jump to navigation

TIPS UNTUK BAHAGIA… Agustus 10, 2007

Posted by elindasari in Tips.
trackback

pic09313.jpg  TIPS UNTUK BAHAGIA… 

Pernahkah anda melihat simbol ‘the smiley face’ atau ‘wajah penuh senyum’?  

Simbol tersebut adalah expresi untuk mengatakan “jangan kuatir, teruslah bergembira”  atau lebih dikenal dengan “Don’t Worry, Be Happy” . 

Menurut beberapa referensi : Simbol ini pada mulanya tercipta tahun 1963 oleh Harvey Ball, seorang artis gambar yang bekerja untuk State Mutual Insurance di Amerika Serikat.  

Dimana Perusahaan asuransi di Massachusetts menugaskan Mr. Ball untuk membuat sebuah bros untuk kampanye pembangkit semangat.  

Pada awalnya, Mr. Ball membuat sebuah bros yang hanya bergambar sebuah garis lengkung yang menunjukkan senyuman.  

Tetapi belakangan hari Mr. Ball menyadari bahwa, bila bros tersebut dibalik, justru akan menggambarkan kebalikan dari senyuman, yaitu : suatu tatapan kemarahan. (Hem seram yach  ?) 

Untuk memperbaiki kekeliruan tersebut, Mr. Ball menambahkan dua titik sebagai mata dan memberikan warna kuning cerah matahari pada bros tersebut untuk mempromosikan keceriaan dan menggambarkan semangat.

Biaya pembuatan seni tersebut menghabiskan biaya sebesar $45. State Mutual kemudian membuat 100 bros pertama, yang kemudian menembus pasar dengan sangat luar biasa.   

Bahkan kemudian perusahaan asuransi tersebut mulai mendistribusikan ribuan bros berwajah ceria tersebut… Dan selanjutnya adalah bagian dari sejarah mascot Don’t Worry be Happy tsb !. Tetapi apakah kunci menuju kebahagiaan itu benar-benar ada ?  Pada kenyataannya, sebenarnya ada banyak yang mendasari hal tsb.  Ok, sekarang  kita fokus pada 7 bidang utama yang mempengaruhi kebahagiaan kita.  

Mengapa harus 7, mari kita bahas… 

Kita perlu mempelajari manakah yang paling berperan dalam kebahagiaan kita dan manakah yang membutuhkan perhatian ekstra.  

Dengan terus menerus memaksimalkan area-area yang merupakan kelebihan kita, dan meminimalkan kelemahan kita, seiring dengan waktu kita akan mengalami peningkatan dalam kebahagiaan kita. Coba kita analisa yuk…1. Rasa berterima kasih = Syukur
 
Kita harus mengerti bahwa bila kita melihat jauh ke dalam diri kita, kita akan selalu menemukan alasan untuk berterima kasih.

Coba anda pikir, berapa sering kita  melupakan hal yang terkadang sepele ini, tapi bila kita telaah akan sangat berdampak sangat luar biasa. 

Contohnya yang gampang saja: 

Coba bayangkan bila kita harus membayar Tuhan 1 sen untuk setiap nafas yang kita ambil, pasti hidup ini akan begitu merepotkan dan mahal bukan ?

Padahal jika kita lakukan dengan sedikit saja ada rasa berterima kasih & syukur, anda akan benar-benar merasakan sungguh-sungguh beruntung.  Dan tentu saja masih begitu banyak contoh lain dlm kehidupan kita bukan ?

2. Hubungan yang positif = Berteman, Bersahabat
Belajarlah untuk menikmati sebuah hubungan yang positif. Konflik adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam hidup kita. Tetapi saat kita dapat mengendalikan konflik tersebut dengan kedewasaan, kita akan menyadari bahwa konflik itu ada untuk kita belajar mengambil sikap positif dalam hubungan kita dengan orang lain.

3. Rasa cukup = Tidak Serakah
Orang yang paling kaya adalah orang yang dapat merasa cukup. Ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh memiliki ambisi atau mimpi pribadi. Ambisi itu ada untuk membawa kita bertumbuh, tetapi saat kita menjadi orang yang ambisius, maka kita akan cenderung untuk menjadi serakah.

Dan keserakahan adalah musuh alami dari rasa cukup. Jadi kendalikan segala sesuatu tetap pada porsinya.  Jangan serakah.

4. Keceriaan = Berbagi Kegembiraan, sebarkan senyummu
Bayangkan kita sedang berbicara dengan orang yang ceria. Menyenangkan, bukan? Jadilah pribadi yang disukai, buat dunia ini ceria dengan senyummu, berbagilah kebahagiaan dengan orang lain. Sebagaimana kita senang berada di dekat orang yang ceria, begitu pula orang lain.  

Dan bila kita mengharapkan orang lain untuk selalu ceria saat kita berjumpa dengan mereka, maka hal yang sama juga berlaku bagi kita bahwa kita harus selalu tampil ceria saat orang lain bertemu dengan kita.

5. Rasa percaya diri tapi Bukan Sombong
Setiap dari kita dilahirkan dengan kelebihan yang unik serta kelemahan. Tetapi saat kita terlalu memperhatikan kelemahan kita dan tidak begitu fokus pada kelebihan kita, besar kemungkinan untuk kita kehilangan rasa percaya diri.

Rasa percaya diri berarti bahwa kita mengerti di mana kita benar-benar unggul dan menjadikan diri kita ahli dalam kelebihan tersebut.

Tapi bukan pula menjadikan diri kita sebagai pribadi yang sombong.  Tetaplah jadi pribadi yang  Low Profile.

6. Pertumbuhan pribadi = “Belajar dan Mau Belajar
Segala sesuatu yang hidup pasti bertumbuh, dan bila makhluk hidup itu tidak bertumbuh, pasti ada sesuatu yang tidak beres dalam kehidupannya.  Hal ini juga berlaku bagi kita. Bila kita menyadari bahwa kita benar-benar hidup, maka keinginan kita untuk bertumbuh – baik itu secara mental, spiritual, atau fisik – adalah hal yang mutlak untuk dimiliki. Jadi tetap kembangkan sikap ingin “belajar”

7. Rasa optimis = Semangat Terus
Saat seseorang menjadi optimistis, mereka merasakan bahwa hal-hal yang baik akan terus bertahan dan hal-hal yang buruk akan menjadi semakin baik seiring dengan waktu.  Dengan meningkatkan optimisme kita dapat memperkuat kepercayaan kita pada apa yang kita punya.  

Kita dapat mulai untuk melihat segala kemungkinan yang baik dalam hidup, daripada hanya berkutat pada kemungkinan-kemungkinan masalah yang akan timbul.

So…Semangat terus, jangan takut gagal…

Teruslah mencoba…  

Nah,  sekarang anda sudah tahu tips untuk bahagia….tidak susah bukan ???

Eit…jangan pergi dulu….senyum dong !!!….

Komentar»

1. S4ztra Luvna - Juni 27, 2008

klw menurutQ..bagus bgt tips bhagia itu. pokoknya Q ‘kan mencoba langkah2 itu. sypa tau hidup aQ bisa berubah ya walaupun gk seCepat KiLaT. Dg KeyakiNan diri dan terus optimis pErjalaNan kisah hiduPku pasti bahagia. pokoknya is TH3 B3ST!1
doakan YacH!!!
………..

2. eva - Juni 12, 2010

Thx ya tipsnya…menarik dan sederhana, mudahan sy dpt mengamalkannya…

3. ikyu - September 2, 2010

nice tips,
thanks y. kira2 bisa ga y merubah kebiasaan jelek diri ini…
wish me luck

4. sachie - November 25, 2010

pengen dehc kek toeeeeeeee

5. Atika - Mei 19, 2012

thank you….
keep my smile🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: