jump to navigation

BOS TIDAK PERNAH SALAH !!! September 11, 2007

Posted by elindasari in Artikel.
trackback

garfield5.gif

 Kata-kata diatas mungkin agak ekstrem kedengarannya. Tapi, jika anda sekarang sedang bekerja di sebuah perusahaan dan sedang meniti sebuah karier, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai suatu telaah bagi anda. 

 Sebab, ada “Satu cara yang paling cepat untuk menghancurkan karier Anda” yaitu : “Bertengkar dengan ATASAN anda”. 

Itu adalah pertengkaran yang tidak akan dapat Anda menangkan dalam situasi apa pun, jadi untuk apa bersusah payah ?.

 Anda semestinya hanya dapat berdiskusi dengan Atasan Anda sampai pada titik tertentu saja, sebelum akhirnya bisa berubah menjadi debat yang panas dan kemudian menjadi “PERTENGKARAN”. Dan dalam pertengkaran, Anda berdua akan melontaran kata-kata menyerang, dan meskipun pada akhirnya Anda setuju untuk tidak sepakat, percayah, atasan Anda tidak akan melupakannya. 

Orang selalu mempunyai ketidaksepakatan didalam perusahaan.  Itu hal yang wajar.  Ketidaksepakatan dan debat  adalah “Latihan Sehat” yang biasanya dapat membantu perusahaan dan perorangan untuk dapat membuat suatu keputusan yang tepat.

Terimalah bahwa anda banyak berdebat dengan Atasan anda selama berkarier.  Tetapi, debatlah apa yang anda ingin perdebatkan, dan jangan biarkan debat itu meningkat menjadi suatu pertengkatan.

Apabila anda melewati batas itu, anda tidak akan dapat kembali, tanpa memandang apakah Anda berada pada posisi yang BENAR atau SALAH.

Anda justru akan dianggap tidak dewasa, tidak menghormati, juga bisa dianggap tidak dapat dipercaya dan bahkan dapat dianggap tidak loyal. 

Emosi yang meledak dan kemarahan adalah suatu yang TABU di dalam perusahaan.

 Jika anda tidak dapat menahan diri, maka anda  akan membunuh karier anda !!! 

Belajarlah untuk berkompromi, atau bahkan mendukung keputusan atasan anda.  Atasan anda akan selalu mempunyai tongkat yang lebih besar dari yang Anda miliki.

Memang “Tidak Salah” untuk menyampaikan pemikiran / Ide-ide / Usulan-usulan anda, tapi anda harus selalu menerima keputusan akhir yang dibuat atasan anda dan terus melangkah.

Mungkin suatu hari nanti anda akan bertengkar dan mungkin juga suatu hari nanti anda akan menjadi Atasan.

Anda harus juga mengetahui “ELASTISITAS EMOSIONAL” atasan anda.

Dalam bahasa sederhama, seberapa jauh anda dapat merenggangkan atasan anda sampai akhirnya ia marah ?.

 Disini saya coba berbagi cerita : 

Beberapa waktu yang lalu, dalam sebuah pertemuan / rapat, saya meyaksikan dengan perasaan takut, ketika ada salah seorang rekan saya yang bertengkar dengan atasannya. 

Ada beberapa orang yang turut hadir disitu, dan setiap menit perdebatan diantara kedua-nya semakin memanas ke tingkat yang lebih tinggi. 

Salah seorang dari kami mencoba untuk melerai / meredakan situasi, tapi saying tidak berhasil. 

Akhirnya, atasannya marah.  Atasannya tsb membentaknya dan rekan saya itu

pun membalas membentaknya.  Sampai di titik itu argument tampakanya sepele, tapi karena situasi & emosi tidak terkendali, akhirnya suasana ketegangan di ruangan itu menjadi tidak dapat dilukiskan.

Karier rekan saya itu terhenti pada sat itu. 

Dia dipindahkan ke bagian lain sebagai “Barang yang Rusak / tidak terpakai dan siap dibuang”.  Dan akhirnya dia-pun keluar dari perusahaan tsb dan harus memulai lagi kariernya di tempat yang lain.

Tak selang berapa lama saya sempat berjumpa dengannya, dan menyempatkan untuk sekedar bertanya tentang peristiwa pertengakaran pada saat itu. 

Dia mngakui, jika dia melihat lagi ke belakang, dia baru sadar, betapa dia telah bertindak bodoh, masalah  tersebut kecil pengaruhnya terhadap keseluruhan rencana, dan seharusnya dia tidak membiarkan argument itu terjadi. 

Dia menyesali peristiwa itu dan tampak jelas rasa kekecewaan dengan apa yang terjadi saat itu, serta konsekuensi yang harus dia terima.

So…Jangan bertengkar dengan atasan anda, apabila Anda tidak mungkin menang !!!.

Salam sukses…dan …Tetap Semangat !!!

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: