jump to navigation

WANITA …Oh… WANITA Desember 10, 2007

Posted by elindasari in Renungan.
trackback

Ada sebuah cerita yaitu :
Seorang wanita yang bernama “Putri Qara” adalah istri saudagar kaya Amenhotep, berasal dari keluarga sederhana, tapi pintar, bijaksana dan berbudi pekerti yang baik.

Karena latar belakangnya berasal dari keluarga yang lebih miskin dibanding dengan suaminya, ia sering diperlakukan dengan tidak selayaknya, yaitu ketika sampai suatu hari ia dan suaminya pergi ke desa nelayan dan melihat ada seorang nelayan yang miskin dan istrinya.

Nelayan tersebut sangat miskin dan bahkan untuk membeli jala yang baru untuk mengganti jalanya yang robek pun ia tidak mampu. Istri nelayan tersebut adalah orang yang pemboros, malas dan suka berjudi, seluruh penghasilan suaminya digunakannya untuk berfoya-foya. Aduh…kasihan banget deh…

Melihat kenyataan seperti itu, Putri Qara berkata kepada suaminya, bahwa seharusnya istri nelayan tersebut membantu memperbaiki jala suaminya. Amenhotep, menentang pendapat istrinya, mereka berdebat, sehingga Amenhotep marah dan kemudian memanggil nelayan miskin tersebut.

Amenhotep menukarkan (seperti barang) Putri Qara dengan istri nelayan tersebut. Putri Qara sedih karena terhina (sangat terhina), suaminya memperlakukan seolah-olah dia adalah barang yang bisa dipertukarkan semaunya.

Sang nelayan tertegun dan tidak berani membantah, karena Amenhotep terkenal kejam dan sadis karena kekayaan dan kekuasaanya.

Alhasil….Putri Qara yang baik, tidak tinggal diam dalam kesedihan, malah dia berbuat diluar dugaan, Putri Qara rajin membantu suaminya yang baru dalam bekerja. Karena kepandaian, keuletan, kegigihan dan kebijaksanaan Putri Qara, lambat laun sang nelayan menjadi berubah menjadi orang yang sukses / kaya.

Sampai suatu ketika ada seorang tua dengan baju compang-camping dan tidak terurus datang ke rumah Putri Qara, pelayan dirumah tersebut mengenalinya sebagai Amenhotep. Amenhotep kemudian melepas terompahnya dan meletakkan di meja kecil di sudut rumah Putri Qara.

Oleh pelayan, terompah tersebut diberikan pada Putri Qara dan menceritakan kondisi pemiliknya, sang Putri mengenali terompah tersebut dan memerintahkan pelayannya untuk memberikan pada Amenhotep baju baru, terompah baru dan 3 keping uang emas ditambah pesan : aku tidak diwarisi kekayaan tetapi budi pekerti, kebijaksanaa dan kemauan untuk bekerja.

Amenhotep menerima pemberian itu dengan penyesalan akan tindakannya di masa lalu, karena egonya dia menukar istrinya yang baik dan bijaksana dengan seorang wanita yang hanya bisa menghamburkan harta suaminya. Sungguh malang…

Cerita tersebut sebenarnya sederhana dan hanya perumpaaan semata, tapi menyentuh dan dapat dijadikan bahan kajian, karena ternyata begitu besar pengaruh seorang istri untuk suaminya.

Oleh karena itu….
Hendaknya “wanita “mendampingi dan mendukung pria dengan bijaksana, dan “Pria” perlakukanlah wanita dengan penuh kasih,
karena sesungguhnya pada setiap Pria yang “Sukses” pasti terdapat seorang “Wanita” yang mendukungnya dengan BIJAKSANA

Semoga bisa diambil sari-patinya !!!

Iklan

Komentar»

1. dynah86 - Desember 13, 2007

yap.. bener bgt neh bu.. ^^ cew emang harus dukung suaminya.. duh kapan yah aku punya pacar?? hehehe…

2. dimasu - Desember 13, 2007

yup… ayo dukung gerakan istri siaga 😀

3. Resi Bismo - Desember 13, 2007

iya donk, jadi mirip kisahnya khadijah R.A. yang menyokong Rasul SAW mati2an, apa lagi waktu rasul nerima wahyu, dia bener2 setia mendampingi disisinya kala itu.

4. elindasari - Desember 14, 2007

For Dynah, Dimasu & Bismo…
Thank atas komentar2nya…

Best Regard,
Bintang

5. jedliem - Desember 27, 2007

Dibalik kesuksesan seorang Pria, terdapat istri yang bijaksana. Tapi kalo oranganya jomblo gimana ya?

6. andi - Desember 31, 2007

Selingkuhnya para lelaki juga efek dari Wanita 🙂

7. ijo - Januari 3, 2008

ceritanya susah dimengerti, alurnya ruwet.
he3


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: