jump to navigation

BERKREASI DENGAN KALENG BEKAS Agustus 12, 2009

Posted by elindasari in Belajar.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Setelah sekian lama saya nggak sempat mempostingkan tulisan diblog saya, kali ini saya ingin kembali mengajak para pembaca, para sahabat blogger yang mungkin juga senang berkreasi dengan barang-barang yang biasanya sering teronggok / kita buang begitu saja di tempat sampah menjadi sesuatu yang masih berguna. Pikir-pikir refeshing sambil menyalurkan kegemaran melukis. Ada yang ingin mencoba juga ?

Caranya sangat mudah, hanya dengan sedikit kejelian dan kreasi maka saya siap mengajak para pembaca mengubah barang-barang yang tidak terpakai tersebut jadi barang yang lebih bermanfa’at. Ada yang masih penasaran yuk kita kupas.

KREASI KALENG BEKAS MENJADI TEMPAT UANG (CELENGAN) & TEMPAT TISU

celengan

celengan

tempat tisu

tempat tisu

Bahan yang diperlukan :
1. Kaleng bekas susu ukuran 400 ml qty : 1 bh
2. Cat pilox (warna boleh apa saja, yang cerah) utk cat dasar qty : 1 klg
3. Spidol snowman paint (warna hitam, warna gelap) utk melukis / menggbr qty : 1 buah
4. Koran bekas (untuk alas mengecat) qty : 1 lbr

Catatan:
Cat pilox untuk 1 kaleng 400 ml bisa dipakai untuk +/- 10 kaleng.
Spidol snowman paint bisa dipakai untuk +/- 10 kaleng.

Alat-alat yang dipakai :
1. Cutter qty : 1 bh

Estimasi biaya :
1. Kaleng bekas susu ukuran 900 ml qty : 1 bh x Rp. 0,-
2. Cat pilox 400 ml (warna cerah) qty : 1 klg x Rp. 18.000
(bisa utk bebarapa buah hasil kreasi +/- 20 buah)
3. Spidol snowman paint (warna hitam /gelap) qty : 1 bh x Rp. 15.000
(bisa utk bebarapa buah hasil kreasi +/- 20 buah)
4. Koran bekas qty : 1 lbr x Rp. 0,- = Rp. 0,-
TOTAL Rp. 33.000,-
(bisa utk bebarapa buah hasil kreasi +/- 20 buah hasil kreasi, lumayan hemat bukan ?)

Cara membuat :
1. Kaleng bekas dibersihkan terlebih dahulu (bisa dicuci dan dijemur hingga kering)
2. Kaleng yang sudah bersih lalu di cat menggunakan cat pilox. Sebelum menyemprotkan cat pilox, kaleng cat pilox dikocok beberapa kali agar cairan cat di dalam kaleng rata. Semprotkan cat secukupnya saja, (tidak perlu tebal) tapi rata ke semua permukaan kaleng.
3. Lalu kaleng yang sudah dicat tadi jemur di bawah sinar matahari hingga kering beralaskan koran.
4. Setelah kering kaleng tadi siap di lukis /digambar dengan menggunakan spidol snowman paint. Caranya kocok terlebih dahulu spidol sebelum digunakan untuk menggambar. Lalu buatlah gambar yang menarik sesuai tema yang anda inginkan.
5. Setelah selesai dilukis / digambar, lalu tutup kaleng dilubangi dengan “LURUS” sepanjang +/- 4 cm , lebar 0,5 cm dgn menggunakan cutter untuk lubang masuk uang kertas / logam (Utk celengan),
6. Setelah selesai dilukis / digambar, lalu tutup kaleng dilubangi dengan diameter +/- 4 cm dgn menggunakan cutter untuk lubang tisu (Utk Celengan)
7. Pasang tutup yang sudah dilubangi tadi sebagai penutup kaleng.
8. Selesai.

Yuk, kita lihat foto-foto mulai dari bahan, proses pengecatan, prose melukis kaleng dan hasil akhirnya !

Nah, sekarang bisa dilihat hasil kreasi utk tempat tisu dan celengan, cukup menarik bukan ?.
Ok, semoga bermafa’at & memberi inspirasi. Jika ada yang masih kurang jelas, bisa meninggalkan jejak di komentar, selamat mencoba & berkreasi !

About these ads

Komentar»

1. omiyan - Agustus 13, 2009

duh kreatif banget saya juga masih memanfaatkan kaleng susu bekas anak, tapi ga sampai di warnai…boleh juga idenya

@Yap, silahkan dicoba mbak Omiyan, siapa tahu ada ide lain lho :) :) :)
Best regard,
Bintang

Berruk Slalu Tercxiyty - Mei 28, 2012

seandainya negara ini kreatif kaya gitu dmua maju pazti

2. Pakde Cholik - Agustus 15, 2009

Saya dulu juga mempunyai tabungan dari kaleng bekas cat, tapi nggak pake di cat segala, maklum tinggal di kampung dan jaman lagi susah.
Mungkin cucu2 harus diajari kreatif sambil menghabiskan kalengb susu mereka. Kalau karyanya bagus kan bisa dipasarkan kepada teman atau tetangganya ya.
Kreasi yang perlu dikembangkan.
Salam hangat dari pakde di Surabaya.

@Salam kenal dan hangat juga buat Pakde Cholik di Surabaya, pakde Surabayanya dimana ?. Saya kalau pulang kampung di Margorejo lho :)
best regard,
Bintang

3. septarius - Agustus 15, 2009

go green…!!

artikelnya dan tipsnya menarik mbak..
bagus hasilnya

-salam-

@Terima kasih Septarius, semoga bisa memberi inspirasi :)
Best regard,
Bintang

4. firman - Agustus 16, 2009

iya udah lama pengen manfaatin barang bekas, api belom kesampaian juga,… nice post dan salam kenal

@Salam kenal juga firman, selamat berkreasi juga yach :)
Best regard,
Bintang

5. perempuan2 - Agustus 17, 2009

Wah wah kreatif salam kenal mbak dari http://perempuan2.wordpress.com

@Salam kenal juga dari saya buat eni yach :) :) :)
Best regard,
Bintang

6. nh18 - Agustus 18, 2009

Ahaaa …
Linda strikes again …
Upaya kreatifitas kecil yang bisa berperanan besar bagi kita semua …
Terus berkreasi … !!!

Salam saya
NH18

@Terima kasih Om trainer, semoga memberi inspirasi hahaha :) :) :)
Best regard,
bintang

7. Rina Suryakusuma - Agustus 18, 2009

Duh mbak Erna, kreatif banget mbak…

@hahaha, hanya iseng Rina :) sambil merefresh diri, hahaha :) :) :) Gimana kabar novelmu yang terbaru Rin ?
Best regard,
Bintang

8. dyah suminar - Agustus 18, 2009

Wow…mbak linda…lagi lagi membuat kita berpikir ulang kalau mau buang sampah.
Terimakasih ide kreatifnya….langsung Bunda berikan untuk para pendidik PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini )…

@Iyach silahkan bunda Dyah, semoga memberi inspirasi bunda :) :) :)
best regard,
Bintang

9. mikekono - Agustus 19, 2009

wow….inspiring
kreatif dan kereen bangun tuh
kreasinya……..,di Medan
ada juga teman saya
piawai mendaur ulang sampah…..
……

@Hahaha hanya iseng bang Mike, wah kapan2 kalau ke Medan bisa lihat hasil kreasi teman bang Mike itu juga yach :) :) :)
best regard,
Bintang

10. nh18 - Agustus 21, 2009

Bintang …
Om Trainer mau menyampaikan ucapan
Mohon Maaf Lahir Bathin ya …

Salam saya
NH18

@Wah sama-sama Om trainer. Mohon ma’af lahir bathin juga Om :) :) :)
Best regard,
Bintang

11. alamendah - Agustus 21, 2009

Marhaban ya Ramadan.
Sambut bulan ramadan dengan kebersihan jiwa untuk menggapai kemenangan yang hakiki.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya

@Terima kasih Alamendah. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk kamu juga yach :)
Best regard,
Bintang

12. edratna - Agustus 26, 2009

Wahh setelah jadi…kalengnya jadi bagus.
Ide yang menarik dan patut ditiru.

@Terima ksh bunda, silahkan dicoba bila penasaran :) :) :)
Best regard,
Bintang

13. Ikkyu_san - Agustus 27, 2009

memang sebetulnya banyak manfaat membuat recycle begini ya.Cuma di Jepang sedapat mungkin aku membuang barang Bintang…soalnya ngga ada tempat untuk menaruhnya. Masalah space adalah masalah yang paling pelik bagi ibu rt di sini.

EM

@Yach, betul juga mbak Imelda. Hanya kalau di Indonesia, mungkin hal ini bisa menjadi contoh bagi si kecil utk berkreasi :) :) :)
Terima kasih sudah singgah & sharing disini mbak :)

Best regard,
Bintang

14. tutinonka - Agustus 30, 2009

Saya tertarik membuat celengan, tapi … yang mau ditabung apa ya? Soalnya, tabungan sudah ada di bank. Mungkin koin saja ya, dan kalau sudah terkumpul, dibuka untuk disedekahkan …
Kalau tempat tisunya, memang bermanfaat banget tuh.
Terimakasih ide kreatifnya, Mbak Elinda.

Salam hangat,
Tuti

Hehehehe, bisa juga kalau hasil koleksi celengannya banyak untuk dibagikan ke anak-anak mbak, terus bilang ke mereka kalau celengan ini harus diisi secara rutin (nggak meski uang recehan, uang gede juga boleh, hihihi). Nanti kalau Idul Adha tiba bisa untuk beli hewan kurban, gimana mbak ?.

Best regard,
bintang

15. ifan - September 15, 2009

kl kalengny kaleng susu bendera gmn?
g ada tutupny.

@Terima kasih atas kunjungannya disini. Bisa kita tambah / dibuatkan dari bahan lain, misalnya bekas karton tebal, papan tiplex bekas, dll ifan dan tambahkan sentuhan kreasi lain agar tetap cantik, gimana :)
Best regard,

Bintang

http://elindasari.wordpress.com

16. nia - Oktober 16, 2009

mba, bgmn tahapan melukis d kaleng menggunakan cat ..?
krn sptny kurang aman utk anak2 saat membuat dg mggunakan pilox.
Dan cat apa / merk apa yg bs dgunakan utk media kaleng..
thanx ya mba..

17. nomi - April 12, 2010

mba, bisa mintak info nya lenbih panjang n jelas lg nggak
soal nya aku mau ambil judul ini untuk skripsi ku?

18. iche - April 17, 2010

wah,ide bagus.bs dijual hasilnya buat tambahan penghasilan keluarga.:-)tul gak?

19. ima - Mei 4, 2010

duh mba kebetulan quh tuh seneng banget bikin kerajinan tangan ksusnya dari barang bekas.Buat quh hasil mba bener2 bagus banget end kalo ada kerajinan yang laen plis toong kasih taw yang banyak end panjang iah mba jd quh jg isa blajar so….biar tambah mahir geto deh kyak mba……
plizz blez iah mba coz berarti banget nie

@Sip Ima, segera saya posting lagi jika sempet yach :) :) :)
Best regard,
Bintang

20. joe - Mei 11, 2010

makasih bgt ya mbak idenya… saya dah pusing mo diapain ni kaleng susu anaku…

@Sama-sama Joe, senang bisa memberi inspirasi :)

Best regard,
Bintang

21. jesy - Juni 2, 2010

aq mo tanya bag. dlmx juga dicat ga? trus aq nyoba dr cat besi tp hasilnya jelek

22. Jessica - Juni 10, 2010

Hi, nama saya Jessica
Saya lagi mau mencoba melukis di media kaleng seperti yg sis ajarkan..tapi pengennya sih lukis di ember yg bahan kaleng gitu. Kira-kira beli ember bahan tin/kaleng nya ke mana ya sis? Thanks for inspirasinya. ;)

Kind regards,
Jessica

23. lina - Juni 14, 2010

wah….makasih banget nih mba, kebetulan saya lagi cari2 cara buat
memamfaatkan kaleng bekas susu, tapi klo mo lukis dikaleng pake kuas
cat nya pake apa ya mba ?

24. diane eka - Agustus 19, 2010

Wow..this is what i need..iya mbak..pakai cat apa y..biar aman untuk anak-anak…

25. diana - Desember 1, 2010

Wow, keren mbak… Salam kenal ya..

26. susanto - Januari 5, 2011

halo semua…
perkenalkan saya susanto
kebetulan di tempat kami banyak nih kaleng susu maupun bekas minuman kaleng yang ngga kepakai…
klo ada yang mau hub kami di 085869439500
anda tidak usah kawatir kaleng rusak dan sebagainya…
karena saya menggunakan pembuka kaleng dengan mesin khusus, sehingga pinggiran kaleng rapi dari bekas bukaan atasnya,..sengaja kami kumpulkan..untuk dapat membantu anda yang punya kreatifitas dalam mengolah barang tak terpakai..

daniel - April 9, 2011

gratis ga..?

27. endang - Januari 14, 2011

thaks ya mbak ide nya!!!!
akan aku cba kok…hehehee

28. dea - Januari 19, 2011

wow……….this is very very good…..good idea cool…

29. mondang - Januari 20, 2011

sangat kreatif tapi kalau bisa lebih banyak contoh lagi dari bahan dasar kaleng susu kan bukan cuma kaleng yang bertutup aja yang ada tapi juga dengan kaleng susu kental manis terima kasih.

30. nita - Januari 21, 2011

Mbak, numpang ngintip idenya inspiring bgt. Mau tanya jg, pas cat pakai pilox hrs 2 lapis atau cukup 1 lapis? Thx ya mbak :)

31. Dewik - Januari 26, 2011

.q bngung nhe mw bkin ap dr kaleng bekas..?? mohon d’ksih saran yg mnolong q.trimz

32. amelia - Maret 10, 2011

halo mbak…salam kenal nih…
aku pgn juga neh bikin celengan dr kaleng…tp…masalahnya…kaleng yg aku punya neh ‘full’ kaleng. gak ada bagian plastiknya…(mmg dr kaleng bekas rokok)…ceritanya..aku pgn buat isi goody-bag utk ultah anakku…plus mengajak teman2nya buat menabung…bgtu…
plz…sarannya dunk… thx before….^____^

33. wah uni - Mei 25, 2011

bagus banget….semoga tambah banyak langganan…tapi tolong tambahin fotonya ya…

34. rizky alamsyah - Mei 25, 2011

saya juga membuat…tapi kalo mau di jual bingung,soal pemasarannya…tolong bantu yha buat pemasarannya..mkasih

35. yuki ginanjar - Juni 7, 2011

Kreatif banget, harus dicoba di rumah..Tempat pembuatannya dimana ya bu?

36. alvesh far far - Juni 9, 2011

kok jelek banggat ya !!!!

37. Enggar - Juli 14, 2011

terima kasih infony ^_^
stop 9lobal warmin9 eman9 harus dimulai dari diri sendiri

38. yenni - Agustus 6, 2011

Bintang, thanks for sharing

39. cara memanfaatkan kaleng bekas versi ibu2 pkk tegalan « yogacahtegalan - November 6, 2011

[...] BERKREASI DENGAN KALENG BEKAS [...]

40. JUSTIN BIEBER - Desember 3, 2011

THANKS MOM

41. dyancreatif - Desember 3, 2011

bagus sekali itu buk jdi saya bisa mendapat ilmu baru lumayan bisa berkreasi lewat kaleng bekas…

42. deni tiranda - Desember 7, 2011

berarti kita tidak perlu membuang sampah kita dapat mendaur nya

43. andre - Januari 29, 2012

saya mau tau berapa harga per kg kaleng bekas cat

44. edisp - Februari 29, 2012

mantaaap…..mengurangi limbah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat setidaknya dari lingkungan rumah kita sendiri.
numpang menjiplak idenya yaaaa

45. Lilik Maryanto - Mei 1, 2012

yuk kunjungi juga http://www.lilikmaryanto.co.cc untuk investasi masa depan ^_^

46. julian nurrafi - Mei 13, 2012

kuranng menarik juga sih;;;maaf ya sya hanyamengkritik saja trima kasih :}

47. mila - Oktober 27, 2012

Wah thanks atas infonya

48. aranio creatif - Oktober 29, 2012

ada yang lain gak/

49. Masyogo - Desember 5, 2012

good nice bgt bu..like

50. ahmad rofiki - Desember 21, 2012

kreatif bnget klo dari kaleng bekas rokok bisa gak?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: