarta jangan lupa berwisata ke tempat-tempat bersejarah, dijamin akan punya pengalaman unik dan seru deh hehehe…

Best Regard,
bintang
https://elindasari.wordpress.com

3. Rahmat Ali - Juli 24, 2009

Bintang, kupuji usahamu menulis hal2 yg bagus dlm sejarah, hal yg kecil2 begitu unik ya. Teruslah gali yg aneh2 ttg Batavia, ya. Trim, RA.

@Kebetulan saya dan teman2 sempat berkunjung ketempat2 tsb. Dan ternayata banyak sekali pengalaman berharga yang didapat. Semoga kecintaan terhadap sejarah bisa menular kepada semua orang terutama generasi muda 🙂 Terima kasih sudah singgah disini Rahmat

Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

4. iwan - Juni 29, 2010

bagus kalau ada tambahan literatur poto jadulnya

5. aj - Desember 13, 2010

di kasih nama jembatan pasar ayam soalnya dulu deket situ ada banyak org yg jual pasar ayam

6. Mayor Sipayung - Agustus 29, 2011

thanks banget infonya,soalnya ada rencana mau kesana.🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: