jump to navigation

MENGENAL TIONGKOK SEKILAS (Bagian 8) Januari 28, 2008

Posted by elindasari in Belajar.
trackback

TULISAN SINGKAT MENGENAI SEJARAH DAN BUDAYA TIONGKOK

DINASTI XIA (2205-1766 BC)

Sistem pemerintahan pada masa kaisar-kaisar purba adalah Chan Rang Sistem ini tidak mengenal pewarisan tahta kepada keturunannya tapi diwariskan kepada mereka yang yang dianggap mampu menjalankan pemerintahan.

Kaisar Yao menyerahkan kepada kaisar Shun dan kemudian kaisar Shun menyerahkan kepada kaisar Yu. An Yi (sekarang Provinsi ShanXi, karesidenan AnYi) adalah nama Ibukota dinasti Xia. Menurut catatan ShiJi , ayah Yu adalah Gun ayah Gun adalah ZhuanXu, ayah ZhuanXu adalah ChangYi, ayah ChangYi adalah HuangDi.

Jadi Yu bisa dikatakan adalah keturunan dari HuangDi. ChangYi dan Gun tidak pernah menjabat menjadi raja , hanya rakyat biasa saja. Tatkala Kaisar Yu sudah tua ia bermaksud menyerahkan kepemimpinannya pada Bo Yi.

Namun putera Yu yang bernama Qi, berhasil membunuh Bo Yi dan merampas kekuasaan, merusak sistem ChanRang, semenjak itu mulailah sistim pemerintahan secara turun temurun yang bertahan selama lebih dari 4000 tahun (hingga tahun 1911). Dinasti yang didirikan Qi dinamakan Xia (2205-1766 SM).

Sima Qian seorang ahli sejarah belakangan mencatat bahwa Dinasti Xia memiliki tujuh belas orang raja. Meskipun pada akhirnya sistim pemerintahan berdasarkan pelimpahan kekuasaan secara demokratis digantikan oleh sistim pemerintahan otokrat, tetap saja hal ini menunjukkan kemajuan dalam kehidupan sosial Bangsa Tionghoa.

Sistem Chan diperkirakan caranya adala pemilihan pemimpin itu dirundingkan dengan para tetua suku dan memilih siapa yang kira-kira berwenang menjabat sebagai pemimpin. Selama pemerintahannya yang berlangsung kurang lebih sekitar 400 tahun tersebut, terjadilah kemelut terus menerus yang berupa agresi dari luar serta konflik intenal.

Agresi dari suku-suku seperti San Miao dan Jiu Liu sudah berlangsung sejak masa pemerintahanShao Hao, Zuan Xu , Yao dan Shun. Ketika pada masa kepemimpinan Yu baru bisa dihentikan dan ditaklukan. Selain menaklukkan banjir dan membangun irigasi yang membuatnya juga dihormati jasa menaklukan suku Miao dan Li membuatnya dijuluki Great Yu atau Da Yu.

Yu meninggal , Qi anak Yu naik tahta. Ketika Qi meninggal , anaknya yaitu Tai Kang menjadi raja. Sayangnya Tai Kang tidak bisa mengurus kerajaan sehingga oleh HouYi diturunkan dari tahta.

ZhongKang ,adik TaiKang diangkat menjadi pengganti TaiKang tapi hanya boneka HouYi. Ketika ZhongKang meninggal , anaknya bernama Xiang menjadi raja. Bawahan Xiang yaitu HanZhuo membunuh HouYi dan membunuh Xiang. HanZhuo kemudian mengangkat diri menjadi raja. Min, istri Xiang yang sedang hamil sempat melarikan diri ke You Reng (sekarang Prop. ShanDong, distrik Ji Ling) dan melahirkan anaknya ShaoKang disana.

ShaoKang kemudian berhasil mengalahkan Han Zhuo. Anak ShaoKang yaitu Zhu memperlebar kekuasaan dinasti Xia dan berhasil menaklukan suku Yi di Timur.

Raja terakhir Dinasti Xia, yakni Jie adalah seorang penguasa yang lalim. Pada saat negaranya dilanda kekacauan ia malah bersenang-senang dengan cara memerintahkan pembangunan istana yang besar bagi kepentingannya sendiri. Tang, seorang penguasa Shang, sebuah Negara kecil, berhasil menumbangkan Dinasti Xia, dan mendirikan dinasti baru, yakni Shang.

HouYi adalah suami dari ChangE yang dalam kisah kuno disebutkan terbang ke bulan dan HouYi adalah pahlawan yang memanah 9 matahari.

(Lanjut ke bagian 9…)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: