jump to navigation

7 Jenis Jus Buah Yang Kaya Khasiat Desember 10, 2007

Posted by elindasari in Kesehatan.
trackback

Dalam sebuah artikel kesehatan, saya sempat membaca tulisan tentang 7 jenis jus buah yang kaya khasiat bagi kesehatn kita. Dimana diterangkan bahwa, para ilmuwan telah menemukan khasiat dari berbagai buah tsb, seperti jus delima yang kaya antioksidan baik untuk jantung.

Mereka juga mengatakan bahwa, hanya dengan minum 1 gelas / hari dapat memperbaiki aliran darah sebesar 1/3.

Selain itu juga dimuat tentang Jenis jus buah yang kaya khasiat, yang memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu :

1. Jus Delima

Manfaat : membantu jantung, dimana jus delima ini kaya antioksidan yang membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol. Jus delima ini juga dihubungkan dengan pencegahan terjadinya kanker prostat.

Jus ini dilengkapi dengan vitamin A, C dan E serta asam folat yang penting pada tahap awal kehamilan.

2. Jus Jeruk

Manfaat : untuk sistem kekebalan, proteksi terhadap anemia. Sumber yang paling baik dari vitamin C dan juga sumber asam folat, sehingga wanita hamil sebaiknya meminumnya dalam jumlah yang cukup banyak.

Minum jus jeruk dengan makanan meningkatkan ambilan besi untuk proteksi terhadap anemia. Penelitian baru menyarankan minum segelas jus jeruk/hari, ternyata juga membantu mencegah terjadinya radang sendi (arthritis).

3. Jus Grapefruit

Manfaat : untuk sistem kekebalan. Kaya akan vitamin C, buah grapefruit merupakan sejenis jeruk dan oleh karena itu kaya akan beta-karoten. Ini membantu melindungi kulit dari kerusakan oleh radikal bebas.

Tetapi penggunaannya dihindari pada saat kita sedang dalam medikasi. Jus grapefruit mengandung suatu substansi yang dapat memperlambat pemecahan beberapa obat.

Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah obat dalam aliran darah, sehingga meningkatkan efeknya.

4. Jus Apel

Manfaat : untuk energi; proteksi jantung. Kaya akan flavonoid yang membantu melindungi jantung. Memiliki 1/3 kadar vitamin C jus jeruk. Mengandung banyak gula fruktosa.

Tetapi penggunaannya dihindari pada anak-anak, karena dapat menyebabkan keluhan gangguan lambung. Tapi dalam batas-batas tertentu masih dapat ditolerir, yang penting tidak berlebihan.

5. Jus Nanas

Manfaat : untuk pencernaan. Buah ini mengandung enzim bromelain, yang membantu mencerna protein dan buah ini juga mengandung gula alamiah untuk meningkatkan energi. Mengandung 11 mg vitamin C/100 ml.

6. Jus Tomat

Manfaat : Untuk menguruskan badan; kesehatan pria. Jus untuk menguruskan ini hanya mengandung 50 kalori/250 ml. Jus tersebut juga mengandung bioflavonoid yang membantu memperkuat pembuluh darah kapiler, jadi tidak menimbulkan kebocoran pada pembuluh darah dan pembentukan kantong yang mengandung air pada kulit yang menyebabkan selulit. Dan kandungan likopen dalam tomat telah dikaitkan dengan penurunan resiko terjadinya kanker prostat.

Tetapi penggunaannya sebaiknya dihindari pada individu dengan tekanan darah tinggi, karena jus tomat mengandung kadar garam yang tinggi.

7. Jus Cranberry

Manfaat : Mencegah terjadinya sistitis (radang buli-buli). Proanthocyanidin dalam jus cranberry menghentikan perlekatan bakteri yang berbahaya pada dinding buli-buli, dengan demikian menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih.

Jus ini mengandung vitamin C dalam kadar yang sangat tinggi, dan jus ini dijual dengan penambahan gula, karena rasanya pahit tanpa penambahan gula tersebut.

Penggunaannya dihindari pada pasien-pasien yang menggunakan obat anti pembekuan darah yaitu warfarin. Hal ini dikemukakan oleh The Committee on Safety of Medicines, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.

Semoga bermanfaat !!!

About these ads

Komentar»

1. dynah86 - Desember 14, 2007

makasih atas saran dari ibu.. saya mngikutinya..
btw..
jus nanas itu ga baik buat cew yah bu??
saya klo mamam buah nanas jadinya malah keputihan??
saya hanya bertanya saja.. apa benar nanas itu ga boleh byk2 dimakan cew??
makasih yah bu??
^^

2. Dodi - Desember 14, 2007

Hati2 minum jus nanas…

kata orang2 ce hamil bisa keguguran..

yah… lebih baik mencegah daripada loe nekat.. iya khan….

3. luck13y - Agustus 29, 2008

yang pernah aku minum cuma jus jeruk sama tomat doank.. sayang jus sirsak, alpukat dan strowberry gak ada :-( padahal itu kesukaanku!

4. yusrons - November 4, 2008

wahhh ternyata jus tomat bisa ngurusin badan yaaa…

makasih ya mbak elin artikelnya.

@Terima kasih kembali, yusrons. Sering2 main kemari yach :) :) :)
Best Regard,
Bintang
http://elindasari.wordpress.com

5. novi - November 9, 2008

waktu aku hamil, aku suka minum jus nanas dan semuanya fine2 aja tuh..

@Hem, mungkin daya tahan tubuh & kekebalan tubuh tiap orang berbeda-beda. Terima kasih atas kunjungannya Novi :) :) :)
Best Regard,
Bintang
http://elindasari.wordpress.com

6. sutrisno - Mei 10, 2009

banyak manfaat dari artikel yang ditulis semoga lebih banyak lagi yang baru. kenapa ya seseorang susah melupakan kenangan ? mungkin ada jawabannya. trima kasih

@Yach…dalam hidup kita takkan lepas dari kenangan, baik kenangan manis maupun kenangan yang kurang menyenangkan. Tapi kalau menurut pendapat saya nich Mas sutrisno, hendaknya kita selalu mengenang kenangan yang manis di hati kita, sedangkan untuk kenangan yang kurang menyenangkan sebaiknya kita lupakan saja, malah sebaiknya kita jadikan pemicu agar hal tsb tidak terulang lagi / ambil hikmah positifnya saja / jadikan motivasi dalam diri kita.
Toh kita hidup bukan untuk hari lalu, tapi hari esok yang lebih baik & lebih indah bukan :) :) :)
Ok, sekian dulu sharingnya, kapan2 kita ngobrol lagi :)

Best regard,
Bintang
http://elindasari.wordpress.com

7. ngelantur boy - Juni 1, 2009

minuman waktu masih kecil..
jadi kepengen ngerasain lagi, dah lama gak minum jus tomat..

@Hahaha…terima kasih sudah main kemari boy :)
Best regard,
Bintang
http://elindasari.wordpress.com

8. benny tionar purba - Juni 8, 2009

kira2 jus yang bagus tuk sesakn napas apa ya

@Hem…ada yang bisa bantu para pembaca :) :) :)
best regard,
Bintang
http://elindasari.wordpress.com

9. ndha - Juni 25, 2009

CRANBERRY tuch artinya buah apa? biasanya ada dimana?

10. heartcleaner - Agustus 20, 2009

Assalamualaiku wr wb,
Salam kenal bintang, Smoga ridha Allah selalu menyertai perjalanan orang2 yang berbuat kebaikan dan memberikan manfaat pada orang banyak… Amiin Ya Mujiib.
Berawal dari judul artikel kamu yang menarik untuk dibaca “Cara, ciri-ciri….” akhirnya tertarik untuk baca artkel2 lainnya..
Berhubung lagi belajar holistic, mohon ijin untuk copy artikel ini ya, mungkin artikel2 lainnya menyusul utk di-copy :)
Kalau kamu ga sibuk, kapan2 kita bisa sharing ilmu (harapannya sih gitu..), semakin banyak ilmu yg kita ketahui, semakin kecil rasanya diri ini, dan semakin ga ada apa2nya…
Saya bersyukur pd Sang Maha Pemberi Ilmu untuk dipertemukan dgn artikel2nya bintang, dan saya berterima kasih atas kesediaan bintang mengijinkan u/ copy artikel2nya.
Komentar tambahan lainnya, sejujurnya.. simple tp padat ilmu, Sederhana tp berbobot… kwalitas dari kreatifitas pemikiran… Komentarnya dah kaya’ juri lomba karya tulis aja hehehehe

@Terima kasih banyak atas kunjungannya dan sharingnya Anita. Senang bisa berbagai cerita disini dgn Anita :)
Best regard,
Bintang

11. san - Oktober 24, 2009

tau gak ya,,,jus apa yang bisa hilangkan stress ??? yang bisa bikin pikiran jadi tenang

12. anindita - November 21, 2009

jus cranberry bisa dibeli dimana ya? Thx

13. Ritha - Desember 14, 2009

Aq sering minum jus tomam emg sieh khasiatny bnyk q rasakn.Tpi koc jus wortelnya gk dkupas sieh mbk.Pdhl wortel jg bgus loe buat kshtn.Mkch

14. reggie - Januari 28, 2010

ya…jus tomat sama wortel aja dech..
kaya khasiat, harga murah meriah
tp jgn lupa lho, tiap hari minumnya biar terlihat hasilx

15. susy - Februari 9, 2010

mbak elin, mohon info jus yang tepat untuk mengobati infeksi prostat yang dialami oleh suami saya. selain itu suami saya jg mengidap penyakit darah tinggi dan kolesterol serta darah kental.

16. asis indro - Maret 29, 2010

mba: elin , boleh ksh info? untuk jus wortel, apel, tomat, baik nya perbandingan nya berapa ya? di tggu ya mba balasan nya. Tq

17. danny - Mei 6, 2010

mba, sebaiknya jus buah tu langsung minum ato boleh simpan di kulkas ?… biasanya ku taruh di kulkas semaleman esoknya glek glek glek kan sueger ….mohon di jawab, trims

@Yang terbaik adalah langsung diminum, krn masih segar. Krn ada beberapa macam buah yang jika setalah dijus mengeluarkan sifat aslinya, misalnya pepaya terkadang jika setelah dijus beberapa dan didiamkan bisa mengeluarkan aroma yang kurang enak dan mengandung alkohol krn biasanya ada buah pepeya yang matangnya krn fermenatasi, bukan masak dari pohon. Sekian infonya danny :)
best regard,
Bintang

18. dealer pulsa - Oktober 29, 2010

jus wortelnya kok ga ada? iyu jus kesukaanku

19. Terimakash artikel jus tomat nya - November 4, 2010

Apakah setiap hari jus tomat tidak ada sampingan nya mbak?

20. olga - November 5, 2010

Ass.mba., terimakasih utk info manfaat jusnya ya.,
Insyaalloh akan bermanfaat sekali. oiya aku minta ijin utk mengcopy ya mba.,
utk nambah2in koleksi herbalku., (hehe.,)makacy bnyk mba., (aku tunggu info2 terbarunya ya.,)
moga mba makin sukses ya., :)

21. corner desk - November 15, 2010

Jangan lupa dengan jus buah kesukaan saya yaitu jus mangga, katanya kaya akan Vitamin E yah! Makasih buat artikel menariknya, mengingatkan kita semua untuk senantiasa mengkonsumsi buah dengan baik.

22. rinal - Desember 29, 2010

juz apa yang membuat gigi makin kuat bu,,soalnya saya rentan sakit gigi, apa mammfaat juz tomat ya bu?

23. Ucil - Januari 21, 2011

Mbk klo jus botolan atw kotak dsupermarket apa baik jg dkonsumsi?seperti buavita,ultra,campina,dsb?

24. ATUY ATJEH - Februari 7, 2011

Boleh nanyak g nie,….
Juzz alpokat apa kegunaanya bu

25. Butik Online Murah - Maret 16, 2011

Makasih infonya Bu. Sangat bermanfaat.

Baju Bali Murah

kurO-ny4n - Februari 11, 2012

hohoiiii kok ga ada jus kiwi sih kan enak (unyunyu)

26. pulzzahut media - Mei 6, 2011

terimaksh resep bagusnya. sip

27. Rista - Mei 18, 2011

Mkcih y atas artikelnya…
Oh y q mu nanyak klu jus semangka apa kasiatnya ya?:-)

28. Annisa Gendut - Juni 2, 2011

terimakasih tante atas infonya..
saya sangat menyukai jus tomat. tapi ketika saya dengar dari teman saya bahwa jus tomat dapat membesarkan payudara, saya jadi takut untuk mengonsumsinya. itu benar ga tante ?

29. Kartika - Juni 5, 2011

Wahh jus tomat bisa ngurusin badan ya….
Q byasana tomat+apel Q jus jd satu,kl di campur gt bikin gemuk gag ya……..

30. Ranii Mahaa - Juni 22, 2011

wah aku coba deh jus delimanya,,,,,,,,,,,,,abis aq kepangen hamil nieh……

31. steve - Juli 7, 2011

mau tanya jus selain delima, jus apa lg y yg byk mngandung vit E. mksdnya jus2 yang di jual d jalanan gt…

32. asu looe - Agustus 29, 2011

yang bener itu jus wortel kaya akan kasiat. buah nya murah, dimana2 orang jual. karena sering dibuat masak ama tomat. tapi jus wortel masi lebih enak dari jus tomat bagi yang sensitif pada pencernaan nya. LAIN KALI KALO BIKIN ARTIKEL YANG BENER DIKIT!!!

33. Manfaat Kesehatan - Oktober 28, 2011

wah,,,ada juga ya kelemahannya,,,asalkan dikonsumsi secara normal dan tidak berlebihan

34. Saka Segara - November 2, 2011

thank you…,semoga membawa berkah…………dlm artikel ini…….,

35. Dhyta - November 3, 2011

Mba..q mau tanya sbaikx minum jus itu bgusx sehari brapa kali? truz bgus d minum tiap pagi atau tiap mlm?
kbtlan q sneng bgt ma jus tomat..
mksh..^_^

36. ely chusniah rulita sandy » Blog Archive » 7 Jenis Jus Buah Yang Kaya Khasiat - November 28, 2011
37. ismantri - Februari 10, 2012

Bagus

38. Desy - Februari 22, 2012

Walaupun udah slim, minum jus tomat is still my favorite.
It makes your skin smoother and healthier, gee I love this fruits

39. Forum kesehatan - Februari 23, 2012

informasi yang menarik, buah-buahan sumber vitamin dan mineral yg baik untuk tubuh

40. usman - April 22, 2012

woww…menurut saya ini adalah situs yang bagus…banyak orang2 yang mengetahui manfaat dari jus buah dari situs ini…thanks

41. lina - Mei 24, 2012

bagaimana dgn jus tomat+wortel+apel mbak?prnh dgar g khasiatnya apa?

42. oryn - Juni 14, 2012

kalo setauQ jus tomat bkin kulit halus yua^^_____–cz Quda buktiinnya :)

43. M.Dahlan - Juni 22, 2012

sy mengalami penyakit porstat ,darah tinggi , kolestrol, asam urat dan paru-paru jus apa yg cocok untuk penyakit saya. yg sedang sy konsumsikan jus tomat tlg dibantu trksh.

44. Erni - Juni 26, 2012

gimana kalo tomatnya cuman di iris2 tipis ?? karena saya suka sekali makan tomat, hampir tiap malam sebelum tidur saya makan 1 mangkok buah tomat yg sudak di diris2 tipis….

45. Marthen Luther - Juli 10, 2012

jus tomat di tempat jualan sering di campur gula dan susu dan campuran lainnya biar enak, jus begini berkasiat tidak? atau yang ibu maksud gimana ?

rahmad - Agustus 6, 2012

kok tntang jus wortel gk d bahas dalam artikel ini ..
pdahal bnyk skali khasiat untuk kesehatan kita .
ibu buat dong artikel tentang w\jus wortel….

46. poni - Oktober 25, 2012

bagus mbak, trimakasih…

47. cigado - Januari 27, 2013

ternyata jus apel bagus buat jantung ya. :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: