jump to navigation

10 ALASAN, ANDA INGIN PINDAH KERJA ? Januari 15, 2008

Posted by elindasari in Artikel.
trackback

Bagi para pekerja, baik karyawan ataupun karyawati, mungkin sering terlintas dalam pikiran dan benak kita keinginan untuk pindah kerja. Tapi sering pula tergiang pikiran, “Inikah saatnya pindah kerja ?”. Ah…sejuta pertanyaan dan pertimbangan, dll muncul dalam pikiran kita.

Bahkan ada yang berseloroh, “Mengapa seh kamu ingin pindah kerja?”.

Ada banyak alasan mengapa seseorang berkeinginan untuk mencari pekerjaan baru. Tak jarang keinginan tersebut bersifat emosional hanya karena salah seorang rekan kerja kita mendapatkan pekerjaan baru. Kita menganggap mereka begitu beruntung, dan kita tak cukup beruntung mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Tetapi, sebenarnya tujuan terpenting dari keputusan kita untuk pindah kerja adalah: untuk mendapatkan sebuah kehidupan yang kita angankan.

Tak sedikit orang meninggalkan pekerjaan yang memberikan penghasilan besar hanya karena ingin bekerja pada profesi yang ia idam-idamkan sejak kecil.

Berikut ini ada beberapa keadaan dimana bila anda menemukan atau berada di salah satu atau lebih kondisi tersebut, anda bisa deh mempertimbangkan untuk pindah kerja.

PERTAMA,
Anda tidak menyukai atasan anda, atau sebaliknya atasan anda tidak menyukai anda, atau anda mempunyai konflik dengan atasan, kolega, bawahan, rekan kerja,
kontraktor, customer, ….dan anda tidak bisa mengatasinya.

KEDUA,
Anda sedang merencanakan untuk menjalankan usaha anda sendiri, namun anda
sedikit khawatir untuk melakukan langkah pertama.

* Semakin lama anda bertahan di pekerjaan anda sekarang, semakin besar
kekhawatiran anda untuk mengambil langkah pertama bagi bisnis anda sendiri.

KETIGA,
Anda menderita stress berat akibat dari pekerjaan anda. Seperti : sakit kepala,
kurang tidur, gelisah, gangguan pencernaan, tertekan. Bahkan anda
melimpahkan semua keputus-asaan yang anda derita dari kerja kepada keluarga

* Semestinya bekerja adalah bagian dari tujuan kesejahteraan kehidupan anda
Jika pekerjaan anda sekarang justru menjauhkan kamu dari tujuan tersebut,
mengapa anda tak mempertimbangkan untuk meraih kehidupan yang lebih baik,
yang terbebas dari tekanan dan derita?

KEEMPAT,
Anda terbebani oleh pekerjaan, proyek, dan stress membuat anda gila (weleh..weleh…).

* Jika anda ingin melakukan sesuatu yang anda senangi, dan anda menganggapnya sebagai bagian dari kebahagiaan hidup anda, tetapi pekerjaan telah menyita seluruh waktu anda, maka mungkin ini saatnya anda mencari pekerjaan yang memberikan kemungkinan luas bagi pemenuhan tujuan dan nilai-nilai pribadi anda.

KELIMA,
Anda tidak bahagia pada pekerjaan anda. Bahkan sejumlah liburan pun takkan mampu memberi anda kebahagiaan itu.

* Anda akan bekerja baik dan memberikan hasil yang positif jika anda senang
dengan pekerjaan anda. Mungkin tak selamanya kita mendapatkan pekerjaan yang
kita idamkan, tetapi setidaknya kita bisa menyenangi pekerjaan yang sekarang
ini.

KEENAM,
Anda tak mendapatkan promosi yang semestinya anda terima. Malahan, orang
lainlah yang mendapatkan posisi itu.

* Jangan bekerja dengan memelihara rasa dendam dan kecewa. Singkirkan itu
dan terimalah keadaan sebagaimana adanya. Namun jika anda tak bisa menerimanya, jangan memiliki pandangan yang sempit. Di luar sana ada banyak
kesempatan, jika itu benar-benar milik anda. Tetap Optimis dong !!!

KETUJUH,
Anda terjebak dalam politik kantor yang berlarut-latur. Sedangkan para
top manajemen di kantor anda tampak tidak memiliki integeritas.

* Tak perlu bersikap naif dalam menghadapi politik kantor. Itu adalah
sesuatu yang biasa terjadi dimana-mana. Bila kamu tak tahan, jangan
korbankan integeritas anda sendiri. Masih banyak kantor dan perusahaan yang
menjunjung tinggi nilai-nilai keintegeritasan seseorang.

KEDELAPAN,
Anda berada di lingkungan kerja yang kacau, kejam, kasar, bagai penjara
dan tak menjunjung martabat karyawan.

* Bukankah kita mendambakan lingkungan kerja yang bermartabat, saling
menghormati, menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme? Jika anda tak
mampu hidup di situasi yang keras (padahal bisnis itu keras) maka segera
cari pekerjaan lain yang sesuai dengan jiwa anda.

KESEMBILAN,
Anda merasa usaha-usaha anda tak lagi dihargai.

* Keinginan dasar setiap orang adalah mendapatkan penghargaan. Bagi banyak
orang, penghargaan adalah kehormatan. Jika kehormatan tak lagi dihargai,
bagaimana kamu bisa melakukan sesuatu dengan baik dan meraih kehidupan kerja
dengan baik pula?

KESEPULUH,
Anda merasa inilah saatnya untuk pindah, tetapi belum tahu dimana harus
memulainya, atau takut untuk memulainya.

* Jika anda merasa sudah waktunya untuk pindah, karena alasan apa pun, sebenarnya ketakutan kamu hanyalah penghalang besar yang perlu anda singkirkan.

Nah, jika kondisi-kondisi di atas tampak jelas pada keadaan anda, mungkin inilah
waktunya untuk melakukan perbaikan dalam karier dan kehidupan anda.

Ada banyak alasan untuk melakukan perubahan yang positif. Pelajari kembali seluruh perjalanan karier anda sejujurnya. Pertimbangkan itu sebagai bagian dari kehidupan yang anda dambakan.

Jika anda merasa harus melakukan suatu perubahan dalam pekerjaan anda, berbicaralah dengan seseorang yang anda percaya. Dapatkan pertimbangan-pertimbangan dan strategi untuk melakukannya.

Kemudian, susun berbagai rencana untuk mewujudkannya. Selamat meraih sesuatu yang lebih baik. Tetap optimis, tetap berusaha dan jangan lupa tetap berdo’a agar setiap langkah yang anda tempuh selalu dalam bimbingan-NYA. Amien !!!.

About these ads

Komentar»

1. Rezki - Januari 19, 2008

Kalau pindah kerja sesuai keinginan sendiri sy rasa tidak masalah, bahkan patut disyukuri, karena masih banyak saudara kita yang masih mencari pekerjaan alias ngangggur

2. chandra - Agustus 26, 2009

Pengen sich pindah kerja tapi belum ada lowongan di tempat lain gimana donk, sedangkan kondisi kantor sudah tidak memungkinkan untuk di teruskan

@Hem, kalau gitu sabar dulu aza chandra, semua pasti ada jalannya :) Tetap semangat :)
Best regard,
Bintang

3. awenk - Oktober 7, 2009

Kalo, pindah kerja tapi dengan gaji yang lebih kecil gmna? tapi di perusahaan yang skalanya lebuh besar plus jaminan kesejahtraan jamsostek dal lain2.

@Terima kasih atas kunjungannya disini. Hem, mungkin dipikir lagi sebelum memutuskan sesuatu. Dan tetap berdo’a agar diberi petunjuk yang terbaik. Semoga sukses yach :)
Best regard,

Bintang

http://elindasari.wordpress.com

4. Reza Rockmen - Oktober 12, 2009

Wah..w banget nehh..sekrang yang lagi di rasain seperti di atas????
mau pindah blm ada lowongan, pernah di terima di perusahaan besar tp out sourching??jd males deh….

@Terima kasih atas kunjungannya disini.
Best regard,

Bintang

http://elindasari.wordpress.com

5. yanti - Januari 31, 2010

kasus aku dah dapet kantor hijrah yang baru, masalah bagaimana menyakinkan bos untuk melepas pergi…

huffffffffff….bilang apa ya ????

ina - Desember 31, 2010

iya mba…..saya juga seperti mba…..atasan ku tukang fitnah dan sok suci….
nah, sifatnya egois,kalo dia gak dapat, org jg jgn dpt…

asyrofi - Februari 10, 2014

kasus saya seperti mbak yanti :p

6. lia - Mei 28, 2010

udah kerja enak tapi karena pembantu pulang akhirnya keluar..eehhh repot juga krn biasanya kerja…sekarang pingin balik kerja lagi..Gimana ya..? bingung kerja lagi/ngak ya….

7. adhe_seven - Agustus 28, 2010

gmana ya untuk mengucap alasan mo pindah kerja sma bos, saya udah pusing dngan kehidupan di kantor ini…

8. ari - November 9, 2010

wah..kl qt ngelamar pakai alasan tsb sudah pasti di depak…mending bilang : ingin menapak karir lebih baik..gt aja koq repot…

9. yus boy handi - November 21, 2010

pnggin pndah krja ??? sbtulnya pngin bnget ,,, sya mau tnya pa yg kita lkukan jka tdak suka apa yg hrus kta lkukan sya tau cri krja itu susah ,, sya pun mrsakan … tpi jika anda ada diposisi sya apa yg hrus dilkkukn sya sdah bkrja sktar 6 blan ini tpi jujur hti sya blm bsa…. sya tau ini smua udh ad yg ngatur slahkan sya jika saya seperti ini

10. yus boy handi - November 21, 2010

tlong ksih sya saran

11. abisiwi - April 18, 2011

Alasan apa yang paling pas untuk dapat segera mutasi pindah kerja

12. Deasy - Juli 14, 2011

hmmm…saya juga ada rnc untuk pndh kerja ne,tp sy msh bingung.Disisi lain,boss nya baik, tp disini bukan perusahaan besar (karyawan cm 2, saya dan satu lagi utk di bagian gudang). Yg membuat saya ga betah, disini ga ada medical claim, ga ada jamsostek, stlh sy probation pun ga ada kenaikan gaji. Dan lokasi kantor sekarang jauh sekali di cibitung, kerjaannya serabutan, smua hrs bisa saya kuasai (bgs utk saya, tp lama2 capek juga) Tp saya bingung alasannya apa utk bisa resign dr sini :(

13. Anggara - Februari 16, 2012

bingung ni,, ada planing untuk bikin usaha sendiri, kalau masalah pekerjaan di kantor sih saya pikir gag ada masalah,, yg bermasalah tu sm atasan,, sering kali sy ada feel yg gag enak sm atasan (sy masih baru 5 bulan bekerja),,

gimana dong?? mohon pencerahannya,,

14. rian - Desember 5, 2012

benar sekali
semua alasan itu ada didiri saya skrg


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: