jump to navigation

INFO ALAMAT BURSA BUKU exs KWITANG BAGI PENCINTA BUKU Oktober 22, 2008

Posted by elindasari in Artikel.
Tags: , , , ,
trackback

Silahkan diteruskan (copy & paste) di blog / milis para pembaca sekalian.
Ayo dukung mereka ! 
J  J  J  J  J

 

Menelusuri Gusuran Bursa Buku Kwitang

 

Sebagai pecinta buku bekas (bermutu) saya merasa kehilangan dengan
digusurnya pedagang buku Kwitang, Senen Jakarta Pusat. Di bekas lokasi
terpampang spanduk yang menginformasikan pedagang buku kwitang pindah ke Bursa Buku Murah di lantai IV Proyek Senen tak jauh dari lokasi gusuran. Saya pun menuju ke sana dan menjumpai para pedagang yang mulai menggelar buku-buku dan majalah.

Masih banyak yang belum buka mungkin karena ragu karena pengunjung
masih sepi. Harga buku nampaknya dibanting karena selama masa transisi
ini para pedagang perlu punya penghasilan untuk menghidupi asap dapur
di rumah. Pengunjung kebanyakan pelajar dan mahasiswa yang mencari buku berharga miring dan buku-buku yang sukar dicari di toko buku.

Ternyata tidak semua pedagang buku Kwitang pindah ke Proyek Senen.
Sekitar +/- 50 pedagang memilih pindah ke Mall Jakarta City Center (JaCC), Jl. Waduk Melati Raya, lantai 3 A belakang Hotel Indonesia.

Di Mall JaCC ini, buku-buku dan majalah yang ditawarkan juga beraneka ragam dan cukup menarik, harganya juga murah.

Bagi pecinta buku tentu sudah tidak asing dengan harga jual-beli yang biasa

dilakukan bukan ?. (bisa ditawar dan system borongan, hehehe)

 

Lokasinya sudah tentu lebih nyaman ber AC pula. Mereka boleh berdagang dengan sewa kios yang terjangkau yaitu Rp 300.000 untuk dua tahun.  Lumayan murah, namun mana pembelinya ?

 

Sama seperti di Proyek Senen lantai IV, pengunjung masih  sepi !

Tinggallah menginformasikan agar para pencinta buku mengetahui
lokasi ke dua tempat baru ini.

Di Mall memang telah terpampang spanduk besar Bursa Buku Murah tapi
pengunjung mall juga tak seberapa, sehingga yang mampir ke lantai 3A
dapat dihitung dengan jari.

 

Padahal sekitar 50 pedagang menanti pembeli. Seperti biasa Pemda DKI

rupanya sudah merasa puas jika para pedagang buku Kwitang sudah

mendapatkan tempat penampungan, soal sosialisasi rupanya bukan merupakan kepedulian mereka.

Nah, apakah mereka bisa dapat bertahan dI lokasi baru jika masyarakat
belum mengetahui keberadaan lokasi baru mereka. Saya khawatir dalam
satu atau dua bulan lokasi ini akan bubar, bukan karena digusur tapi
para pedagangnya tak punya daya tahan karena sepinya pengunjung.

Mampukah mereka bertahan satu bulan tanpa penghasilan, sambil harus
terus menunggu pembeli ?

 

Kita mungkin dapat membantu menginfomasikan keberadaan mereka

dan para pencinta buku masih dapat memilih buku-buku kesukaan mereka

dengan harga yang terjangkau.

 

Ayo dukung mereka dan mari galakkan kegemaran membaca buku

untuk kita semua, ayo….

 

Ok, sekian informasinya semoga bermanfa’at.

About these ads

Komentar»

1. Farijs van Java - Oktober 23, 2008

dah beberapa lama di jakarta, farijs malah belum pernah liat2 buku di kwitang.

(^_^)v

pengennya sih ada semacam pusat buku semacam itu, tapi yang sudah terorganisasi dengan baik. buku2 penempatannya dibedakan menurut jenisnya, ada tempat yang nyaman buat duduk2, dll.

@Kalau saya tinggal di Jkt sudah lebih dari 10 thn, yach lumayan suka main ke Kwitang, Senen, dll dalam rangka cari buku murah dan buku lama yang sudah nggak terbit. Tapi selebihnya saya tetap nyari buku juga di toko-toko buku yang suasananya lebih nyaman (Ber-AC) meskipun sambil berdiri, hehehe.

Kalau toko buku yang benar-benar nyaman bisa sambil duduk, sambil minum berbagai macam tea dan coffee, sambil berinternet ria, saya jumpai di “Jing-si Books & Cafe Kelapa Gading atau Pluit”. Hanya saja buku-buku & DVD, CD yang dijual disana sebagian besar masih berbahasa Mandarin & Jepang. Malah saya sering mampir kesana hanya utk sekedar baca doang, nggak beli buku, tetap diperbolehkan duduk sambil baca-baca bukunya dan dilayani dengan baik lho :) :) :)
Ok kapan-kapan kita ngobrol lagi yach :) :) :)
Best Regard,
Bintang

http://elindasari.wordpress.com

2. David Pangaribuan - Oktober 23, 2008

Terima kasih Mbak atas informasinya, murah dan berkualitas saat ini menjadi incaran orang Mbak (dampak crisis global keuangan) he he, informatif

salam

3. mikekono - Oktober 31, 2008

saya juga termasuk maniak buku
dan lbh suka ke toko buku
daripada ke mall atau cafe
*sngat disyngkan kl toko buku pun
ikutan tergusur. Tapi info dinda Elinda
sngat bermanfaat dan membantu
bagi para pecinta buku bekas tp berkualitas

@Semoga bisa mampir kesini kalau kebetulan ke Jakarta bang :) :) :)
Best Regard,
Bintang

http://elindasari.wordpress.com

4. buku kwitang - November 6, 2008

terimakasih atas dukungannya, pasar buku kwitang sudah online di bukukwitang.blogspot.com

@Terima ksh atas info tamabahannya yach. Senang bisa mambantu :) :) :)
Best Regard,
Bintang

http://elindasari.wordpress.com

5. bayhakiramli - Januari 7, 2009

wah2 geleng2 kepala, saya pernah sekali maksa diri ke kwitang buat bela-belain beli buku2bekas,2tahun yang lalu tepatnya,baru sekali sih ke kwitang, dan belum sempat balik lagi, eh skrang sudah tutup, sedih juga ya, saya turut sedih dengan penggusuran kwitang, saya masih tetap doyan beli buku2 lama daripada buku2 baru, hehe tanya kenapa? :)

@Iya Bayhakiramli, saya juga suka nyari buku-buku disana, pengennya semua buku koleksi baru dan bagus tapi sayang harga buku baru menurut saya juga untuk ukuran orang Indo masih lumayan mahal, padahal minat baca lumayan besar, hehehe…
Akhirnya saya dan teman-teman suka saling janjian tuk beli buku yang berbeda dan saling tukar baca juga hehehe. Gimana kalau kamu ?
Oyach terima kasih sudah main kemari yach :) :) :)
Best regard,
Bintang

http://elindasari.wordpress.com

6. bayhakiramli - Januari 8, 2009

saya lebih tepatnya kolektor buku :) :) :) tapi 2bulan ini, stop dulu, prioritas pengeluaran ;) klu dibeli buku semua,entar ga seimbang antar pemasukan dan pengeluaran.

7. yando - Maret 8, 2009

Terima kasih banyak atas infonya. Kalau yang di JaCC, saya pernah lihat spanduknya. Tetapi yang disenen, belm tahu juga sih.

@Terima kasih kembali Yando :) :) :)
Best regard,
Bintang

http://elindasari.wordpress.com

8. jipajip - April 27, 2009

wah, boleh juga nih buat dikunjungi

@Terima ksh sudah singgah kemari jipajip :) :) :)
Best regard,
Bintang

9. tomy - Mei 25, 2009

saya memiliki buku melati van java, dalam buku tersebut tertulis tahun 1892. saya berfikir apakah ini termasuk buku langka? kali aja bisa laku 100.000 pounds hehehe.

@Wow info yang menarik, gimana ada para pembaca yang berminat ? :) :) :)
Best regard,
Bintang

http://elindasari.wordpress.com

10. martha - Juni 19, 2009

hai elinda, infonya bermanfaat bgt. thanks 4 sharing. blognya aku link ya.

@Terima ksh kembali Martha. Ok silahkan, saya juga akan link website kamu. Terima ksh yach :) :) :) Ditunggu kedatangannya berikutnya di blog saya :)
Best regard,
Bintang

http://elindasari.wordpress.com

11. dokie - November 16, 2009

thanks banget info nya…

12. Putri - Januari 22, 2010

thanks :)

13. Media Asri - Januari 28, 2010

Salam kenal, Kami menyediakan beberapa koleksi buku silahkan cek di http://mediaasri.wordpress.com/

14. Muhammad Ghufron - Februari 12, 2011

wah makasih infonya mas… sangat membantu… lagian pemerintah ada2 aja…. gudangnya ilmu digusur panti pijat wts ga di gusur.. kalo sempet mampir di blog saya http://hidupbersahaja.wordpress.com salam kenal

15. Gatot YS - Mei 13, 2011

Buku bekas memang sangat menarik, apalagi kalau buku bekas tersebut pengarangnya sudah meninggal atau bahkan penerbitnya sudah tidak ada. Wah itu sudah tidak baru tapi namanya menjadi BUKU KUNO/ LANGKA.
BUku2 tersebut sangat sulit mencarinya, namun anda sekarang tidak perlu bingung, cukup di rumah klik

http://www.tokobukuantikdanbekas.com

Apapun bukunya ada disini, baik buku pelajaran TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi maupun Agama maupun Umum baik yang BARU maupun BEKAS, semua ada.

16. Edy Soemanto - November 6, 2011

Thn kemaren saya pernah dari Padang, dgn pede langsung nyambangi Kwitang, karena ada bbrp judul buku yg akan saya beli di sana. E, rupanya, toko-toko buku tsb sdh gak ada. Ditanya pindah ke mana, yah kedua tempat yg Mbak tulis di atas. Kasihan jg yg punya toko tsb. Tp thn 2011 ini, apakah msh ada di sana mereka, Mbak? Mana tau kalau saya ke Jkt lagi, tidak kecele lagi. Salam

17. Tigis - November 10, 2011

bos mau nanya apa ada buku novel Senopati Pamungkas ?

18. BukuBekasKuno - Februari 15, 2012

Yogya juga ada relokasi tapi tempatnya ga jauh dari lokasi lama.
Kalau mau lihat buku buku bekasku di http://www.bukubekaskuno.com

BukuMu dot Asia - Mei 24, 2012

Ini alamat blogku yang baru ya http://www.bukumu.asia , yang lama masih tapi tinggal dikit postingya http://www.bukubekaskuno.com (lama). Thanks mbak Linda

19. naya - Maret 16, 2013

Terimakasih atas infonya.saya sudah lama skali pengen ke kwitang tp alamatnya serubah2.dg info alamat baru saya bisa langsung menuju kesana :)

20. winnymarch - Maret 21, 2013

jd kalau mau cari buku bekas di jakarta dman lg yah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: