jump to navigation

MENGENAL TIONGKOK SEKILAS (Bagian 7) Januari 24, 2008

Posted by elindasari in Belajar.
trackback

TULISAN SINGKAT MENGENAI SEJARAH DAN BUDAYA TIONGKOK

Sistem ekonomi:
Penggalian arkeologis sudah menemukan bahwa 10.000 tahun yang lampau telah ada hasil pertanian di daratan Tiongkok. Dan diperkirakan kira-kira 4500 tahun yang lampau, kaisar mitos Yan atau Shen Nong sudah membuat sistem pertanian yang terpadu dan terorganisisir secara baik .

Tidak asal menanam saja. Dengan ditemukannya sistem bajak membuat hasil pertanian lebih baik lagi. Leluhur pendiri dinasti Zhou yaitu Hou Ji adalah pejabat pertanian pada masa kaisar Yao dan Shun. Kehidupan masyarakat: Tumbuhan ge (Pueraria thunbergariana) merupakan bahan yang digunakan untuk membuat kain dan sutra juga dipercaya sudah digunakan sebagai bahan pakaian.

Astronomi:
Pengetahuan astronomi bisa dikatakan tumbuh bersamaan dengan lahirnya kebudayaan bangsa Tiongkok. Hal ini kemudian berkembang menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang akan melandasi budaya Tiongkok kelak. Faktor-faktor penyebab lahirnya astronomi lebih disebabkan karena faktor pertanian sebagai soko guru dalam perkembangan ekonomi masyarakat purba.

Untuk itu diperlukan sistem perhitungan yang berdasarkan pergerakan bintang dilangit dan perubahan alam disekitarnya. Karena itulah diperlukan suatu sistem untuk menghitung pergerakan cuaca dan musim agar hasil pertanian bisa lebih baik lagi.

Sistem penghitungan Tian Gan atau cabang langit dipercaya sudah dibuat pada masa Huang Di. Dalam catatan Shi Ji, ditulis bahwa Huang Di menggunakan Ci untuk menghitung hari.

Yang dimaksud Ci ini adalah semacam batang bambu. Cara menghitungnya adalah dengan mengeser batang bambu itu setiap hari hingga 10 kali. Setiap pergeseran itu menggunakan istilah Jia Yi Bing Ding Wu Ji Geng Xin Ren Gui. Cara ini kemudian digabungkan dengan Di Zi atau ranting bumi dan menjadi dasar perhitungan kalender bangsa Tionghoa nantinya. Selain disebut Tiangan dan Di zhi, jaman dahulu disebut juga gan,10 bunda, shimu dan zi, 12 anak, shier zi.

Faktor pengamatan terhadap matahari dan bulan juga membuat lahirnya sistem kalender Lunisolar bangsa Tionghoa. Pengamatan terhadap pergerakan bulan melahirkan perhitungan bahwa dari 2 periode bulan penuh adalah 59 hari dan 12 kali proses perubahan itu memakan waktu 354 hari. Faktor pengamatan matahari juga membuat timbulnya pemahaman arah bahwa Timur adalah tempat matahari terbit dan barat adalah matahari terbenam.

Pengobatan:
Dalam catatan Di Wang Shi Ji dituliskan bahwa Fu Xi mengobati orang dengan tusuk jarum. Disini bisa kita ketahui bahwa pengobatan dengan tusuk jarum sudah dikenal sejak jaman dahulu kala dan berkembang menjadi pengobatan akupuntur (tusuk jarum) seperti yang dikenal di masa kini. (catatan: pengobatan yang dilakukan Fu Xi sebenarnya menggunakan batu tajam atau tulang, bukan menusuk dengan jarum)

(Lanjut ke bagian 8…)

Komentar»

1. b oe d - Januari 25, 2008

weh, mbak Bintang ini ahli sejarah Cina daratan atau hobi aja ya?

Di lab saya banyak temen dari PRC, sehari-harinya jadi terbiasa denger bahasa Mandarin dll tapi tetep gak dong😦

@ Sekedar iseng Mas Budi ! Itung2 buat nambah wawasan hehehe !
Sering2 singgah disini mas & thanks atas kunjungannya !

Best Regard,
Bintang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: