jump to navigation

PESONA PULAU TIDUNG BESAR & TIDUNG KECIL Juni 7, 2010

Posted by elindasari in Lain-lain.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Jam berdentang persis jam 5.00 pagi. Kami sudah berkumpul di Plaza Summarecon. Kami yang berjumlah 37 orang pada hari ini akan memulai toer kami di Pulau Tidung. Yes…pulau Tidung yang terletak di Utara Pulau Jawa yang merupakan bagian dari kepulauan Seribu.

Siap Naik Bis jam 5.20 pagi tgl Sabtu, 5 Juni 2010

Siap Naik Bis jam 5.20 pagi tgl Sabtu, 5 Juni 2010

Setelah absen dan berdo’a bersama, “Toer” Sabtu & Minggu, tgl 5 & 6 Juni 2010 kami, rangka pembentukan “WONDERFUL CLUB of SUMMARECON”, segera kami mulai dengan mengendarai 2 buah bis menuju Dermaga kapal di Muara Angke.

Sekitar jam 6.30 kami sudah bersiap untuk menaiki kapal milik SMKN 61 Jakarta (Event Organiser / guide tour rombongan kami) yang akan mengantarkan kami ke pulau Tidung yang menyimpan berjuta “Pesona” ini.

Suasana pagi di Dermaga Muara Angke (Sabtu, 5 Juni 2010 sekitar jam 6.15)

Suasana pagi di Dermaga Muara Angke (Sabtu, 5 Juni 2010 sekitar jam 6.15)

Awan yang cerah sepanjang perjalanan ke Tidung (sekitar jam 9.30 pagi)

Awan yang cerah sepanjang perjalanan ke Tidung (sekitar jam 9.30 pagi)

Perjalanan menuju ke Pulau Tidung ini ditempuh kurang lebih 3 jam. Perasaan was-was ketika pertama kali menaiki kapal krn kekhwatiran mabok laut, dll ternyata tak berlanjut.

Pemandangan laut, beberapa Pulau disekitar kepulauan seribu yang terlihat sa’at kapal motor melaju, burung-burung camar yang melintas di langit, laut yang berwarna biru dan hijau , awan yang berarak putih dan matahari pagi yang cerah menemani sepanjang perjalanan, membuat perjalanan ini tetap bisa dinikmati bahkan memikat hati.

Apalagi berbagai aksi kegilaan foto yang tetap berjalan, meski sebagian dari kami ada yang tertidur pulas akibat menelan pil “Antimo” wakakak…. (asli banyak juga yang molor, hihihi)

Tiba di Pukau Tidung (Sabtu, 5 Juni 2010 jam 10.35)

Tiba di Pukau Tidung (Sabtu, 5 Juni 2010 jam 10.35)

Pukul 10.30 kami sampai di dermaga Pulau Tidung. Langsung photo-photo dulu sejenak terhadap sekeliling dermaga.

Sambil menikmati welcome drink berupa kelapa muda dan keripik sukun yang gurih, sambil tetap memandangi pantai sekitar dermaga…hem pesonanya mulai terlihat.

Kemudian kita yang telah dibagi berdasarkan kelompok, meletakkan barang di penginapan. Sekitar jam 12.00 kami kembali berkumpul di rumah yang telah dijadikan tempat/ ruang serba guna untuk menikmati santap siang.

Santap siang yang terdiri dari nasi dan lengkap dengan sayur asem, ikan goreng (daging ikan cueknya masih segar banget) dan tersa begitu gurih, ikan asin (kakatua) juga enak, sambal, kerupuk mengisi perut kami yang mulai keroncongan…Aha, semua disikat habis….krn nikmat banget, hahaha….

Mulai agenda tour Bersepeda menyusuri Pulau

Mulai agenda tour Bersepeda menyusuri Pulau

Beraksi dulu sebelum menyebarang ke P. Tidung Kecil

Beraksi dulu sebelum menyebarang ke P. Tidung Kecil

Jalan kaki menuju Jembatan Pulau Tidung Kecil

Jalan kaki menuju Jembatan Pulau Tidung Kecil

Pesona Tidung Besar dari Jembatan Kayu

Pesona Tidung Besar dari Jembatan Kayu

Kerambah Ikan di Sisi Barat Jembatan ke Tidung Kecil

Kerambah Ikan di Sisi Barat Jembatan ke Tidung Kecil

Aksi My Friends di Jembatan Penghubung P. Tidung besar & Pulau Tidung Kecil

Aksi My Friends di Jembatan Penghubung P. Tidung besar & Pulau Tidung Kecil

Setelah makan siang, petualangan tour kamipun dimulai. Sambil mengendarai sepeda, (setiap orang ada jatah sepedanya lho), kami bersepeda dan akan menuju Pulau Tidung kecil.

Sambil menikmati suasana pantai, kami juga menikmati sejumlah pemandangan yang sangat elok di sepanjang jembatan kayu yang menghubungkan kedua pulau ini.

Oyach, hampir lupa…kalau yang tidak bisa bersepeda jangan khawatir, ternyata di Pulau Tidung ini ada “Becak Motor” yang siap mengantar para pengunjung berkeliling (tarifnyapun nggak mahal) …tapi sayang saya kelupaan ambil photonya, jadi nggak diposting dech…

Hem…dipulau ini nggak ada mobil, jadi nggak perlu khawatir akan polusi asap. Sebagian besar penduduknya masih berjalan kaki dan mengendarai sepeda untuk aktivitas sehari-hari mereka.

Pulau Tidung besar dan pulau Tidung kecil ini dihubungkan oleh sebuah jembatan kayu sepanjang +/- 2km. Sepanjang jembatan ini mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan bawah laut yang benar-benar aduhai.

Batu karang dan berbagai biota laut, menjadi pemandangan alam yang sangat menukau.

Anak-anak pantai juga memamerkan lompatan mereka dari anjungan jembatan yang tinggi. Weh…atraksi locat indah khas anak pantai….mantap….

Aksi lompat indah anak Pantai dan Pengunjung...Mantap oi..

Aksi lompat indah anak Pantai dan Pengunjung...Mantap oi..

Bocah Pulau Tidung yang sedang Memancing Ikan

Bocah Pulau Tidung yang sedang Memancing Ikan

Sesampainya di Pulau Tidung kecil, kamipun melangsungkan salah satu agenda kunjungnan kami yaitu menanam pohon “Mangrove” di bibir pantai. Agar pantai ini tidak terkikis air laut dan membuat Pulau Tidung Kecil ini semakin terjaga keasriannya.
Oyach, sebagai info juga ternyata di Pulau tidung kecil ini tidak dihuni oleh penduduk. Jadi keasrian dan kealami Pulau benar-benar masih terasa kental disini. Hanya ada beberapa bangunan yang difungsikan sebagai tempat perkembangbiakan pohon mangrove dan tumbuhan lain. Hem …Pulau Tidung Kecil ini juga dilengkapi pavling block (untuk jogging track) di sepanjang Pulau lho.

Sampai di Pulau Tidung Kecil

Sampai di Pulau Tidung Kecil

Nah, tentu saja kamipun tak melewatkan sesi narsis kami, berphoto bersama ketika menama “Mangrove” yang sudah kami beri label nama kami masing-masing.

Pohon Mangrove yang akan kami tanam di Pulau Tidung Kecil

Pohon Mangrove yang akan kami tanam di Pulau Tidung Kecil

Aksi My friends sa'at Memanam Pohon Mangrove

Aksi My friends sa'at Memanam Pohon Mangrove

Yes, kami telah selesai Memanam Pohon Mangrove !!!

Yes, kami telah selesai Memanam Pohon Mangrove !!!

Auwooooooo...jadi manusia Rimba ala Millenium...baju masih komplittttt

Auwooooooo...jadi manusia Rimba ala Millenium...baju masih komplittttt

Sore harinya kamipun bergegas kembali ke Pulau Tidung Besar. Kami menuju ke Barat pulau Tidung Besar untuk mengejar Sunset.

Sambil mengendarai sepeda kamipun dimanjakan oleh pemandangan dan suasana perjalan yang masih alami. Hamparan rumput ilalalang dan jalan setapak melengkapi petualangan sepeda kali ini.

Kekaguman akan pesona Pulau Tidung ini seakan tak pernah lepas dari mata ini memandang.

“Maha Besar Allah yang telah Menciptakan Segala NYA”

Bersepeda  Bareng ke Pantai Barat Pulau Tidung

Bersepeda Bareng ke Pantai Barat Pulau Tidung

Benar-benar masih alami dan punya kekhasan tersendiri. Hamparan padang ilalang dan jalan sepeda yang hanya segaris. Wow jarang-jarang ada rute yang seperti ini lho….

Tak lama kemudian kamipun menyaksikan Sunset yang benar-benar mempesona. Wow Sunsetnya benar-benar cantik lho….Ada perahu nelayan persis dibawah sunset. Benar-benar Sunset yang cantik !!!

Menangkap Sunset di Pantai Barat Pulau Tidung Besar

Menangkap Sunset di Pantai Barat Pulau Tidung Besar

Ketika malam tiba, kamipun bersantap malam dengan lahap dengan hidangan ikan bakar dan berbagai lauk lainnya….Amboi…bikin perut kita-kita benar-benar kenyang setelah penat bersepeda tadi sore.

Lalu dilanjutkan dengan malam keakraban yang diisi dengan atraksi performance dari masing-masing peserta tour.

Wakakak….semua peserta unjuk kebolehannya, ada yang nyanyi, bergitar, berdance, baca puisi, baca prosa, tebak-tebakan, bahkan berbagai kekonyolan yang sifatnya spontan, wakakak…bikin sakit perut dan gigi kering karena ketawa-ketiwi….

Sa’at pagi keesokan harinya, selesai bersantap pagi (kali ini dengan nasi goreng lengkap telor mata sapi, ayam goreng, sambal, kerupuk)…wow…sarapan pagi yang istimewa & nikmat, kamipun bergegas untuk bersnokling.

Pagi Minggu 6 Juni 21010 di Dermaga Pulau Tidung

Pagi Minggu 6 Juni 21010 di Dermaga Pulau Tidung

Kapal penyeberangan umum pulau Tidung siap berangkat jam 7 pagi ke Jakarta

Kapal penyeberangan umum pulau Tidung siap berangkat jam 7 pagi ke Jakarta

Kamipun naik ke kapal untuk menuju Pulau Tidung Kecil di sebelah Timur. Menurut guide tour kami disinilah kami akan bersnokling ria. Meski cuaca sedikit gerimis dan agak mendung kamipun tetap bersnokling. Karena menurut guide kami kondisi untuk bersnokling ria masih aman. Malah peserta perempuan jadi senang, karena kulit jadi tidak terbakar, hahaha…

Action bareng sebelum section Snokling

Action bareng sebelum section Snokling

Nah semua peralatanpun kami pasang. Masker Snokling, Baju pelampung / Life guard, Kaki katak dan tak ketinggaln sejumlah oles-olesan sunblock di sekujur badan dan muka, sebelum aktivitas snokling ini kami lakoni. Pokoknya persipannya lengkap oi….

Ayo, tebak mana saya ...

Ayo, tebak mana saya ...

Setelah dapat titik yang lumayan pas, kamipun terjun ke laut. Bagi yang sedikit penakut turun ke perahu dulu, diantar ke titik yang agak dangkal baru nyemplung ke air, hahaha….

Sa'at snokling tiba, yes nyeplung beneran dech

Sa'at snokling tiba, yes nyeplung beneran dech

Ternyata airnya lumayan dingin, mungkin karena tadinya gerimis….dan yang pasti airnya tetap asin…..hahaha….

Siane dgn action Putri Duyungnya....

Siane dgn action Putri Duyungnya....

wajah-wajah after snokling oi....

wajah-wajah after snokling oi....

Selesai bersnokling kitapun kembali ke darat. Mandi untuk bilas badan yang mulai asin karena air laut dan segera lanjut untuk bersantap siang. Hem…pokoknya mantap dech….

Sebelum kita meninggalkan Pulau Tidung, tak lupa kita menyerahkan bingkisan “tong sampah” untuk mengingatkan para pengunjung dan masyarakat akan kebersihan lingkungan yang harus tetap dijaga. “Save our Earth” dan beberapa contoh kreasi dari barang bekas botol minuman ringan untuk dijadikan survenir yang bisa dijual oleh “BOY” Tidung.

Semoga cindera mata dari kita ini bermanfa’at dan memberi indpirasi bagi kalian yach !!!.

Tepat pukul 14.30 kapal kamipun meninggalkan dermaga Pulau Tidung.

We are in Wonderful Club of Summarecon

We are in Wonderful Club of Summarecon

Bye, bye…. pulau Tidung, bocah-bocah dan the “Boy” Tidung yang telah jadi guide kami selama di Pulau. Suatu hari nanti kami akan mengunjungimu lagi !!!!.

Berikut ini Puisi yang sempat kutulis selama di Pulau Tidung.

PESONA PULAU TIDUNG
Oleh : Elindasari

Pulau Tidung nan Elok,
Sa’at kuterbagun disubuhmu,
Kudengar suara gema wahyu,
Terdengar kumandang Adzan yang sahdu,
Bersih dan Jernih di gendang telingaku,
Aku pun bangkit dari tidur yang lelap,
Fajar telah datang membawa berkahnya,

Pulau Tidung nan Jelita,
Matahari pagimu sangat indah,
Kedatanganmu menghangatkan bumi,
Ditunggu ratusan pasangan mata,
Syukur, dan kecak kekaguman atas hadirmu,
Ciptaan Sang Penguasa Alam,
Tua Muda, berjalan santai, berlari kecil, menggerakan badan,
Menyusuri bibirmu yang eksotis,
Dibalut udara pantai nan segar,
Pasir putihmu, air lautmu penuh kemilau,
Senda gurau dan gelak tawa kamipun berderai,

Pulau Tidung nan Cantik,
Siangmu tampak cerah,
Rangkaian potret nan indah melingkar,
Potret nyata kekayaan ke Pulauan Indonesia,
Sejarah dan legenda,
Perkampungan bagai diujung kaki alam
Pantaimu berdampingan dengan sang anak dengan damai,
Pulau Tidung Besar dan Kecil,
Hamparan pasirmu memamerkan pesona keindahanmu,
Sungguh meminang hatiku,

Pulau Tidung nan Elok,
Sore dan sunsetmu menakjubkan
Diudara yang mulai berangin sepoi,
Kumpulan burung terbang indah,
Menuju Malam,
Dalam jutaan warna pelangi,
Mengelilingi matahari keperaduan,

Pulau Tidung nan Jelita,
Malammu penuh kerdipan lampu di sekeliling,
Berpusat kemilau Pulau yang menyimpan budaya,
Bulan dan bintang dikepalaku,
Berbagai hidangan laut menemani,
Rasa damai berpelukan denganmu,
Oh, Pesona Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil,
Suatu hari,
Kami kan kembali mengunjungimu !

Berikut ini juga beberapa photo Panorama Pulau Tidung yang mempesona itu. Ada yang penasaran mengunjunginya setelah melihat postingan photo-photo berikut ? Aha…silakan disimak, siapa tahu ada yang berminat ke sana !!!

Sunset di Pulau Tidung

Sunset di Pulau Tidung

Terumbu Karang Pulau  Tidung

Terumbu Karang Pulau Tidung

Pasir Putih Pantai P Tidung

Pasir Putih Pantai P Tidung

Jembatan Penghubung P Tidung Besar & P Tidung Kecil

Jembatan Penghubung P Tidung Besar & P Tidung Kecil

Kerambah di Pantai Pulau Tidung

Kerambah di Pantai Pulau Tidung

Lapangan Futsal dan Volley fasilitas Pulau Tidung

Lapangan Futsal dan Volley fasilitas Pulau Tidung

Jogging Track di sepanjang P Tidung

Jogging Track di sepanjang P Tidung

Fasilitas Sepeda utk Pengunjung

Fasilitas Sepeda utk Pengunjung

Penginapan di Pulau Tidung

Penginapan di Pulau Tidung

Peralatan Snokling tersedia lengkap di P. Tidung

Peralatan Snokling tersedia lengkap di P. Tidung

Sekitar jam 17.45 sore kapal kamipun berlabuh kembali di dermaga Muara Angke.

Yes… kami sudah tiba kembali di Jakarta. Meski badan terasa lumayan capek, tapi hati kami sangat happy, karena telah menghabiskan week end kami kali ini di Pulau Tidung Besar & Kecil yang penuh “PESONA”. Sampai jumpa di tour kami berikutnya !!!.

O yach atas usulan dari beberapa rekan agar saya turut informasikan, jika ada yang berminat untuk berkunjung ke Pulau Tidung bisa contact sebagai Event Organizer Tour dengan :
Ibu Martini di HP 0857 2394 9891

Semoga tulisan ini memberi manfa’at dan inspirasi.

About these ads

Komentar»

1. Metta - Juni 7, 2010

Contact person and fasilitasnya tolong ditambahin Bu..
Biar org kalo mau kesana gampang.

Pulau Tidung-aja - Mei 28, 2012

Kapan ke pulau lagi?

2. elindasari - Juni 7, 2010

O yach….itu perlu juga yach Mett !. Oklah kalau begitu saya tambahin contact person jika ada yang minat ke Pulau Tidung :) :) :)

Thanks Mamet atas inputnya :)

best regard,
Bintang

3. nh18 - Juni 7, 2010

Pulau tidung jauh juga ya dari Jakarta

Saya ke pulau bidadari yang cuma 30 menit aja deg-degannya minta ampun apa lagi ini yang 3 jam
arrghhh

Yang jelas …
Fotonya keren-keren bu …
very nice …
bisa tergambar dengan jelas kegembiraan yang terpancar dari para peserta tur ini

Salam saya Bu

elindasari - Juni 8, 2010

Hahaha…memang jarak tempuhnya lumayan lama Om Trainer, tapi setimpal dengan keindahan panorama alamnya. So Amazing !.

Nah, kapan kita tour bareng Om, sesama blogger ?. Pasti seru dan asyik…apalah nanti postingannya…wow…nggak bisa ngebayangi dech kalau para blogger tour bareng ke suatu tempat yang eksotik….pasti seru !!!

Best regard,
Bintang

nanda.artiningtyas - Desember 15, 2010

cakep banget yah……….

4. ciput - Juni 8, 2010

ramai banget suasananya, seramai poto di postingannya.

elindasari - Juni 8, 2010

Hahaha…iyach Ciput….seru abis…karena semuanya pada keranjingan photo, wakakak…..

Best regard,
Bintang

5. camera - Juni 8, 2010

wah kayanya asik banget tuh…

elindasari - Juni 9, 2010

Hahaha…memang asyik, yuk ikutan ke P tidung :) :) :)

Best regard,
Bintang

6. tutinonka - Juni 8, 2010

Wow …. emang cantik bener Pulau Tidung. Tapi lebih cantik model ‘bintang’nya tuh …. wahahaha! Sekian lama nggak mau pasang foto, sekalinya pasang, alamaaak …. narsisnya ampun-ampunan … :D

Bener, saya tertarik ke Pulau Tidung. Tapi seperti kata Om Trainer, agak was-was juga membayangkan naik kapal 3 jam. Haduuh … aman gak ya … :( Coba ada helikopter ya, pasti syik-asyik …

Oke Mbak, terimakasih infonya. Sdah dicatat nih di buku agenda …

salam hangat,

elindasari - Juni 9, 2010

Hem, betul mbak…alamnya memang indah. Kalau sudah lihat2 keindahan beberapa tempat di Indonesia, kita jadi bangga jadi orang Indonesia. Karena Alam kita itu nggak kalah dengan negara2 lain.

Hahaha…sekarang jadi narsis mbak…krn sepertinya nggak asyik juga bersembunyi di balik sketsa2 melulu, jadi menampakkan diri dech, dan aksinya bikin pusing…narsis abis…wakakak….

Oyach mbak, menurut info jika ingin ke P Tidung dgn jarak tempuh lebih cepat bisa naik speedboat atau kapal cepat dari Marina Ancol. Hanya untuk biaya jadi lebih ahal sedikit :)

Kalau helikopter…..hem lupa nanya…kemarin di Pulau Tidung ada landasan helicopter nggak yach ?…hahaha…asli…lupa nanya….hahaha…kalau kesana naik heli saya juga mau lagi mbak diajak kesana biar bisa snokling lagi, hehehe….

Best regard,
Bintang

7. edratna - Juni 8, 2010

Linda, senang membaca reportasenya ini…lengkap..kap.
Berasa ikut menikmati piknik

Aturan piknik yang menyenangkan: Dalam rombongan tak terlalu besar dan semua teman2 sendiri. Karena walau tempat tujuan indah, akan berkurang nikmatnya jika peserta dalam rombongan kurang akrab.

Terlihat sekali Linda sangat menikmati perjalanannnya, dan yang naksir…naik sepeda keliling pulau…wahh pasti senang sekali bisa melihat sampai detail keadaan pulau itu.
Saya seperti om trainer….membayangkan naik kapal 3 (tiga) jam…..agak serem juga

elindasari - Juni 9, 2010

Hahaha…tournya memang menyenangkan bunda. Alhamdullillah semuanya berjalan lancar, bahkan kita punya kenangan tersendiri tentang pesona P Tidung ini.

Pulau ini dikelola oleh pddk setempat, mulai dari kapal motor, penginapan, guide, dll bunda. So…keasrian dan kelamiannya masih terjaga.

Nah, kapan bunda Ratna berkunjung juga ke sana ?. Oyach bunda sebagai info, kalau mau berkunjung kesana dgn lebih cepat bisa juga naik speed boat atau kapal cepat dari Marina Ancol, bunda…hanya mungkin sedikit lebih mahal :) :) :)

Ok, bunda see you :)

Best regard,
Bintang

8. ahsanfile - Juni 15, 2010

Pengalaman yang seru sekali…
dan cara menceritakan kembali yang bagus.. membuat pembacanya serasa ikut dalam acara tersebut…

elindasari - Juni 22, 2010

Asyik….seneng kalau para pembaca juga ikuitan terhibur, terima kasih atas kunjungannya yach :)

best regard,
Bintang

9. teguh prayitno - Juni 15, 2010

keren banget………

10. Bang Iwan - Juni 21, 2010

Panorama yang sangat indah…
Menghasilkan puisi yang sangat indah pula.
Salam hangat.

elindasari - Juni 22, 2010

Iyach nich Mas…pemandangannya bagus. Bisa memberi inspirasi bagi siapa saja yang berkunjung kesana :)

Terima kasih kunjungannya Mas :)

best regard,
Bintang

11. isnuansa - Juli 7, 2010

Menyenangkan ya Mbak, jalan2 ke sana. Saya juga sudah pernah. Kalau ngetik di Google dengan kata kunci Pulau Tidung, blog saya ada di nomer 1, makanya ribet jawabin pertanyaan soal biaya dan lain sebagainya.

Makasih karena telah berbagi nomer HP penyelenggara, soalnya yang saya punya sudah nggak aktif lagi HPnya, padahal banyak yang tanya.

Kalau gitu saya kasih nomer itu saja ya, Ibu Martini.

Salam kenal ;-)

12. Harjo - Juli 8, 2010

Baru mau berangkat neh … besok (10/7), cuma belum dapat penginapan … hehehe …

13. faisal - Juli 16, 2010

31juli-1 agust ada space gg?

@Maksudnya ???
best regard,
Bintang

14. Wya - Juli 28, 2010

Boleh dong dikirim info penawaran holiday package untuk 2 malam di pulau tidung…
email ya ke alamat dibawah ini :
widya_sunarto22@yahoo.co.id
herri_myute@yahoo.co.id

15. mbak'e - Agustus 5, 2010

Aku juga mau dong dikirim info penawaran holiday package untuk 2 malam di pulau tidung…
email ya ke alamat dibawah ini :
ade.khusnul@gmail.com

elindasari - Agustus 6, 2010

Mungkin bisa langsung kontak ke No HP yang tercantum dlm artikel saya tsb Ade :).
Terima kasih.

Best regard,
Bintang

16. Asia Hotels Review - Januari 5, 2011

Dengar2 sekarang pulau ini jadi kotor ya

17. indonesian exotic islands - Januari 14, 2011

libur kuliah nanti pasti gw kesana.. Bosan juga di jakarta yang padat..

18. uchup - Januari 22, 2011

tau nomor yg bisa dihubungi ga utk penginapan dsana???

klo ada, bagi dunk
ke jl.mangga_no17@yahoo.com
mohon infonya ^_^

19. Romy - Mei 5, 2011

Yang mau booking paket murah atau cuma booking home staynya saja ke Pulau Tidung ??? silahkan lihat disini http://bandarpulautidung.blogspot.com atau di MyTidung.com

Jasa yang tidak perlu diragukan lagi, jam terbang di atas awan, yang lbh kerennya lagi melayani khusus PULAU TIDUNG… pokoknya Besseler bgt deh all ~_~!!

20. cheny oenadi - Juni 22, 2011

thanks for sharing..

boleh tau penginapannya bersih ga ya? n gmn dgn toilet nya?
kok gak posting foto kamarnya? hehehe..

21. Ingrid - Juli 7, 2011

Terus terang menurut saya Pulau Tidung tidak recommend untuk anak-anak apalagi orang tua.. karena perjalanannya yang sangat tidak nyaman (dari Muara Angke) intinya tidak ada safetynya sama sekali.
Mungkin benar penduduk Pulau Tidung tidak ingin, tempat mereka dirubah-rubah.. tapi untuk pulau yang sering dikunjungi wisatawan alangkah baiknya kalau pulau tersebut sedikit mau berbenah.

22. Dwibangga Guskarna - September 7, 2011

Alternatif tempat wisata yang menyenangkan.

23. emre H. - September 14, 2011

saya suka dengan gaya tulisan serta foto dokumentasi yang anda sajikan dengan begitu sempurna sehingga membuat para pembacanya yang belum pernah kepulau tersebut bisa membayangkan suasana pulau tidung. terima kasih atas sharingnya……

24. agus - Oktober 21, 2011

Makasih infonya.

25. Anie ardyani - Oktober 27, 2011

Mantappppp……
Indahhhh……….

26. Pulau Seribu - November 5, 2011

Seru banget ni reportasenya…. tnx ya dah berbagi

27. Agus Subagio - November 10, 2011

Sudahkan pernah kunjungi Karimun Jawa ? Kayaknya P.Tidung ada punya saingan yang lebih mantapz suasana & view lautnya…….

28. Wandie Kakoi - November 13, 2011

mau kesana tapi bingung akomodasi dari bandung ke muara angke ,,, ada yg tau??

29. andri - Februari 19, 2012

Bu emang. Jadwal kapal yg ke pulau tidung cuman pagi ajah, ga ada jadwal siang?

30. armanmulyadin - April 11, 2012

Keren banget…

31. anto - Oktober 11, 2012

keren abisssssssss cucok boooo

32. ka jay - Oktober 12, 2012

mantabb…..

33. Wisata Pulau Tidung - November 12, 2012

Simply desire to say your article is as surprising.
The clarity in your publish is just spectacular
and i could assume you’re knowledgeable on this subject. Fine along with your permission let me to take hold of your RSS feed to stay updated with coming near near post. Thank you a million and please continue the rewarding work.

34. Munawar Pulau Tidung - November 15, 2012

Bu, Kapan ke Pulau lagi? contact saya ya.. salam dari Pulau Tidung Munawar

pulau tidung - November 24, 2012

emm kayanya jawabanya simpe maaf ya saya udah ke Pulau Tidung lewat Pulau Tidung

marjuk - November 24, 2012

emm kayanya jawabanya simpe maaf ya saya udah ke Pulau Tidung lewat CV. Pulau Tidung Traveling

35. pulau tidung - November 30, 2012

Puisi yang indah. Izin copas yah. Mkasih

36. pulau seribu - Desember 8, 2012

ikutan donk kalo jalan- jalan

37. Sri Rahayu - Desember 11, 2012

InsyaAllah saya dan keluarga mau ke Pulo tidung di bulan januari 2013 nti.

38. Pulau Tidung - Januari 28, 2013

gambaran Artikel nya sesuai dengan kondii real di Pulau Tidung,,
Pengalaman yg sgt mengesankan..

39. iwan tidung - Februari 17, 2013

Jembatan cinta pulau tidung sudah selesai di perbaiki lho…
Sekedar informasi tambahan bagi yang ingin berkunjung ke pulau tidung.

40. pulau tidung - Maret 23, 2013

berwisata ke pulau tidung memang menyenangkan gan.saya yakin agan dapat pengalaman yang berharga.Salam kenal dari pulau tidung mbak

41. paket wisata pulau tidung murah - Februari 8, 2014

Thanks on your marvelous posting! I actually enjoyed reading it, you will be a
great author.I will make sure to bookmark your blog
and will often come back later in life. I want to
encourage you to definitely continue your great work, have a nice day!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: