jump to navigation

CARA MEMULAI USAHA, BILA ANDA TERKENA PHK November 14, 2007

Posted by elindasari in Artikel.
trackback

Tidak ada sesuatupun di dunia yang abadi, termasuk juga pekerjaan. Anda bisa saja kehilangan pekerjaan karena beberapa sebab, misalnya terjadi risiko kecelakaan atau sakit yang menyebabkan kehilangan kemampuan untuk bekerja. Begitu juga dengan keputusan perusahaan untuk mem-PHK kan karyawannya, juga bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan.

Akibatnya biaya hidup tidak lagi bisa dibiayai sebab penghasilan terhenti. Berbeda dengan risiko kehilangan kemampuan untuk bekerja karena kecelakaan atau sakit tadi, disini Anda bisa mengambil asuransi untuk mengantisipasi risiko tersebut.

Namun adanya PHK bukanlah Anda yang kehilangan kemampuan bekerja, tetapi perusahaan kehilangan kemampuan atau tidak lagi mempunyai kapasitas untuk memperkerjakajan anda.

Sayangnya, risiko PHK sampai saat ini belum bisa di-cover oleh asuransi. Namun karena Anda masih mampu bekerja, maka akibat finansial yang ditimbulkannya adalah temporer atau sementara waktu.

Artinya penghasilan Anda memang terhenti sementara waktu, namun begitu Anda mendapatkan penghasilan baik dengan mendapatkan pekerjaan kembali, membuka usaha atau yang lainnya maka ada pemasukan yang bisa digunakan untuk membayar biaya hidup Anda kembali .

Karena itu untuk membayar biaya hidup selama belum mendapatkan penghasilan kembali persiapkanlah sejumlah Dana Cadangan sebesar 6 s/d 12 kali pengeluaran keluarga perbulan. Walaupun terkena PHK namun biaya hidup tetap berjalan, karena selama belum mendapatkan penghasilan siapkanlah sejumlah Dana

Cadangan yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup.
Besarnya Dana Cadangan bervariatif namun bisa Anda tetapkan sesuai dengan optimisme anda mengenai kapan bisa mendapatkan penghasilan kembali.

Jika saat ini Anda sudah memiliki simpanan tunai sebesar jumlah tersebut, maka pisahkan tersendiri terpisah dari rekening investasi yang lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar uang Anda tidak cepat habis, dan juga tidak mengganggu investasi lainnya.
Selanjutnya setelah PHK Anda tentunya harus berusaha mendapatkan penghasilan kembali.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan kembali berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Bekerja kembali di perusahaan lain, Anda akan kembali mendapatkan penghasilan berupa gaji
2. Membuka usaha, Anda akan mendapatkan penghasilan berupa pendapatan usaha.
3. Berinvestasi, Anda akan mendapatkan penghasilan berupa return hasil investasi

Dengan demikian dapat kita lihat langkah yang Anda lakukan saat ini untuk mempersiapkan PHK tersebut.

Misalnya:
Bila anda senang dengan dunia jahit menjahit. Anda dapat mengambil kursus menjahit. Harapannya dengan mempunyai bekal keterampilan menjahit maka bisa menjadi modal keahlian untuk membuka usaha butik muslimah nanti. Sehingga setelah PHK Anda bisa mendapatkan penghasilan dari pendapatan usaha.

Dalam menjalankan usaha butik muslimah, Anda memang tidak harus mengusai bidang jahit menjahit. Sebab sebuah butik tidak harus memproduksi pakaiannya sendiri, Anda bisa saja membeli atau memesan dari pihak lain.

Kemampuan membaca selera pasar serta pilihan target pasar yang tepat, didukung promosi serta tata tertib administrasi usaha yang baik, merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis butik.

Namun dengan keahlian menjahit merupakan modal keahlian yang bisa membangkitkan kreatifitas Anda dalam memilih gaya, ciri khas dari busana muslimah yang Anda jual. Gaya & ciri kas ini menjadi sangat penting agar butik Anda mempunyai nilai lebih dibandingkan butik sejenis.

Tips lain adalah :
Jangan hanya ambil kursus menjahit, kalau memungkinkan tingkatkan keahlian Anda terus menerus dengan mengambil kursus yang juga menunjang bisnis Anda nanti misalnya kurus bordir, payet, smock, kursus manajemen kewirausahaan, kursus pembukuan dan lain-lain.

Sebagai pimpinan usaha, Anda memang tidak harus menjalankan segala sesuatunya, namun pengetahuan secara umum akan membuat Anda jauh lebih percaya diri dalam menjalankan usaha.

Jangan lupa, jika Anda mendapatkan Uang Pesangon, gunakanlah sebaik-baiknya jangan dihambur-hamburkan.
Prioritaskanlah untuk membayar kewajiban atau hutang yang berjalan kemudian membentuk Dana Cadangan, dan modal usaha.

Tetap semangat, semoga sukses…Tetap Berusaha & Berdoa !!!

Komentar»

1. ARMAN - Juni 23, 2008

Dana CADANGAN artikel yg sangat bagus…… dan harus segera di utamakan . karena sgt penting sekali… yg kebanyakan kita semua tak terpikirkan. Sperti pengalaman sy … sewaktu SY terbelit hutang karena Proyek gagal akibatnya sy habis2san tak ada yg tersisa kecuali hutang minus Rp. 170 jt. untuk biaya hidup beberapa bulan kedepan terpaksa minta bantuan orang tua.. coba kalau ada dana cadangan.. yg khusus untuk cadangan hidup bl terjadi suatu hal yg tak terduga sperti yg sy alami.. tentunya lebih longgar dfan tenang menyusun langkah kedepan lg.. tp walau begitu hidup tak boleh menyerah… sy dperkenalkan bisnis NETWORK MARKETING oleh teman sy. memang peluang biasa datang dan disambut bila datang pd saat yg tepat. tp bila tdk tepat waktunya pasti diabaikan…

2. ARMAN - Juni 23, 2008

bisnis NETWORK MARKETING / MLM yg kebanyakan kita sebut.. dan banyak yg memandang sebelah mata pada usaha ini.. Tapi.. sungguh BISNIS NETWORK BISA kita JADIKAN SUMBER PENGHASILAN. jk kita kerjakan dengan benar dan sungguh-sungguh. Karena sy telah membuktikan sendiri.. dari minus sebesar itu… masih sy beranikan diri menambah pinjaman untuk modal masuk slah satu bisnis NETWORK MARKETING. dan sy BERTEKAD harus sukses di sini. Tak butuh waktu lm 1 th pertama HUTANG SY BISA TERLUNASI. dan sekarang kehidupan keluarga semakin lebih baik berkat BISNIS ini. thanks’ smoga SUKSES UNTUK ANDA.

3. ANDRI - September 2, 2008

Aku punya keahlian di bidang marketing komputer dan notebook,bulan juli 2008 kearin aku baru saja keluar dari tempat kerja ku dengan alasan ku ingin buka usaha sendiri karena aku menggap telah menuasai di bidang itu,distributor barang yang siap mensuport ku juga udah ada tapi aku punya kendala di bagian keuangan atau dana untuk memulai bisnis itu….
harapan saya…….apabila dari reka-rekan semua berminat untuk membantu atau bekerjasama dengan saya di bidang itu saya sangat senang sekali…..

4. ANDRI - September 2, 2008

tolong bantu saya……..

5. ANDRI - September 2, 2008

untuk anda yang berminat bisa hubungi saya di 0813 8050 2070 atau Ndri_taziex@yahoo.com
saya tunggu kabar dari anda…

veronica - Desember 14, 2010

dmana posisi?

6. Kusmanto - Oktober 26, 2008

istri saya mau cari kursus jahit dan atau pembuatan kue, yang paling dekat dengan lokasi kami ada di mana?

lokasi kami di Jln.Raya Dr.Ratna Jatiasih bekasi

mohon bantuan

@Para pembaca ada yang bisa membantu bapak kusmanto ?
Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

7. abelia - November 4, 2010

wah,saya malah mau mencari tempat kursus untuk calon wirausaha dibidang apa saja kecantikan,memasak,menjahit,beternak tapi di kota saya di samarinda,kalimantan timur susah sekali paling hanya ada seminar seminar motivasi di hotel2 dan biayanya luar biasa mahal..

skr sy berbisnis katalog dan membuka butik di internet dan masih jalan walau tersendat2..harus tetep semangat dan semoga jangan sampai jenuh deh

8. xx - Juni 29, 2011

wes eroh goblok….

9. imran - Agustus 10, 2011

AGRO STARTER PACK sudah bisa dipesan. (Harga Rp.200.000,0/pack)

Nikmati … Bonus Sponsor Rp.50.000,- untuk yg mensponsori dan memilih Agro Starter Pack.

Agro Starter Pack berisi :
……2 box EvaGROW,
1 box OrganoDEGRA,
1 paket Bibit Cabe Rawit,
1 buku panduan aplikasi evagrow dan
1 DVD (Evagrow- Organodegra- Biodeg).

Silakan DP/DC melakukan Pemesanan.
Minimal pembelian 1 carton isi 8 AgroPack.
tau ke saya call aja 0812 7667 8883

10. Rodja - September 29, 2011

saya mempunyai keahlian di bidang tekhnisi electronika..spt hp,komputer,tv,dll tp saya gk punya modal untuk mengembangkanya ada yg mau bantu dan kerja sama bisa hubungi saya di 087889943222

11. syahril - Februari 3, 2012

smua usaha sdh saya coba tp blm ad yg berhasil


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: