jump to navigation

TIPS TATA KRAMA PROFESIONALISME untuk KARIR ANDA Agustus 22, 2007

Posted by elindasari in Tips.
trackback

TIPS TATA KRAMA PROFESIONALISME untuk KARIR ANDA  

Ada sebuah Pernyataan sbb :“Profesionalisme adalah sebuah keharusan.”  

Sebenarnya dasar dari Profesionalisme itu dapat didefinisikan sebagai: “TATA KRAMA”

Karena Apa ???  Tata krama yang baik mungkin sepertinya sudah tidak lagi up to date hari-hari ini di dalam dunia keseharian kita.  Tetapi dengan tata krama yang baik dipastikan dapat membuat hidup kita lebih menyenangkan. Pasti…. 

Bahkan lebih penting lagi, tata krama yang baik dapat memberikan Anda kesempatan untuk memperoleh sebuah peran penting dalam sebuah pekerjaan, misalnya : menjadi public figur, menjadi klien sebuah perusahaan, memperoleh sebuah pekerjaan yang layak, atau bahkan hanya sekedar diperlakukan dengan baik pula.  

Misalnya saja contoh yang gampang dalam kehidupan kita sehari-hari : 

  • Menerima perlakuan yang sopan pula dari orang yang anda perlakukan dengan sopan.
  • Memperoleh banyak teman, dan tentu saja anda tidak akan merasakan kebosanan yang berarti.
  • Bila penata rias yang ada menyukai Anda, riasan Anda akan menjadi lebih indah, dan dia akan menyukai Anda bila Anda memperlakukannya dengan sopan.
  • Anda mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk dapat menandatangani sebuah kontrak kerja bila Anda memperlakukan klien dengan sopan.
  • Rekan Anda dalam sebuah proyek akan merekomendasikan Anda pada direktur saat ada orang lain yang mundur dari sebuah proyek bila Anda memperlakukan rekan Anda tersebut dengan sopan.
  • Dan masih banyak lagi bila kita telaah lebih jauh, saya yakin betul !!!

 Tentu saja semuanya itu tidak lepas dari hal yang sesungguhnya sangat penting yang dikenal dengan “Tata Krama”. 

Ada beberapa tipe tata krama, yaitu:  

1.      Tata krama yang dingin dan kaku,

2.      Tata krama yang berlebihan,

3.      Hanya sekedar tata krama yang tepat namun tidak dibuat-buat

4.      Tanpa tata krama sama sekali.    

Dengan memperhatikan bagaimana orang memperlakukan sekelilingnya adalah cara terbaik untuk menyadari dan mengkategorikan tata karma yang disebutkan diatas.

Tips / Saran-saran Umum untuk Tata Krama Profesionalisme sebagai berikut:
1. Jadilah orang yang tepat waktu = Harus Disiplin
 
Tepat waktu untuk apa?

Untuk berbagai hal dalam kegiatan anda.

Misalnya : Untuk sebuah pertunjukkan, janji-janji, sesi pelatihan, konferensi, audisi, pertemuan dengan orang-orang yang terlibat dengan anda, rapat, atau kegiatan apa pun dalam kehidupan anda.

Bila anda disiplin maka anda akan dihargai dari segi waktu. 

Karena sebenarnya Keterlambatan” adalah sebuah penghinaan secara halus.

2. Pelajarilah dan Persiapkan Apa yang menjadi Tugas Anda =  Tangung Jawab  Apapun profesi anda, persiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang, jangan sampai apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab anda menyebabkan orang lain terkena imbas yang kurang baik. So…jadilah pribadi yang penuh Tanggung Jawab, Schedulle dan Planning sangatlah penting, jangan sampai anda abaikan. 


3. Diskusikan dengan baik = Jangan berdebat, apalagi jadi ajang Debat Kusir ! 
Pesan singkat : Jangan berargumen dengan direktur (apalagi akhirnya memojokkannya).  Bahkan bila Anda memenangkan argumen tersebut sebenarnya Anda sudah “kalah”—artinya, bahwa direktur tersebut mungkin tidak akan memakai Anda lagi.  

Berdiskusilah secara pribadi, bukan di hadapan semua personil karena dapat menjatuhkan wibawa atasan anda.

Ingat ada petuah :  “Bos tidak pernah salah !” 


4. Belajarlah untuk berlaku sopan bahkan dalam ketidaksetujuan = Tetap Kontrol Emosi Anda ! 
Pesan singkat : Perhatikan apa yang Anda katakan dan kepada siapa Anda berbicara.  Sebuah “perilaku” dapat memastikan bahwa Anda sedang menciptakan impresi yang tidak tergoyahkan dan sebuah reputasi permanen bahwa Anda adalah orang yang susah diajak bekerjasama.  

So…jangan sampai hal ini menimpa anda. 

Karena bila embel-embel ini melekat pada anda, maka anda harus extra kerja keras untuk mengembalikannya ke image yang baik. 


5. Jangan terlau sering memberikan nasihat atas sebuah interpretasi, atau apapun yang berhubungan dengan performa orang lain = Belum tentu mereka suka menerima Kritik dan Saran dari Anda 
Karena semua hal tersebut Itu bukan urusan Anda. Hal tersebut adalah masalah antara performer atau kembali kepada pribadi masing-masing. 6. Hormati Profesi orang lain, meskipun profesi mereka mungkin kurang berkenan dihati anda Jangan membandingkan profesi atau tanggung jawab anda dengan orang lain.  Bersyukurlah dengan apa yang anda terima sekarang sebagai bekal untuk membuat anda maju lebih jauh dimasa yang akan datang. 


7. Belajarlah untuk berkata “Terima kasih.”  
Tidak ada yang lebih membuat seseorang merasa dihargai selain sebuah catatan atau kartu pos atau hanya sekedar ucapan terima kasih.  Kepada siapa?

Siapa saja yang telah membantu / menunjang/ terlibat demi kelancarkan kesuksesan dan kegiatan Anda.  

Misalnya anda dapat mengucapkan :

“Terima kasih”, “Terima kasih”,

“Semoga berhasil”,

“Sungguh sangat menyenangkan”.

“Anda adalah rekan kerja yang menyenangkan” 

Kata-kata dan kalimat-kalimat pendek tersebut diatas akan membawa nama baik.  

Dan jangan pernah berpikir bahwa nama baik tidak membawa pengaruh dalam profesi Anda! Ini justru sangat penting !!!

8. Ingatlah bahwa “Primadona” tidak hanya berarti “First Lady” tapi juga “Wanita lebih dulu.” = Ini tips tambahan Itu berarti bahwa Anda harus berperilaku yang baik (seperti seorang “lady”) daripada bertingkah seperti “diva / Maha Bintang.”  “Berperilaku baik secara sederhana mengacu pada “tata krama.”  Maka hal yang sama juga akan berlaku pada Anda.   

Akhir kata : 

Tata krama, rasa hormat, kesopanan, kebaikan dan perhatian akan membawa Anda bekerja dengan baik.  

Bahkan bila Anda berpendapat bahwa tata krama tidak begitu penting, maka lakukanlah semata-mata karena tata krama akan membantu Anda mendapatkan (dan mempertahankan) pekerjaan.  

Tata krama yang baik akan membuat orang lain merasa lebih nyaman dan membantu mengubahkan hutan tempat kita bekerja menjadi sesuatu yang lebih menyerupai sebuah taman.  

Pelajarilah tata krama profesional karena tata krama membantu memperlancar langkah menuju sukses.   

Ayo mari kita terapkan dalam kehidupan kita !!! Semoga bermanfaat…

Komentar»

1. irvan - November 9, 2007

profesionalisme memang sangat dibutuhkan dalam aktivitas kita sehari – hari,tanpa memandang orang itu penting atau tidak. Pastinya sikap Profesionalisme itu secara sasdar atau tidak sadar akan membawa kita menuju kesuksesan yang hakiki,,,,

2. evhan - November 21, 2007

makasih atas sarannya…moga2 ini bisa menjadi acuan buat saya kedepannya..untuk bisa meraih kesuksesan…thanks

3. elindasari - November 28, 2007

Yo…i….thank a lot atas komentar2nya yach…irvan…evhan
& jangan bosen2 utk singgah disini…..

Best Regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

4. IrSha AizzZz - Januari 4, 2008

profesionalisme it’s so very important!

Every body…..must understand about it!

I Like this article….

i’m agree !!!!

5. yoni - Januari 22, 2008

.q punya masalah nih. q merasa gak PD dihadapan semua orang krn q anak kembar n q malu diejek teman2q.boleh minta saran gak

6. elindasari - Januari 23, 2008

Hello Yoni…
Yoni, jadi anak kembar itu adalah berkah & karunia Tuhan yang patut kita syukuri. Jarang-jarang lho orang dilahirkan kembar. Yoni tidak perlu malu apalagi nggak PD. Selama sikap & tingkah laku kita baik, menyenangkan bagi orang lain, mudah2an kita dapat diterima oleh siapa saja.

Mudah2an sedikit demi sedikit rasa malu & nggak PD itu akan hilang.

Ok, Yoni semoga sedikit sharing nasehat ini dapat bermanfaat & semoga berkenan yach.

Salam sukses buat Yoni & tetap Optimis yach !
Best Regard,
https://elindasari.wordpress.com

7. eko - Desember 10, 2008

makasih yaaa… ulasan tata kramanya…. saya juga sedang mencoba mencari tentang Trapsila = menerapkan kesusilaan; apakah ini mungkin menjadi cabang dari tata krama ?

@Mungkin ada kemiripan hanya mungkin kalau di Trapsila pembahasannya lebih detail dan sangat terkait dengan kesusilaan dari berbagai aspek, hehehe…mungkin 🙂 🙂 🙂
Ok eko, terima ksh atas kunjungannya yach 🙂 🙂 🙂
Best regard,
bintang
https://elindasari.wordpress.com

8. indra - Maret 12, 2009

baik lah

@Terima kasih atas kunjungannya Indra 🙂 🙂 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

9. santana - Juli 7, 2009

pak q copy yooo….? thank

bt materi mos

@Silahkan santana, tapi saya mbak lho bukan pak, hehehe 🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

10. suryasaputra - Juli 15, 2009

saya ingin tau apa itu tips tata krama

@Silahkan dibaca lebih lanjut surya 🙂 Thanks sudah mampir🙂
Best regard,
Bintang
https://elindasari.wordpress.com

11. jay otorit - September 3, 2009

terima kasih,….sukses untuk anda

@Terima ksh juga sudah berkunjung kemari Mas Jay 🙂 Ditunggu kunjungan berikutnya 🙂
best regard,
Bintang

jay otorit - September 3, 2009

saya copy ya

@Silahkan Mas Jay, semoga bermafa’at🙂
Best regard,
Bintang

12. nanshol - Oktober 6, 2009

terimakasih banyak atas panduannya……

@Terima kasih atas kunjungannya disini.
Best regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

13. qosim - Oktober 6, 2009

bagus ni artikelnya buat reference tambahan tugas kuliah.🙂
thank’s ya!

@Terima kasih atas kunjungannya disini. Selamat membuat tugas kuliah yach 🙂
Best regard,

Bintang
https://elindasari.wordpress.com

14. nana - Oktober 17, 2009

sangat bagus dan membantu banyak pihak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: