jump to navigation

Sinyal Tubuh November 7, 2007

Posted by elindasari in Kesehatan.
trackback

35i139.gif 

Sinyal Tubuh

Anda pasti pernah mengalami kedutan, cegukan, atau telinga berdenging. Sayangnya, sebagian besar dari anda seringkali mengabaikan tanda-tanda tubuh tersebut.

Padahal menurut Dr. Karen Wolfe, penulis buku “Create The Body Your Soul Desires”, mengatakan bahwa tubuh yang mengalami kedutan atau cegukan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami gangguan ringan.

Namun meskipun gangguan tersebut tergolong ringan, tidak berarti anda harus mengabaikannya. Sebab, dengan memahami sinyal yang diberikan oleh tubuh diharapkan anda dapat lebih peduli pada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Beberapa contoh sinyal dari tubuh kita antara lain :

Kedutan Pada Kelopak Mata

Gerakan tak sadar yang diberikan oleh bagian tubuh anda ini menandakan bahwa tubuh anda kurang beristirahat dan tidur. Bahkan para ahli kesehatan sepakat, 99% kekejangan pada mata disebabkan karena tubuh anda didera stress dan lelah yang amat sangat.

Tidak ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghentikan kedutan pada mata ini selain membiarkan tubuh dan mata anda untuk beristirahat. Mengompres mata anda dengan air hangat untuk beberapa saat juga sangat membantu.

Sering Menguap

Menguap tidak selalu berarti mengantuk. Menguap, juga merupakan sinyal dari alam bawah sadar anda bahwa tubuh anda kurang bergerak. Misalnya, anda terlalu serius bekerja sehingga menghabiskan lebih dari 5 jam duduk di depan komputer. Terlalu banyak menguap bisa juga berarti bahwa oksigen di dalam otak anda sedang menurun jumlahnya. Hati-hati, kondisi ini bisa menurunkan tingkat kewaspadaan serta konsentrasi anda terhadap pekerjaan dan lingkungan di sekitar anda.

Cegukan

Anda cegukan padahal anda tidak sedang makan apapun. Kondisi ini menjadi sinyal bahwa tubuh anda sedang mengalami stress. Hal ini karena cegukan melepaskan hormon stress ke dalam aliran darah, kemudian merangsang serat syaraf secara berlebihan.

Akibatnya, terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak di dekat pita suara hingga menimbulkan bunyi. Cara termudah untuk meredakan cegukan anda adalah dengan cara menelan sedikit gula pasir. Butiran gula pasir akan menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls syaraf lainnya, sehingga cegukan pun reda.

Kaki Kram

Apakah anda sering mengalami kaki kram secara intens setiap malam? Kram kaki merupakan sinyal tubuh yang mengisyaratkan bahwa tubuh anda sedang mengalami dehidrasi, kekurangan kalsium dan magnesium. Untuk mengatasinya, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya. Susu kalsium juga sangat disarankan.

Ok, mulai sekarang kita harus lebih cermat dalam merespons sinyal tubuh kita….Semoga sehat selalu……

Komentar»

1. adikhresna - April 9, 2008

Saya tahu sekarang…Makasih Mbak, tulisan ini sangat berguna. Tak lupa saya ucapkan terima kasih dan salam kenal.

2. embuhh - Juli 22, 2008

cool.. ibu saya selalu cegukan..
mm.. mungkin karena mikirin aq nihh, gak lulus lulus..
weleh-weleh….
Matur thangkyou

3. curahanhati89 - Desember 20, 2008

thanks mbak e…..
tips nya jos2x….

@Terima kasih kembali curahanhati 🙂 🙂 🙂
Sukses buat kamu yach 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

4. heartcleaner - Agustus 20, 2009

Sinyal yg paling mudah kita tangkap adalah ketika lambung me-manggil2 dengan bunyi sirenenya yang khas “kukuruyuuuk” tanda lambung hampir kosong minta di isi 😉
Berhubung masih gaptek, saya sharing ilmu kesehatan ama bintang aja, nanti bintang aja yang nulis di blog kesehatan ya.
Buat mereka yang merasa ususnya kotor, dan harus segera dibersihin, ada cara alami dan mudah, Ambil pepaya lokal, cuci bersih, jangan kupas kulitnya tapi masukkan sepotong kecil pepaya (termasuk bijinya),plus sesendok madu kedalam blender. buat menjadi setengah gelas belimbing (jgn terlalu banyak, ga baik kl serakah…bisa pusing kepala). Diminum setiap pagi ketika perut masih kosong. Lakukan selama seminggu, insya Allah selain usus kita menjadi bersih, kantong2 usus yg tumbuh liar dan menempel di luar usus pun menghilang.
Thx dan selamat mencoba..
PS => Mungkin bintang bisa bantu untuk mencari tahu, zat apa yang terkandung dalam kulit dan biji pepaya sehingga dapat membersihkan usus dengan efektif.

@Terima kasih atas sharingnya Anita 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang

5. ayie - Juli 28, 2010

wah.. bagus banget blognya mba’.. thanks yach atas semua info2nya..
salam kenal dari saya.. ayie..
seneng dech saya nyasar ke blog ini..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: