jump to navigation

MENGENAL TIONGKOK SEKILAS Januari 18, 2008

Posted by elindasari in Belajar.
trackback

(Bagian 1)

MENGENAL TIONGKOK SEKILAS 

TULISAN SINGKAT MENGENAI SEJARAH DAN BUDAYA TIONGKOK

”Tak kenal maka tak sayang”, begitulah kira-kira pepatah yang sering kita dengar.  Nah, untuk menngetahui sekilas mengenai Sejarah & Budaya Tiongkok, tak ada salahnya jika kita membaca tulisan ini.  Sengaja tulisan ini tidak saya edit agar alur ceritanya tetap natural.  Anda tertarik untuk menyimaknya ???

 Tulisan singkat ini ditulis, oleh team moderator budaya tionghoa generasi awal ( King Hian, Rinto Jiang, Ardian.C plus 1 mantan modie yg gak mau ditulis namanya , diedit oleh Muly ).
Kata Pengantar
 Budaya Tionghoa merupakan salah satu kebudayaan tertua di dunia, yang ditandai dengan peninggalan- peninggalan sejarah yang menjadi bukti-bukti yang melengkapi catatan sejarah Tiongkok. Salah satu peninggalan yang paling berharga adalah Jia Gu Wen, yang merupakan pahatan tulisan-tulisan kuno Tiongkok pada tulang binatang atau punggung kura-kura. Ini merupakan catatan dari abad ke-14 SM dari Dinasti Shang yang merupakan cikal bakal dari karakter bahasa Mandarin yang kita kenal sekarang. Catatan resmi sejarah Tiongkok merupakan salah satu catatan sejarah terlengkap di dunia dan yang menjadi acuan bagi sejarahwan adalah 25 Buku Sejarah (Erl Shi Wu She).  Semenjak bergulirnya era Reformasi di Indonesia dan dimulainya era keterbukaan, maka budaya Tionghoa marak kembali dan mulai mengalirlah buku-buku yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Tionghoa.
Perjalanan sejarah bangsa Tiongkok telah mencapai 5 milenium. Masa itu bukan masa yang pendek terutama jika kita hendak menuliskan perjalanan sejarah suatu bangsa yang telah mengarungi masa 5 millenium ini. Buku ini menyajikan secara singkat sejarah, filsafat dan kebudayaan Tionghoa. Tentunya kami juga menyadari masih banyak kekurangan dan buku ini masih jauh dari sempurna untuk merangkum sejarah mengenai budaya Tionghoa yang telah berumur lebih dari 5000 tahun ini.

Perjalanan bangsa Tiongkok memiliki keterkaitan dengan kerajaan-kerajaan di nusantara ini. Yi Xing, Fa Xian, Zheng He adalah orang-orang terkenal yang pernah mendatangi Nusantara ini dan menjalin hubungan yang baik pula sesuai asas kesamaan dan kemanusiaan yang berdasarkan falsafah bangsa-bangsa di Nusantara ini yang kemudian lahir menjadi Pancasila serta menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Mengingatkan kita akan wisdom words dari Confucius bahwa di 4 penjuru semua manusia bersaudara. Hal inilah yg mendorong kami membuat buku ini dengan tujuan memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat Indonesia.
 PENDAHULUAN

Kata Tionghoa (dialek Hokkien), dalam Bahasa Mandarin ejaan Pinyin dibaca “zhonghua”, diperkenalkan secara luas oleh Dr. Sun Yat-sen, yang merupakan Bapak Revolusi Tiongkok dengan mendirikan Republik China (Zhonghua Minguo atau Tionghoa Binkok) pada tahun 1911, menggantikan Dinasti Qing. Mao Zedong juga meneruskan penggunaan kata Zhonghua untuk negara Republik Rakyat China (Zhonghua Renmin Gongheguo atau Tionghua Jinbin Kionghokok) yang diproklamasikan pada tahun 1949. Pokok bahasan dari buku MENGENAL TIONGKOK SEKILAS ini adalah sejarah singkat perjalanan negeri Tiongkok, dimulai dari masa Kaisar Purba dalam khazanah Tiongkok Purba hingga ke masa dinasti terakhir (Qing), sebelum berdirinya negara Republik Rakyat China (PRC). Selain itu dibahas juga sekilas mengenai Dao dan konsep Confucius sebagai landasan filsafat serta perkembangannya.
Buku ini ditulis untuk menambah wawasan bagi pembaca serta untuk melengkapi buku-buku mengenai sejarah dan budaya Tionghoa yang telah lebih dulu beredar di Indonesia. Pengetahuan yang jelas dan benar mengenai sejarah dan filsafat Tionghoa ini akan melengkapi pemahaman pembaca terhadap budaya Tionghoa, selain itu, juga akan membantu pembaca dalam memahami kebijaksanaan masa lampau China yang terkandung dalam karya seni/sastra China klasik yang dapat menjadi inspirasi untuk menghadapi tantangan dunia bisnis masa kini.

Kami menyadari bahwa sejarah Tiongkok amat luas dan panjang terutama membahas budaya dan segala macam yang berkaitan dengan Tiongkok. Buku yang kami karang tentunya tidak bisa dikatakan menceritakan secara lengkap dan gamblang. Mungkin perlu kita sadari bahwa buku yang membahas hampir lengkap adalah Si Ku Quan Shu yang teramat banyak. Bahkan amat banyaknya sehingga dapat dikatakan kalau orang sejak lahir dan setiap hari membaca 3000 kata-kata Wen Yan Wen selama 10 jam sehari walau sampai umur 80 tahunpun belum selesai membacanya. Berjumlah 2.229.000 halaman dan 800 juta kata. Terbagi 4 bagian yaitu se , jing , zhi dan ji , 4 warna , hijau , merah , biru dan abu yang melambangkan 4 musim. 3,5 kali lipat banyaknya dibandingkan Yong Le Da Dian. Dan dibuat sejak th.1772 selama 15 tahun dan disalin atau ditulis.  Dengan mengingat factor di atas, kami mengharapkan agar para pembaca juga menyadari bahwa buku yang kami tuliskan tidak bisa dikatakan sebagai buku yang lengkap dan baik. Kami hanya berusaha menyajikan secara singkat dan berusaha seakurat mungkin.

Pada buku ini tim penulis menggunakan ejaan Pinyin untuk penulisan-penulisan istilah serta nama. Bahasa Mandarin ejaan Pinyin dipilih karena merupakan istilah yang umum untuk jaman sekarang ini. Walau untuk beberapa sebutan, akan tetap menggunakan istilah Wade Giles dan dialek Hokkian.

(Lanjut ke bagian 2…)

 

Komentar»

1. Joshua - Maret 11, 2008

hello, boleh nga aku belajar budaya tionghoa. kalau bisa tolong kirimkan dong ke email aku

@ Hello juga Joshua !

Tentu boleh…kalau ada artikel yang dianggap dapat membantu, silahkan di copy dari blog ini.
Untuk artikel yang lain segera saya terbitkan. Thanks, atas kunjungannya.

Best Regard,
Bintang

2. masjalina - Februari 15, 2009

haii,
aq asli orang indonesia n sejak kecil sudah kagum sm kebesaran bangsa cina, suka sekali nonton film2 cina.
dulu sewaktu tinggal di jakarta pernah ikut kursus bahasa mandarin di UI, tapi sayang level satu belum tamat aq udah keburu pindah kerja ke kota lain.
dan sayangnya lagi di tempat baruku ini tdk ada kursus bahasa mandarin.
kalo ga keberatan, sampean bisa kasih tau referensi buku2 yang bagus buat belajar bahasa mandarin dan penulisan pinyin yg mudah ga?
aq pengen blajar otodidak aja.
satu lg, mgkin punya software belajar bhs mandarin jg??
makasih ya..^^

@Hem, gimana nich teman-teman yang lain ada yang bisa bantu masjalina nggak ?. Terima kasih atas kunjungannya masjalina. Segera saya info bila saya dapat info tentang hal ini yach 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

3. Queen D - Desember 3, 2009

Boleh minta bantuannya tentang wayang Potehie…
saya mau menulis skripsi tentang itu…
thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: