jump to navigation

MENGENAL TIONGKOK SEKILAS (Bagian 9) Januari 29, 2008

Posted by elindasari in Belajar.
trackback

TULISAN SINGKAT MENGENAI SEJARAH DAN BUDAYA TIONGKOK

Politik :

Pemimpin dinasti Xia disebut Wang atau Hou (Raja). Kekuasaan diwariskan kepada anak atau sanak saudara. Dari catatan-catatan historis dan legenda yang diceritakan turun temurun terlihat bahwa sistem pemerintahan dinasti Xia cukup luas dan rumit.

<

>
Dibawah raja dinasti Xia ada pejabat yangmengurusi pemerintahan dan disebut San Zheng Selain itu masih ada 4 pejabat lain yang membantu raja mengurus kerajaan , DaLi adalah pejabat yang mengurus perkara atau perselisihan , XiHe adalah pejabat yang mengurus sistem kalender , pejabat yang mengurus musik disebut Gu, mengurus sistem pendidikan bagi keluarga kerajaan, keluarga bangsawan dan keluarga pejabat disebut GuanShi, mengurus kereta kerajaan disebut CheZheng, pejabat pengurus peternakan dan pertanian disebut Muzheng; dan masih banyak pejabat lainnya.

Para adipati atau raja muda kebanyakan adalah dari suku-suku yang bergabung dengan dinasti Xia dan memiliki kewenangan mengurus wilayahnya masing-masing yang dibawah kepengurusan dinasti Xia. Pepatah kuno mengatakan bahwa Raja Xia memiliki dunia, para raja muda memiliki negara, para pejabat memiliki keluarga.

Perekonomian :

Hasil penggalian arkeologi ditemukan pisau batu , alat memecah hasil bumi dari batu dan lain-lainya. Pembuatan irigasi di antara 2 kebun , minuman dari arak juga merupakanhal yang sudah ditemui pada masa itu. Diperkirakan pada masa dinasti Xia juga sudah menemukan pembuatan atau pengolahan logam.

Penemuan mata uang menurut legenda ditemukan pada masa dinasti Xia , hal ini diragukan kebenarannya. Kemungkinan alat pembayaran masa itu adalah kerang.

Teknologi :

Xia XiaoZheng  adalah kitab yang dibuat pada masa dinasti Xia , isinya mencatat sistem kalender yang menyangkut perubahan cuaca, pergerakan bintang-bintang di langit, perubahan dan perkembangan tumbuh2an (misalnya rumput yang tumbuh , berkembang , layu). Kalender ini digunakan untuk bercocok tanam, membuka peternakan , merawat kuda , memanen sutra , menangkap ikan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan peternakan dan pertanian lainnya.

Dari legenda Yu membangun kanal , danau buatan untuk melawan banjir, diperkirakan pada masa itu sudah dibuat peta sederhana yang diperlukan untuk kegiatan pembangunan kanal , danau buatan. Menurut legenda , Yu melebur logam kuningan dan membuat 9 Ding  (semacam bejana) yang isinya adalah peta-peta yang menggambarkan danau, gunung , binatang-binatang , tumbuhan.

 (Lanjut ke bagian 10…)

     

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: