jump to navigation

CARA & CIRI BERPIKIR POSITIF Juli 2, 2008

Posted by elindasari in Tips.
Tags: , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Semua orang yang berusaha untuk meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya, pasti tahu bahwa hidup akan lebih mudah dijalani bila kita selalu berpikir positif. Tapi, bagaimana melatih diri kita supaya pikiran positiflah yang ‘beredar’ di kepala kita, tak banyak orang yang tahu.

 

Oleh karena itu, sebaiknya kita kenali saja dulu cara & ciri-ciri orang yang berpikir positif.  Kalau kita sudah tahu, maka kita mulai mencoba meniru jalan pikiran tersebut.

 

Yuk kita bahas bersama :

1. Melihat masalah sebagai tantangan

Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia.  Sedih bukan ???
2. Menikmati hidupnya
 
 

 

Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.
3. Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
 
 

 

Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik.

4. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak
 
 
 

 

Memelihara pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan masalah.
5. Mensyukuri apa yang dimilikinya
 
 

 

Dan bukannya berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya.
6. Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu
 
 

 

Sudah pasti, gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak ada juntrungnya adalah perilaku yang dijauhi si pemikir positif.
7. Tidak bikin alasan, tapi langsung bikin tindakan
 
 

 

Pernah dengar pelesetan NATO (No Action, Talk Only), kan?

Nah, mereka ini jelas bukan penganutnya. NARO (No Action Review Only), NADO (No Action Dream Only), NATO (No Action Talk Only), NACO (No Action Concept Only), NABO (No Action Briefing Only), NAMO (No Action Meeting Olny), NASO (No Action Strategy Only)
8. Menggunakan bahasa positif
 
 

 

Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti ‘”Masalah itu pasti akan terselesaikan”, dan “Dia memang berbakat”.
9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif
 
 

 

Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan “hidup”.
10. Peduli pada citra diri
 
 

 

Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam.

 

Nah, gimana tidak terlalu sulit bukan, yok kita coba !

 

Semoga bermanfa’at & memberi inspirasi !

Komentar»

1. Farijs van Java - Juli 3, 2008

wah, bagus. bener juga, tuh. tapi praktiknya itu yang seringkali susah. hoho.

(^_^)v

nomor 5, sepakat banget!

semangat!

(^_^)v

@Hehehe…Farijs van Java…terima kasih atas kunjungan & komentar2nya yach. Sering2 singgah disini yach. Salam kenak & sukses buatmu ! 🙂 🙂 🙂

Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

2. cryingdevil - Juli 3, 2008

hmm….. no.7 yang paling susah deh,,

budaya bangsa indonesia banget tuh !… budaya yang harus dibasmi.. hehehee..

http://www.unex2.wordpress.com.

@Hahaha, bisa aza… Terima kasih atas kunjungannya Hengki🙂 🙂 🙂
Best Regard,
bintang
https://elindasari.wordpress.com

3. 10 Kan S » CARA & CIRI BERPIKIR POSITIF - Juli 4, 2008

[…] CARA & CIRI BERPIKIR POSITIF Pernah dengar pelesetan NATO (No Action, Talk Only), kan? … 10. Peduli pada citra diri       Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. […]

4. SlempitanJempolNaga - Juli 5, 2008

avatar n headernya keren… pake ilustratorkah??
huhuhu… kepengin banget bikin!!!
btw, postingannya malah belum kebaca… salam slempitan!!!

@Salam kenal Mas danang, hem, masih taraf belajar mas, terima kasih sudah mampir kesini yach🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

5. Rezki Handoyo - Juli 6, 2008

Memang kelihatanya sederhana…tapi tetap harus diperlukan disiplin untuk mengerjakannya

@ya, setuju banget Rezki, disiplin adalah salah satu kuncinya. Eit ngomong2, apa kabar, kok sudah agak lama tidak kelihatan beredar di antara para blogger dan pengunjung ?. Apakah lagi sibuk banget ?
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

6. fatamedia - September 11, 2008

Tulisan bagus. Berpikir positif berhubungan erat dengan positifnya citra diri kita. Citra diri yang positif menghasilkan konsep diri yang positif. Konsep diri positif adalah modal dasar untuk meraih kesuksesan.
Kurang percaya diri merupakan dampak dari buruknya konsep diri. Jika konsep diri seseorang positif, percaya diri akan terbentuk dengan otomatis.
Ada buku yang bagus tentang mengatur konsep diri kita agar selalu positif -dus, hasilnya kita jadi pede juga. Silakan lihat, review Change to be Super di sini

@Terima kasih atas kunjungan dan info baliknya mas, sering-sering main kemari yach. Salam kenal🙂 🙂 🙂
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

7. heartcleaner - Agustus 22, 2009

Memang kelihatannya sederhana, tapi menjalankannya tidaklah sesederhana dalam ucapan, yang penting harus tau strateginya. Yang masih saya rasakan prosesnya adalah No 4 & 6, kadang saya masih terpancing oleh lingkungan saya yg tidak mungkin saya hindari, suatu saat saya pasti menemukan strateginya dlm menghadapi lingkungan saya🙂
Langkah awal yg paling baik adalah cari dulu lingkungan yg kondusif, jangan biarkan mulut kita berkata “duh susah bener ya ternyata”, tapi gantilah dengan ucapan yg lebih positif, seperti “orang lain bisa, saya juga pasti bisa dong”. Agar sll termotivasi, katakan setiap pagi, pd saat kita bangun tidur (usahakan sebelum turun dari t4 tidur) “Doa bangun tidur dulu seperti biasa, trus katakan, “Ya Allah Ya Nuur Ya Rahiim.. saya berniat memperbaiki diri karena ENGKAU. Mohon ridha, ijin serta karunia-MU, berilah petunjuk-MU dan bimbingan-MU..serta lindungilah diriku, keluargaku dan teman2ku..Amin Ya Mujiib”. Terakhir jangan lupa sapa dunia dengan senyuman “Selamat pagi dunia, hari ini saya siap berjuang dan berkarya”
Bagi yang pernah ikut training ESQ, pasti masih ingat 7 Kalimat Ampuh (istilah saya “7 MT / 7 Mantra Tuhan”, krn saking ampuhnya maka nya saya sebut mantra hehehe). 7 kalimat inilah yg saya latih dalam setiap situasi&kondisi, awalnya kdg lupa kdg ingat… namanya juga proses yah.. Tapi bener2 ampuh lho..untuk membasmi virus2 penyakit hati, sekaligus dgn otomatis menghasilkan ciri2 pribadi positif. Hal yg paling menggembirakan buat saya, saya berhasil mengontrol acara2 TV, dan berhenti nonton film di bioskop yg menjadi hobi saya bgt.
Semoga bermanfaat.

@Terima ksh atas kunjungan dan sharingnya Anita. Senang bisa berbagi cerita 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: