jump to navigation

ANAK KECIL SUDAH KENAL UANG ??? September 27, 2007

Posted by elindasari in Tips.
trackback

ANAK KECIL SUDAH KENAL UANG ???

calvin.gif

Kecil-kecil sudah kenal uang !!! Hem mengapa tidak ???

Mengajarkan anak untuk mengenal uang sejak dini dianggap aneh / pamalik / tabu, dsb ???? Ah…mengapa dianggap demikian ?

Anak kecil (masih dibawah umur) sudah bisa diajarkan oleh orang tuanya belajar banyak tentang mengelola keuangan mereka. Karena hal ini akan memberikan manfaat baik bagi anak maupun orangtuanya.

Yang jadi masalah adalah “Sebagai orang tua, bagaimana caranya agar dapat mengajarkan anak agar dapat mengenal manfaat uang.

Karena sering kali bila kita memperhatikan, terutama lingkungan tempat tinggal kita, terkadang ada yang mengajarkan hal yang negatif mengenai kegunaan uang. Misalnya saja: ada anak yang masih berusia +/- 5 tahun, cenderung suka jajan dan tidak suka menabung.

Nah, bagaimana caranya agar kita selaku orangtua dapat mengajarkan nilai-nilai yang baik yang kita miliki seputar uang kepada anak kita ???

Untuk memberikan pendidikan kepada anak, saya yakin Anda (orangtua) sendiri yang lebih tahu bagaimana caranya. Karena Anda lah selaku orangtua yang mengenalnya dengan baik dan menjadi teladan baginya.

Namun saya dapat memberikan saran / tips, bahwa tidak ada salahnya kalau Anda ikuti tahapan berikut ini dalam mengajarkan uang pada anak anda, yaitu sbb :

1.  Mengajarkan anak untuk membeli

Sebagai orangtua, anda dapat mengajarkan agar anak untuk membeli sesuatu untuk dirinya sendiri. Jika selama ini ia minta dibelikan sesuatu, coba ajarkan ia untuk membelinya sendiri, dengan bimbingan Anda selaku orangtua tentu saja.  

Ini untuk menghindarkan agar anak tidak seenaknya mengambil sesuatu dari orang lain atau memaksa orang lain agar memberikan yang ia inginkan.

Jika Anda mengajaknya berbelanja, jangan sampai ia melihat Anda berhutang sebelum Anda bisa memberikan pemahaman tentang hutang dengan baik kepadanya.

2.    Mengajarkan anak tentang nilai berbagai pecahan uang

Kalau anak anda sudah bisa berhitung, atau setidaknya sudah mulai belajar berhitung, kenalkan ia dengan berbagai pecahan uang dan cara menghitungnya.  

Ini untuk menghindari agar ia tidak membayar kurang dari seharusnya, atau membayar lebih tanpa mengambil kembaliannya. Jangan lanjutkan ke tahapan selanjutnya kalau ia masih belum bisa melakukannya dengan baik.

3.  Berikan ia uang saku

Setelah ia bisa mengenali berbagai pecahan uang dan menghitungnya, mulai berikan ia uang saku. Kalau saat ini Anda mengira ia masih terlalu kecil untuk diberikan uang saku, berikanlah secara harian saja. Tapi jalankan ini dengan konsisten.

Ketika Anda memberikan uang saku, sampaikan bahwa ini adalah jatahnya untuk satu hari, ia tidak akan mendapatkan uang lagi sampai besok. Ia boleh membeli apa saja yang ia suka (masih dalam batas yang tolerir) tapi jangan sampai melebihi uang yang Anda berikan.

Apapun yang ia inginkan, berikan ia uang saku setiap hari sesuai jumlahnya. Tidak kurang dan tidak lebih. Pada saat ini Anda mengajarkannya untuk bisa mengatur sendiri pengeluarannya.

4.  Mengajarkan anak untuk menabung

Kalau ia menginginkan sesuatu lebih dari uang sakunya, ajak ia untuk menabung. Bantu ia untuk menghitung berapa hari ia harus menyimpan uang sakunya agar bisa membeli yang ia inginkan.

Kalau ia sudah bisa belajar bersabar dan menyisihkan uang jajannya selama beberapa hari, mulai ajarkan ia untuk bisa menabung secara rutin.

Berikan motivasi yang positif dalam menabung. Misalnya, untuk membeli tas atau sepatu baru.

5.  Mengajarkan anak untuk memberi

Satu lagi pelajaran yang tidak boleh ditinggalkan, ajarkan ia untuk bisa memberi. Kalau kita hanya mengajarkan uang tanpa mengajarinya untuk memberi, saya khawatir ia nantinya akan bersikap materialistis.

Mulailah dari yang sederhana, berikan ia uang untuk diberikan kepada pengemis sebagai contoh. Atau berikan contoh untuk berbagi sesuatu yang ia miliki dengan orang lain.

Ok, sekian tipsnya…Selamat mengajarkan tentang uang kepada anak anda…& Selamat melatih buah hati anda sedari dini untuk berlaku bijaksana tentang uang…

Salam,

Iklan

Komentar»

1. jedliem - Oktober 16, 2007

Uang bukan segalanya……tapi segalanya membutuhkan uang.

2. elindasari - November 28, 2007

Nggak salah Liem….Tapi tetaplah jadi Manusia yang Bijaksana terhadap uang….Karena kita hidup bukan semata-mata karena uang…hehehe serius amat…..

Tetap Sukses & Semangat Liem….

Best Regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

3. jaiman1 - Juni 16, 2008

emang anak sekarang pada kenal uang. anak tk aja sudah tahu kalo uang itu penting, apalagi orang-orang di senayan… tuh. paling demen ama uang..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: