jump to navigation

Hobi suami yang bisa menguras “Uang” November 21, 2007

Posted by elindasari in Artikel.
trackback

Seperti kita suadah ketahui, apalagi bila kita sudah berkeluarga, maka umumnya ada 4 pos pengeluaran yang seringkali harus diwaspadai, bila kita tidak ingin jumlahnya menjadi bengkak.

Ke-4 pos tersebut adalah:
1. Telepon, Listrik, Air
2. Hadiah & Sumbangan
3. Busana & Aksesoris
4. Barang Elektronik

Dari perkembangan yang terjadi selama ini, maka saya memutuskan n untuk mengubah pos nomor 4, yaitu Barang Elektronik, menjadi Hobi.

Karena tak bisa dipungkiri, hobi kadang-kadang bisa membuat pos pengeluaran dalam keluarga menjadi bengkak, bahkan seringkali menyedot penghasilan keluarga.

Pos ini, sering diidentikkan dengan hobi suami. Seperti halnya, pos busana & aksesoris sering diidentikkan dengan kebutuhan istri.

Dalam hal busana & aksesoris, suami seringkali menyalahkan pihak istri sebagai orang yang selalu menghambur-hamburkan uang untuk membeli kebutuhan tersebut.

Tetapi, bagi para istri, mungkin harus tahu juga bahwa suami pun memiliki pengeluaran yang besar untuk hobi.

Lho, memangnya semua hobi mahal? Mungkin hal itu yang terlintas dalam pikiran anda ???.

Memang sih jawabnya : Tergantung sih….. Cuma, kali ini saya hanya memberitahu, bahwa ada 3 hobi suami yang harus diwaspadai, bila anda tidak ingin pengeluaran keluarga menjadi bengkak dan menguras kocek, apa lagi samapai menguras uang belanja yang lebih prioritas….

Memang Pos untuk Apa saja, sih? . Ok saya coba bahas :

1.Rokok
Tidak bisa disangkal lagi, banyak pria di Indonesia yang menghabiskan uangnya hanya untuk membeli rokok. Parahnya lagi, kalau Anda mau menghitungnya, pengeluaran untuk rokok ini cukup tinggi. Coba saja bayangkan, anggap saja satu bungkus rokok filter isi 12 batang seharga Rp 7500. Sekarang, berapa bungkus rokok itu habis oleh suami Anda? Sehari atau dua hari? Kalau sebungkus itu habis dalam waktu sehari, berarti pengeluaran keluarga Anda hanya untuk membeli rokok sekitar Rp 225 ribu sebulan. Itu baru rokoknya, belum lagi uang yang mungkin harus Anda bayarkan karena besar kemungkinan suami Anda bisa terkena penyakit paru-paru kronis ketika ia tua nanti. Wah, bisa keluar uang lebih banyak tuh. So…anjurkan suami anda utk segera menghentikan kebiasaannya ini…bukankah bisa diganti dengan hal lain yang lebih positif… misalnya : Kalau mau merokok anjurkan untuk minum air putih saja yang banyak…selain mudah didapat…dan dapat membersihkan ginjal…hehehe…

2.Olahraga
Tergantung apa jenis olahraganya, tapi beberapa bidang olahraga tidak bisa dipungkiri dapat menghabiskan biaya yang cukup tinggi. Ini terutama pada bidang-bidang olahraga yang membutuhkan sejumlah peralatan yang mahal.

Prinsipnya, semua olahraga yang butuh peralatan. Apa saja sih olahraga yang butuh peralatan?
Olahraga sepeda balap atau sepeda gunung, bowling, golf (jelas mahal sekali), bulutangkis, tenis meja, dan sebagainya. Sekali lagi, tidak semua alat olahraga itu mahal, tetapi beberapa cabang olahraga tersebut memang memerlukan peralatan yang cukup mahal.

So… kalau mau sehat tapi tetap bisa olahraga lebih kratif dalam memilih cabang olahraga, tidak perlu gengsi…bukankah tujuan utama anda berolahraga adalah agar badan anda sehat ???.

3. Mainan
Yang saya maksud dengan mainan adalah barang-barang yang seringkali membuat suami ketagihan.

a. Barang Elektronik.
Contohnya peralatan kamera untuk suami yang hobi fotografi atau peralatan sound system buat suami yang gila dalam mendengarkan musik.

b. Otomotif.
Segala macam yang berhubungan dengan otomotif, entah itu kendaraannya maupun aksesorisnya,

c. Pertukangan.
Ini adalah hobi yang berkaitan dengan segala macam kegiatan pertukangan. Biasanya sih, kalau seperti ini, mungkin segi positifnya adalah bahwa suami Anda akan lebih sering membetulkan dan merenovasi rumah Anda.

Sekali lagi, hobi merupakan sesuatu yang kadang memang harus dilakukan. Kalau tidak dilakukan, Anda sekeluarga mungkin akan jenuh dalam menjalani hidup ini.

Dengan menjalankan hobi, Anda punya kesempatan untuk mengatasi kejenuhan Anda. Jadi, Anda pasti mengeluarkan uang untuk hobi Anda. Tinggal bagaimana Anda bisa mengatasi hobi-hobi tersebut, agar jumlahnya tidak membengkak.

Anda bisa saja memilih hobi yang sekaligus bisa menambah income bagi keluarga.
Misalnya : hobby tsb diganti menjadi hobby memelihara tanaman / berkebun. Dari mulai dipekarangan rumah anda, dan dapat melibatakan semua anggota keluarga. Jika hobby ini berhasil anda kemabngkan bukan hal yang tak mungkin, jika tanaman anda bisa dijual.

Tapi ini hanya sekedar contoh. Saya yakin anda adalah orang2 kreatif yang bisa menemukan banyak hal yang lebih dari ini.

Ok sekian dulu sharing saya, jangan lupa menunjukkan artikel ini pada suami Anda.

Salam & tetap kompak dengan keluarga tercinta…..🙂

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: